Tempat Wisata di Semarang

Di antara kota-kota populer di Jawa Tengah, Kabupaten Semarang termasuk salah satu tujuan wisata terfavorit yang selalu ramai dikunjungi. Ada banyak tempat wisata di Semarang yang menawarkan berbagai daya tarik unik untuk memperkaya pengalaman traveling kita.

Nah, Gotomalls punya 7 rekomendasi tempat wisata anti-mainstream di Semarang yang patut dikunjungi. Pastikan untuk mampir ke 7 tempat ini saat melipir ke Semarang!

1. Dusun Semilir Eco Park Bawen

article image

Image source: Phinemo.com

Di Kecamatan Bawen ada satu tempat wisata yang masih tergolong baru dan sempat viral di media sosial, yaitu Dusun Semilir Eco Park. Kawasan wisata dengan konsep Eco Park ini menawarkan berbagai aktivitas seru untuk mengisi liburan, mulai dari wahana permainan hingga spot foto unik.

Disini juga terdapat bangunan ikonik yang sangat menarik perhatian, bangunan tersebut tampak menyerupai bentuk stupa yang terbuat dari kaca berukuran besar.

Setelah puas berkeliling, kamu bisa mampir ke foodcourt yang menawarkan aneka pilihan kuliner lezat. Jangan lupa juga untuk berburu souvenir menarik sebagai oleh-oleh!

2. Ayanaz Gedong Songo

article image

Image source: Jejakpiknik.com

Tempat wisata di Semarang ini terletak di kawasan yang sama dengan Candi Gedong Songo. Dengan demikian, pengunjung perlu membeli 2 tiket sekaligus, yaitu tiket untuk wisata candi seharga Rp10 ribu dan tiket masuk ke Ayana Gedong Songo seharga Rp20 ribu (dewasa) atau Rp10 (anak-anak).

Ayana Gedong Songo sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang hobi berburu foto estetik. Tidak kurang dari 35 spot unik yang bisa kamu coba di kawasan wisata ini, mulai dari bubble tent, spot foto di tengah kolam, hammock, hingga balon udara yang menjadi daya tarik utamanya.

3. Taman Bunga Celosia

article image

Image source: Wedang Kopi Prambanan

Berikutnya ada Taman Bunga Celosia yang terletak tidak jauh dari kawasan Candi Gedong Songo. Disini setiap pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan bunga celosia alias si jengger ayam yang sangat cantik.

Kawasannya sendiri terbagi menjadi tiga zona berbeda, yang pertama adalah Taman Bunga Celosia, Celosia Happy & Fun, dan terakhir Museum Selfie Celosia.

Ada banyak spot foto yang tidak kalah unik untuk kamu sambangi, seperti miniatur landmark, Piramida kaca, White Marine Park, Little Korea, Little Amsterdam, Taman Lampion, dan sebagainya.

4. Bukit Cinta Rawa Pening

article image

Image source: petawisata.id

Setelah dilakukan proses peremajaan dan renovasi selama beberapa waktu, kini Bukit Cinta telah lahir baru dengan tampilan yang lebih memukau untuk menarik minat para wisatawan.

Pertama, pengunjung akan melewati gerbang mulut naga raksasa untuk masuk ke spot utamanya. Setelah melewati gerbang tersebut, pandangan kita akan disuguhkan dengan view pepohonan yang seolah memayungi kawasan tersebut.

Kalau kamu ingin mengeksplorasi lebih jauh, kamu bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling kawasan Bukit Cinta Rawa Pening. Satu hal lagi, tempat ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan sunset terbaik di Semarang.

5. Semarang Contemporary Art Gallery

article image

Image source: Phinemo.com

Tempat wisata di Semarang ini merupakan sebuah museum seni yang sudah beroperasi sejak tahun 2007. Cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang, kita sudah bisa menikmati koleksi lukisan, patung, dan berbagai instalasi seni dari seniman-seniman kontemporer Asia, termasuk juga dari Indonesia.

Tak hanya itu, bangunannya pun menyimpan rekaman sejarah yang panjang. Pada tahun 1820an, tempat ini menjadi tempat tinggal seorang pastur bernama L Prinsen. Di lantai bawahnya sempat difungsikan sebagai tempat ibadah umat Katolik sampai akhirnya pada tahun 1875 dibangun Gereja Gedangan.

6. Umbul Sidomukti

article image

Image source: Indwisata.com

Ingin merasakan sensasi rekreasi di atas langit? Sebaiknya kamu berkunjung ke Umbul Sidomukti di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1200 mdpl yang menawarkan pemandangan indah dan berbagai aktivitas seru.

Disini terdapat tiga kolam unik dengan kedalaman yang berbeda, dimana wisatawan bisa bersantai selama liburan sambil menikmati suasana sekitar. Selain itu, kamu juga masih bisa mencoba kegiatan lainnya seperti berkuda, menjelajahi gua buatan, panahan, sampai wahana outbound menantang.

7. Eling Bening

article image

Image source: Hargatiket.net

Eling Bening adalah salah satu tempat wisata baru di Semarang yang hadir dengan konsep resort wisata. Tempat wisata seperti ini memang sangat diminati di Semarang, maka jangan heran jika disini ada beberapa resort wisata menarik.

Eling Bening punya beberapa keunikan, yang pertama adalah instalasi spot selfie dengan bentuk kapal berkepala naga. Jika kita perhatikan, bentuknya sekilas mirip seperti kapal-kapal Bangsa Viking.

Jika kamu berdiri disitu, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah di atas ketinggian 700 mdpl. Pemandangan gunung, danau, areal persawahan, dan lanskap Ambarawa bisa terlihat dari sini.

Selain itu, disini juga terdapat Infinity Pool, aktivitas outbound, senam, restoran, kegiatan berkemah, track sepeda, dan berbagai fasilitas pendukung selama menghabiskan waktu di tempat ini.


Demikianlah 7 tempat wisata di Semarang anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi. Simak juga info menarik seputar wisata lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: asedino.com