6 Aplikasi Edit Foto Untuk Para Traveler Kekinian

Aplikasi edit foto menjadi hal yang umum dan sering digunakan di era digital seperti sekarang. Pengguna smartphone seolah berlomba untuk menghasilkan foto terbaik dengan memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto. Tidak terkecuali bagi para traveler yang juga menggunakan aplikasi edit foto agar feed Instagram terlihat lebih menarik.

Buat kamu yang hobi traveling, ada banyak aplikasi edit foto kekinian yang bisa kamu coba untuk menghasilkan foto yang cantik dan Instagramable. Lalu apa saja aplikasi edit foto kekinian itu? Mari simak deretan aplikasi edit foto untuk para traveler yang kekinian berikut ini.

1. Adobe Photoshop Lightroom

article image

Image source: photographylife.com

Aplikasi edit foto yang sering dipakai oleh para traveler ini mampu membuat foto yang kurang bagus menjadi lebih hidup. Lightroom memiliki rating yang baik dan bukan aplikasi sembarangan. Tak hanya digunakan oleh para traveler, selebgram pun sering menggunakan aplikasi ini untuk menghasilkan foto terbaik.

Lightroom menawarkan kualitas pencahayaan yang bagus. Memang kebanyakan yang memakai aplikasi ini adalah traveler dan fotografer profesional. Namun bukan berarti kamu yang baru mulai coba-coba tidak boleh menggunakannya. Kamu pun bisa mempelajari teknik editing dengan Lightroom karena hasilnya memang mengagumkan dan kelihatan mahal.

Salah satu teknik editing pada Lightroom adalah dengan menggunakan exposure dan mengatur kontras, serta menambahkan highlight dan shadow pada foto. Kamu juga bisa mengombinasikan aplikasi edit foto kekinian ini dengan VSCO Cam. Kalau kamu hobi mengulik foto, tentunya kegiatan editing seperti ini menjadi hal yang menyenangkan buat kamu.

2. VSCO Cam

article image

Image source: tapsmart.com

VSCO merupakan salah satu aplikasi edit foto kekinian yang paling hits di kalangan traveler. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan filter untuk menghasilkan kualitas foto terbaik. Aplikasi ini juga sering digunakan untuk menjaga keseragaman foto dengan tone tertentu di feed instagram.
So, bagi kamu yang senang mengatur tone tertentu untuk feed Instagram kamu, VSCO menghadirkan banyak preset dan filter yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Setelah memilih preset yang kamu inginkan, kamu masih bisa mengatur exposure, contrast, saturation, temperature dan lain-lain. Namun, ada beberapa preset berbayar jika kamu ingin menggunakan.

Untuk mengatasi masalah preset berbayar tersebut, kamu bisa menginstall master file preset Vsco di komputer kemudian memasukkannya ke smartphone kamu. Dengan aplikasi edit foto kekinian ini, kamu akan puas bereksperimen untuk menghasilkan tone foto yang bagus. Saat mengunggah hasil editing ke instagram, jangan lupa untuk memakai hashtag #vsco atau #vscocam supaya fotomu bisa dilihat oleh pengguna VSCO yang lain.

3. Snapseed

article image

Image source: petapixel.com

Aplikasi edit foto kekinian ini juga merupakan salah satu yang cukup populer di kalangan traveler. Bukan tanpa alasan, Snapseed mudah digunakan dengan fitur yang lengkap. Hasil editingnya pun akan menghasilkan foto yang tampak alami.

Dengan Snapseed, kegiatan traveling kamu akan makin berwarna dengan foto-foto yang diberi filter-filter menarik. Aplikasi edit foto ini juga sering digunakan untuk finishing atau editing tahap akhir karena terdapat fiture structure yang fokus pada detail dengan algoritma yang unik. Selain itu, ada pula fitur selective tool yang memungkinkan kamu untuk mengedit bagian tertentu dari foto.

Untuk mengatur pencahayaan, kamu bisa menggunakan fitur tune image, mulai dari brightness, saturation hingga warmth. Kamu bisa mengulik tune image ini untuk menghasilkan foto dengan tone yang bagus. Jika fotomu memiliki kontras yang tinggi, kamu bisa mengatur highlight dan shadow di tune image.

Fitur menarik lainnya, kamu bisa menggunakan portrait untuk membuat tampilan wajah lebih terang. Fitur ini akan mengenali wajah yang ada di foto, kemudian bisa meningkatkan atau menggelapkan bagian tertentu pada wajah. Foto selfiemu dengan latar belakang pemandangan yang indah saat traveling akan menjadi lebih menarik.

4. Touch Retouch

article image

Image source: iphonephotographyschool.com

Nah, aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk menghilangkan objek yang mengganggu frame foto kamu. Pasti menjengkelkan di saat kita menginginkan hasil foto yang bagus ternyata ada objek tertentu yang tidak enak dilihat atau ternyata ada photobomb. Kalau ternyata di foto kamu kedapatan photobomb, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan fitur brush di Touch Retouch.

Aplikasi edit foto kekinian ini juga berguna banget saat kamu ingin memotret objek yang ramai. Misalnya kamu ingin memotret Menara Pisa yang tidak pernah sepi, kamu bisa menggunakan Touch Retouch untuk menghilangkan objek-objek yang tidak diinginkan. Seru kan?

Selain brush, fitur utama Touch Retouch yang lain adalah lasso. Saat mengedit foto dengan brush dan lasso akan ada tampilan serupa kaca pembesar sehingga memudahkan kamu untuk melakukan seleksi dengan detail. Brush dan lasso sendiri memiliki ukuran dan bisa disesuaikan dengan objek yang kamu edit. Jadi dengan ukuran brush dan lasso yang tepat, kamu akan bisa melakukan editing foto dengan baik.

Baca juga artikel lainnya tentang aplikasi edit foto di bawah ini:

Articles

5. Tiny Planet FX

article image

Image source: futureloka.com

Aplikasi edit foto kekinian Tiny Planet FX cocok untuk kamu yang menginginkan foto unik. Dengan Tiny Planet kamu bisa menghasilkan foto panorama yang unik dan tidak membosankan. Kamu bisa mengubah foto dari format standar menjadi 360 derajat seolah kamu memotretnya dari atas. Foto kamu pun jadi menyerupai planet kecil yang lucu.

Mula-mula kamu pilih menu di pojok kiri atas pada tampilan aplikasi dan pilih Photo Sphere. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto planet mini yang akan lebih bagus jika kamu memotret dengan menggunakan tripod. Selanjutnya kamu hanya perlu mengambil gambar secara berurutan sesuai dengan panduan aplikasi.

Jika kamu tidak menggunakan tripod, usahakan untuk tetap stabil saat mengambil gambar dengan posisi ponsel menjadi poros putaran. Setelah kamu berhasil mengambil gambar penuh 360 derajat, kamu pun bisa menyimpan hasilnya dan bisa mengunggahnya ke Instagram.

6. Enlight

article image

Image source: fromthegrapevine.com

Aplikasi edit foto kekinian yang satu ini disebut-sebut sebagai aplikasi dengan fitur tercanggih. Filter Enlight menghadirkan trik pencahayaan yang tidak bisa kamu temukan di aplikasi lain. Kamu juga bisa menggunakannya dengan cara yang mudah dan cepat.

Enlight cocok untuk kamu yang menyukai foto outdoor yang artistik. Aplikasi edit foto berbayar ini baru tersedia di iOS dan dilengkapi dengan fitur kreatif seperti sketch filter dan transformasi seni jalanan yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto keren. Jadi aplikasi ini pas banget digunakan untuk mengedit foto-foto outdoor kamu saat traveling.


Nah, itu tadi deretan aplikasi edit foto kekinian untuk para traveler. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut dijamin tidak akan bikin kamu bosan untuk melakukan editing karena hasilnya sangat memuaskan. Coba deh untuk menghasilkan feed instagram yang lebih keren dan berwarna. Beli smartphone yang lengkap dan terpercaya bisa kamu lakukan di Erafone. Store ini selalu memberikan banyak promo yang menguntungkan setiap bulannya. Kamu bisa cek langsung di GoToMalls.com, aplikasi berbasis website yang memberikan info merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: hannahschneidercreative.com