9 Aplikasi Permainan Anak Penuh Edukasi

Tak selamanya game-game yang ada di smartphone menyebabkan efek yang buruk bagi anak. Bahkan ada pula beberapa aplikasi permainan yang bisa memberikan manfaat baik, terutama untuk mengedukasi anak. Apalagi kini, ada banyak game edukasi yang bisa membantu para orang tua dalam mengajarkan berbagai hal kepada anak, seperti mengenalkan nama-nama binatang, mengenalkan warna, dan masih banyak lainnya. Tak sulit pula untuk mendapatkan aplikasi permainan anak yang mengedukasi seperti ini, Anda bisa mencarinya di Google Play Store maupun App Store. Nah berikut ini rekomendasi aplikasi permainan anak yang penuh edukasi serta cocok untuk mengisi waktu luang anak.

Isi pulsa Anda terlebih dulu untuk membeli paket data internet dan bisa menggunakan aplikasi edukasi untuk anak.

Duolingo

article image

Image source: cntraveler.com

Aplikasi permainan anak edukasi ini bisa Anda jadikan cara yang menyenangkan ketika ingin mengajarkan bahasa asing kepada anak. Melalui aplikasi ini, anak tidak hanya belajar bahasa Inggris saja namun juga 30 bahasa asing lainnya yang tersedia dalam aplikasi Dualingo. Tampilan Duolingo juga cukup menarik sehingga membuat si kecil bisa belajar dengan lebih menyenangkan.

Brain Games: Picture Match

article image

Image source: jalantikus.com

Game edukasi ini bisa membantu Andauntuk meningkatkan kemampuan memori anak. Aplikasi permainan anak yang satu ini akan menampilkan beberapa gambar yang tersebar secara acak, dan nantinya pemain harus dapat menemukan pasangan dari gambar yang sama. Anda bisa memainkan permainan ini bersama si kecil sembari membantunya untuk lebih mengasah kemampuan memori otak. Game android ini mempunyai tiga mode permainan, yaitu normal, hard, dan no time limit. Jadi permainan edukasi ini tak hanya bisa dimainkan anak-anak namun juga orang dewasa.

Learn The Animals

article image

Image source: bp-guide.id

Rilis pada tahun 2017 silam, game ini juga direkomendasikan menjadi aplikasi permainan anak yang menyenangkan dan mengedukasi. Permainan ini akan mengajarkan anak tentang berbagai hewan-hewan dari berbagai belahan bumi. Mulai dari hewan yang sering dijumpai hingga hewan langka yang harus dipelajari. Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan anak yang berusia 3-8 tahun. Melalui aplikasi ini anak akan belajar tentang hewan dari suaranya, warnanya, bentuknya, hingga menyusun kata nama-nama hewan yang ada. Dengan bimbingan orang tua, tentunya anak-anak akan semakin tertarik belajar mengenai hewan yang dibawakan oleh game ini.

Crossword Puzzle for Kids

article image

Image source: parenting.firstcry

Aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis ini juga direkomendasikan untuk game edukasi yang cocok menemani waktu luang anak. Melalui aplikasi ini anak bisa belajar dengan seru dan menambah pengetahuan dengan mengisi teka-teki silang yang ditampilkan. Sambil mengisi TTS, si kecil juga dapat belajar hal lainnya seperti membaca, menulis, hingga belajar bahasa Inggris. Aplikasi permainan anak ini cocok untuk usia 3-10 tahun.

Breathe, Think, Do with Sesame

article image

Image source: apps.apple.com

Siapa bilang belajar harus selalu serius? Dengan menggunakan game edukasi ini, Anda bisa mengajarkan banyak hal kepada anak. Apalagi dengan adanya karakter-karakter Sesame Street yang digemari anak, tentunya membuat proses belajar jadi semakin menyenangkan. Aplikasi ini akan sangat membantu mengajarkan anak tentang berbagai kemampuan dasar yang cukup penting, seperti misalnya membuat rencana, mengontrol diri, memecahkan masalah, serta ketekunan dalam mengerjakan tugas.

Baca juga artikel lainnya seputar aplikasi, di bawah ini.

Articles

Fiete Math Climber

article image

Image source: app-enfant.fr

Siapa bilang belajar matematika tidak bisa dengan suasana yang menyenangkan? Melalui aplikasi ini Anda bisa mengajarkan matematika kepada anak sesuai dengan usianya. Nantinya akan muncul soal-soal yang harus dijawab, dan setiap pertanyaan yang berhasil dijawab akan mendapatkan poin. Aplikasi permainan anak ini bisa digunakan untuk anak pra-sekolah sampai SD kelas 5. Hanya saja sayangnya, aplikasi ini tidak bisa didapatkan secara gratis bagi pengguna iOS.

Agar mata anak Anda tidak cepat lelah saat bermain dan belajar, Anda bisa memberikan kacamata anti radiasi.

Kacamata Anti Radiasi

article image

Beli Sekarang

Marbel Budaya Nusantara

article image

Image source: apkpure.com

Untuk aplikasi permainan anak yang satu ini akan membantu anak belajar tentang kebudayaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Nantinya anak bisa belajar budaya Indonesia mulai dari rumah adat, pakaian adat, alat musik, tarian daerah, makanan khas Indonesia, hingga senjata tradisional. Marbel Budaya Nusantara ini sangat cocok dimainkan untuk balita hingga usia 8 tahun.

Animal Sounds

article image

Image source: wallsviews.co

Bagi Anda yang memiliki anak berusia balita dan ingin mengajarkan tentang hewan dengan cara yang seru, maka aplikasi Animal Sounds ini wajib Anda unduh. Melalui aplikasi ini anak dapat belajar mengenal suara dari berbagai hewan. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, game ini sangat mudah dimainkan. Ditambah dengan grafis aplikasi yang menggemaskan sehingga membuat anak semakin mengidolakan game ini.

Shapes and Colors

article image

Image source: apps.apple.com

Aplikasi permainan anak lainnya yang direkomendasikan adalah Shapes and Colors yang bisa digunakan untuk anak berusia 2-5 tahun. Shapes and Colors akan membantu anak untuk belajar mengenal warna dan bentuk. Tak hanya itu saja, si kecil juga bisa belajar mengembangkan kemampuannya dalam bidang memori, persepsi visual, mengasah logika, perhatian, dan juga kreativitas.


Itulah aplikasi permainan anak yang mengedukasi. Belajar pun jadi lebih dan menyenangkan. Tak selamanya game bisa berdampak buruk pada anak, tinggal bagaimana orang tua bisa mengarahkannya untuk bermain permainan yang mengedukasi anak. Melalui game-game edukasi ini, tentunya akan membantu proses belajar si kecil jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Products

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini Anda bisa menemukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!
Ada info event juga loh!

Malls

Brands

Articles