Memahami Cara Kerja Binary Option

Trading opsi biner alias binary option sedang menjadi topik viral di tengah masyarakat. Mungkin kamu pernah melihat iklan-iklan di sosial media yang mempromosikan platform binary option. Bahkan, sejumlah influencer terkenal pun turut meramaikan binary option kepada masyarakat agar tertarik untuk mencoba jenis perdagangan digital ini.

Namun, binary option sudah resmi dinyatakan ilegal oleh pemerintah Indonesia, dan platformnya sudah tidak bisa diakses lagi. Banyak sekali masyarakat yang merugi dari hasil instrumen investasi ini, beberapa bahkan merasa dicurangi oleh sistemnya.

Lantas, seperti apa cara kerja binary option dan bagaimana seluk-beluknya hingga dinyatakan ilegal? Simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Binary Option?

article image

Image source: iq-study.com

Sesuai dengan namanya, binary option adalah instrumen trading dimana pengguna hanya bisa memilih satu di antara dua pilihan: antara harga aset akan naik atau turun.

Sebelum "bermain", pengguna harus membeli aset terlebih dahulu, entah itu emas, saham, atau mata uang digital (kripto). Selanjutnya, pengguna yang mempertaruhkan modal ini akan menebak harga dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Jika tebakannya benar sesuai yang diprediksi, maka 80% profit akan menjadi keuntungannya. Sebaliknya, jika pilihannya keliru, 100% dari modalnya lenyap. Oleh sebab itulah banyak pihak yang menganggap binary option tak ubahnya taruhan.

Selain itu, sistem biner juga menawarkan kompensasi seandainya seorang pengguna kalah. Kompensasi ini memungkinkan pengguna menebak harga lagi saat mengalami kekalahan, dengan syarat modal yang disiapkan harus lebih tinggi.

Cara kerjanya memang sederhana dan mudah dipahami. Mungkin itu juga sebabnya banyak orang yang akhirnya tergiur.

Market Binary Option

article image

Image source: bisnismuda.id

Binary option bukanlah pasar sungguhan atau real market. Pihak penyedia layanan hanya mengambil data dan harga komoditas dari real market.

Sistem binary option sendiri berasal dari Amerika Serikat. Namun, binary option yang beroperasi di luar AS memiliki struktur yang berbeda dengan yang tersedia di bursa AS.

Organisasi regulator independen pasar dan instrumen keuangan di AS, Financial Industry Regulatory Authority (FINRA), menghimbau para investor untuk berhati-hati terhadap perusahaan non-AS yang menawarkan platform perdagangan binary option.

Bahkan, sebagian besar pasar binary option beroperasi lewat platform perdagangan berbasis internet yang tidak dapat dipastikan sudah memenuhi syarat dan standar yang berlaku.

Di AS saja, hanya ada tiga pasar kontrak yang ditunjuk menyediakan binary option, yaitu Cantor Exchange LP; Chicago Mercantile Exchange, Inc.; dan North American Derivatives Exchange, Inc.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: ajaib.co.id