Cara Memakai Serum dan Krim Malam

Serum sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari ‘ritual’ skincare sehari-hari. Produk perawatan ini menawarkan berbagai manfaat luar biasa untuk kecantikan kulit wajah, mulai dari mencerahkan, regenerasi sel kulit, hingga membuat wajah tetap awet muda.

Pemakaian serum akan semakin efektif jika dilengkapi dengan krim malam. Masalahnya, masih banyak orang yang sering keliru dalam mengaplikasikan serum dan krim malam.

Maka dari itu, kali ini Gotomalls akan membagikan tips cara memakai serum dan krim malam dengan langkah-langkah yang tepat. Simak pembahasannya berikut ini!

1. Pastikan Wajah dalam Kondisi Bersih dari Noda dan Sisa Makeup

article image

Image source: self.com

Pertama-tama, pastikan wajah dalam kondisi bersih sebelum menerapkan skincare pada malam hari. Sisa-sisa makeup dan noda yang menempel setelah beraktivitas seharian harus dibersihkan.

Jika wajah bersih, pori-pori akan terbuka dan kelembapan kulit pun kembali normal. Dengan begitu, serum dan krim malam yang akan diterapkan bisa terserap optimal.

Kamu juga bisa memakai toner setelah membilas wajah dengan air dingin untuk menyeimbangkan kadar pH, melembapkan, sekaligus mengangkat bekas makeup yang masih menempel.

2. Oleskan Serum Wajah

article image

Image source: Stocksy.com

Langkah berikutnya ini mesti diperhatikan. Terkadang masih ada yang menggunakan serum di akhir setelah mengoleskan krim malam. Padahal, urutan yang tepat adalah pemakaian serum terlebih dahulu, barulah krim malam.

Tuangkan serum di ujung jari lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Usapkan perlahan sambil diberi sedikit tekanan dan pijatan mulai dari dahi, hidung, pipi, hingga area dagu. Ingat, oleskan secara perlahan.

Selanjutnya, kamu bisa coba menempelkan telapak tangan ke permukaan wajah. Caranya, gosok kencang kedua telapak tangan sampai terasa hangat, lalu tempelkan ke wajah.

Cara memakai serum dan krim malam ini bertujuan untuk menghantarkan suhu hangat agar nutrisi yang terkandung di dalam serum bisa langsung terserap.

3. Memakai Krim Malam

article image

Image source: parenting.firstcry.com

Nah, setelah wajah dibersihkan dan dioleskan serum, sekarang kamu bisa memakai krim malam. Skincare ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan berat. Oleskan krim malam tipis-tipis pada wajah secara perlahan.

Ketika mengoleskan krim malam, kita bisa sambil melakukan pijatan-pijatan kecil seperti saat menerapkan serum. Hindari memakai krim malam terlalu tebal karena pori-pori bisa tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan pelembab terlebih dahulu sebelum diakhiri dengan krim malam. Namun, ini hanyalah langkah opsional, tujuannya untuk mengunci skincare agar kandungannya tetap bertahan.

Jika kamu ingin menambahkan pelembab, biarkan serum terserap terlebih dahulu selama kurang lebih 5 menit sebelum menerapkannya.

Tips Memilih Krim Malam

Rutinitas perawatan wajah menggunakan krim malam sangat berguna untuk membantu proses regenerasi dan perbaikan kulit agar lebih maksimal. Hanya saja tidak semua krim malam yang tersedia di pasaran memiliki formulasi yang kita cari.

Selain cara memakai serum dan krim malam harus sesuai dengan aturannya, penting juga bagi kita untuk memakai krim malam yang sesuai dengan fungsinya.

● Hindari krim malam yang mengandung alkohol

Kenapa alkohol perlu dihindari? Alasannya, kandungan ini akan membuat kulit menjadi kering, kasar, dan mengakibatkan iritasi, terutama jenis-jenis alkohol seperti SD alcohol, denatured alcohol, isopropyl alcohol, ethanol, methanol dan benzyl alcohol.

● Pilih krim malam dengan bertekstur ringan

Jika sebelumnya telah menggunakan pelembab, apalagi kalau kulit memang mudah berminyak, sebaiknya pilih krim malam yang memiliki tekstur ringan. Krim malam dengan tekstur ringan bisa terserap lebih mudah, sehingga tidak akan menyebabkan kulit berminyak ketika bangun di pagi hari.

● Pilih krim malam yang sesuai segmen usia

Setiap segmen usia membutuhkan perawatan yang berbeda. Termasuk juga ketika memilih krim malam. Untuk usia 20an tahun, pilih krim bertekstur ringan guna menutrisi sekaligus menghidrasi kulit.

Bagi yang berusia 30 tahun ke atas, krim malam yang diperkaya antioksidan dan retinol adalah pilihan terbaik. Sedangkan untuk usia 40 tahun atau di atasnya, krim malam yang paling cocok adalah krim dengan kandungan peptida yang bermanfaat untuk mengatasi penuaan dan kerutan pada wajah.

Itulah beberapa tips dan cara memakai serum dan krim malam dengan benar. Selamat mencoba!


Simak juga informasi dan tips menarik seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event seru di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: ussfeed.com