Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan perhatian terhadap diabetes yang terus meningkat tiap tahunnya termasuk di Indonesia. Diabetes merupakan penyakit kronis yang berbahaya dan mematikan, jika dibiarkan maka akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit dan menyerang organ lainnya dalam tubuh. Penyakit diabetes tidak mengenal usia siapa saja bisa terkena penyakit ini faktornya bisa keturunan dan juga gaya hidup. Untuk itu ada baiknya jika bisa mengetahui ciri-ciri diabetes di usia muda semakin cepat semakin baik agar bisa mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya. Berikut ini beberapa ciri-ciri diabetes di usia muda yang perlu diwaspadai.

Sering Buang Air Kecil

article image

Image source: pinterest.com

Apakah belakangan ini kamu sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil terlebih di malam hari? Jika ya hal ini harus diwaspadai, ini adalah salah satu ciri-ciri diabetes di usia muda yang mudah dideteksi. Memang wajar jika mengonsumsi air untuk memenuhi cairan dalam tubuh maka tubuh juga otomatis akan mengeluarkan kelebihan air melalui buang air kecil. Namun jika terlalu sering buang air kecil di malam hari, artinya kadar gula dalam darah sudah terlalu tinggi. Akibatnya ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah tersebut melalui urine.

Cepat Haus

article image

Image source: beritagar.id

Ciri-ciri diabetes di usia muda yang perlu diwaspadai berikutnya adalah rasa ketika kamu merasakan dehidrasi berlebih atau lebih sering merasa cepat haus (polidipsia). Meski kamu merasa cairan tubuh sudah terpenuhi, tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga tapi rasa haus selalu timbul. Jika merasakan hal seperti ini artinya kamu harus waspada akan gejala diabetes. Penyebab rasa cepat haus karena kadar gula yang berlebih dalam darah sehingga membuat ginjal bekerja keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula dan dibuang melalui urine. Akibatnya urine yang dihasilkan lebih banyak dari biasanya.

Berat Badan Turun Drastis

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Jika berat badan kamu turun secara drastis jangan merasa senang dahulu, karena bisa jadi itu salah satu ciri-ciri diabetes di usia muda. Jika penurunannya mencapai 5% dari berat badan total sebelumnya dan tidak sedang diet maka kamu perlu mewaspadainya. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa menyerap gula darah yang dijadikan sebagai sumber energi yang maksimal. Tubuh pun akan melakukan alternatif lainnya untuk mendapatkan energi yaitu dengan pembakaran pada otot dan lemak. Inilah yang membuat berat badan turun drastis.

Kelelahan

article image

Image source: doktersehat.com

Apabila kamu merasa badan terasa lemah, tidak bertenaga dan sering merasakan sakit kepala, ada baiknya untuk mewaspadainya. Ini bisa jadi ciri-ciri diabetes di usia muda pada tahap awal. Penyebabnya antara kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal ini juga dipicu oleh penurunan berat badan karena adanya pembakaran pada otot dan lemak. Jadi sangat wajar jika sering merasa lelah meski tidak melakukan banyak aktivitas.

Selalu Merasa Lapar

article image

Image source: liputan6.com

Sering merasa cepat lapar juga ciri-ciri diabetes di usia muda yang sering disepelekan. Biasanya rasa lapar timbul meski baru saja mengonsumsi makanan yang berat. Setiap makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi. Setiap sel yang ada pada tubuh memerlukan energi untuk bekerja tapi tidak semua sel bisa langsung mengubah glukosa jadi energi maka dari itu tubuh membutuhkan hormon insulin. Penderita diabetes memiliki masalah pada produksi insulin akibatnya proses perubahan dari glukosa dan energi jadi terhambat, kebutuhan energi tidak terpenuhi meski sudah makan berat sekali pun. Jadi otak akan mengirimkan sinyal rasa lapar agar bisa mendapatkan energi melalui makanan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan polifagia, rasa lapar atau nafsu makan yang drastis dari biasanya.

Luka Lama Sembuhnya

article image

Image source: halodoc.com

Ciri-ciri diabetes di usia muda bisa juga dilihat ketika kamu memiliki sebuah luka seperti gigitan serangga, infeksi yang tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama meski sudah diberi obat. Penyebabnya adalah kadar gula darah yang tinggi membuat dinding pembuluh darah menyempit dan mengeras sehingga aliran darah kaya oksigen dari jantung menuju seluruh tubuh jadi terhambat. Luka pada bagian tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah.

Gangguan Penglihatan

article image

Image source: halodoc.com

Selain ciri-ciri yang sudah disebut sebelumnya, jika kamu juga memiliki masalah gangguan penglihatan kamu juga harus waspada terhadap gejala diabetes. Tingginya kadar gula dalam tubuh juga bisa mengakibatkan pendarahan pada pembuluh darah mata. Rasa cepat haus juga bisa menjadi pemicu pandangan menjadi kabur karena cairan dalam lensa mata juga ikut terserap tubuh. Jika sudah merasakan hal tersebut ada baiknya segera diperiksa dan bisa ditindak lanjuti karena jika dibiarkan akan memperparah kondisi mata bahkan ada risiko hilangnya penglihatan.

Products


Itulah beberapa ciri-ciri diabetes di usia muda yang paling mudah dideteksi dan harus diwaspadai. Jika kamu merasakan beberapa gejala di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk bisa ditindak lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat dengan berolahraga, mengonsumsi buah dan sayuran, istirahat yang cukup dan minum air setidaknya 8 gelas sehari. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: lifepack.id