Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit adalah salah satu bumbu rempah untuk berbagai masakan, jamu, obat herbal bahkan bisa dibuat menjadi minuman yang menyegarkan. Ternyata tidak itu saja, kunyit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, gangguan cerna, penyakit kronis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Zat kurkumin yang terkandung dalam rempah kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya sebagai anti inflamasi. Sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November, berikut Gotomalls mengulas beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:

Meredakan Maag

article image

Image source: ateja.co.id

Bagi kamu yang memiliki masalah pada lambung seperti maag yang sering kumat, kamu bisa mengandalkan kunyit. Ketika maag kambuh, seduh kunyit hangat untuk bantu meredakan nyeri. Kamu bisa menggunakan kunyit yang masih segar, iris dan rebus tunggu sampai hangat dan konsumsi. Jika tidak ada kamu juga bisa mengandalkan kunyit bubuk.

Kurkumin yang terdapat dalam kandungan utama kunyit memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa mengendalikan asam lambung berlebih dan mengobati pencernaan kamu. Selain meredakan nyeri, manfaat kunyit untuk kesehatan, mampu mengatasi perut kembung, melindungi usus dan juga lambung. Jika mengonsumsi kunyit secara rutin juga bisa menyehatkan pencernaan kamu.

Redakan Nyeri Haid

article image

Image source: honestdocs.id

Manfaat kunyit untuk kesehatan berikutnya adalah saat kamu sedang merasakan nyeri haid, kamu bisa mengandalkan jamu kunyit. Nyeri karena datang bulan biasanya sangat mengganggu aktivitas. Sebagai perempuan Indonesia tentu sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam, yang dikhususkan untuk mengatasi nyeri datang bulan. Jadi, tak heran banyak produk khusus saat datang bulan yang mengandung kunyit guna meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai pereda nyeri yang alami yang mampu melemaskan kontraksi pada rahim yang menyebabkan perut kram saat datang bulan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

article image

Image source: food.detik.com

Jika kamu sering merasa cepat lelah, mudah terserang virus seperti flu, artinya sistem kekebalan tubuh kamu harus ditingkatkan. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan kunyit untuk mengatasinya. Manfaat kunyit untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh berbagai virus atau bakteri yang biasanya menyerang saluran pernapasan. Konsumsi air kunyit secara rutin bisa bantu melawan virus atau bakteri pada saluran pernapasan yang terinfeksi.

Meredakan Peradangan

article image

Image source: bobobox.co.id

Zat kurkumin yang ada di kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidan yang mengandung efek anti radang yang sangat kuat. Adanya zat aktif kurkumin tersebut bantu mengurangi peradangan dan bisa menjadi salah satu obat alami untuk anti radang yang manjur untuk mengobati beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, radang sendi, kardiovaskular dan masih banyak lagi.

Meredakan Perut Kembung

article image

Image source: yesdok.com

Salah makan atau minum bisa mengakibatkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Jika memiliki masalah perut kembung maka mengonsumsi air kunyit bisa jadi solusi untuk meredakannya. Manfaat kunyit untuk kesehatan saat perut kembung bisa mengurangi gas di perut, melancarkan pergerakan otot-otot pencernaan dan juga mengurangi rasa mual.

Mengendalikan Gula Darah

article image

Image source: doktersehat.com

Kunyit memiliki manfaat kesehatan juga bagi penderita diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurkumin yang terdapat pada kunyit bisa mengendalikan gula dalam darah dan bisa menurunkan risiko komplikasi karena diabetes. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba kunyit dengan mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Cek multivitamin lainnya yang juga mendukung kesehatan kamu di bawah ini:

Products


Nah sudah tahu kan bahwa manfaat kunyit untuk kesehatan itu banyak sekali terlebih bagi kamu yang memiliki masalah gangguan di pencernaan. Konsumsi kunyit secara rutin dan tidak berlebih. Jika perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar bisa mendapatkan takaran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu. Ikuti terus informasi menarik lainnya tentang kesehatan hanya di Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: freepik