Dekorasi Ruangan Tamu Minimalis

Mengatur dekorasi ruangan tamu minimalis di rumah kecil tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, di ruang kecil hanya terdapat sedikit angle yang bisa dimanfaatkan. Kuncinya adalah teknik dekorasi yang baik, dan juga desain yang pas dengan memilih elemen-elemen interior yang tepat sesuai proporsinya.

Selain itu, masih ada beberapa hal yang harus kita cermati dalam mendekorasi ruangan tamu agar tetap terasa nyaman tanpa mengorbankan sisi estetikanya. Dengan penataan yang tepat, ruang tamu minimalis akan memberi nuansa nyaman dan membuat semua orang merasa betah.

Mau tahu caranya? Berikut tips desain & dekorasi ruangan tamu minimalis:

1. Memilih Warna Netral

article image

Image source: homedecorbliss.com

Salah satu trik populer dalam dekorasi ruangan tamu minimalis adalah permainan warna, utamanya warna-warna netral. Tidak bisa dipungkiri kalau pemilihan warna yang cocok dengan konsep desain ruangan akan sangat menentukan kenyamanannya.

Prioritaskan warna-warna cerah seperti putih, krem, atau abu-abu muda untuk warna dinding, lantai, dan perabot utama. Warna seperti ini bisa memberi kesan lapang serta lebih mudah jika ingin dikombinasikan dengan warna-warna lain sebagai aksen.

2. Sesuaikan Ukuran Sofa dengan Luas Ruangan

article image

Image source: design-milk.com

Memiliki sofa di ruangan tamu minimalis seringkali dianggap mengganggu karena memakan terlalu banyak ruang. Padahal, kita hanya perlu memiliki desain dan ukuran sofa yang sesuai dengan kapasitas ruangan.

Caranya, kamu bisa membandingkan keseluruhan luas ruangan dengan diameter luas sofa. Pilih sofa yang diameternya tidak melebihi 30% dari total luas lantai. Kamu juga bisa menambahkan meja kecil dan lampu minimalis untuk melengkapinya.

3. Menciptakan Efek Lapang dengan Cermin Ruangan

article image

Image source: Apartmenttherapy.com

Trik klasik yang tidak kalah efektif dalam dekorasi ruangan tamu minimalis agar terlihat lebih lapang adalah penambahan dekorasi cermin. Pantulan objek di ruangan kecil akan menciptakan efek lapang, sehingga ruangan tamu akan terlihat lebih luas secara instan.

Kendati begitu, sebaiknya tetap perhatikan angle yang tepat untuk menggantung cermin ruangan. Pastikan pantulan objek di cermin bisa terlihat seakan-akan ruangan lebih besar dari ukuran aslinya.

Selain itu, tempatkan cermin di titik-titik yang dekat dengan sumber pencahayaan. Ruangan yang terlihat terang akan terkesan luas.

4. Pertimbangkan Perabot Multifungsi

article image

Image source: rumahmebel.id

Jika ingin menyiasati ruang kecil agar lebih fungsional, sebaiknya pertimbangkan perabot multifungsi sebagai furnitur utama. Misalnya seperti rak penyimpanan yang bisa difungsikan sebagai sekat ruangan.

Kemudian, pilih desain simpel dan minimalis agar tidak memberi kesan penuh, namun tetap fleksibel dan fungsional. Ada juga perabot multifungsi lainnya yang bisa digunakan sebagai sofa, kasur, hingga rak buku. Sangat cocok untuk melengkapi rak multifungsi di ruangan tamu minimalis.

5. Manfaatkan Sisi Atas Ruangan

article image

Image source: Gearbest.com

Sebuah ruangan terdiri dari dimensi vertikal dan horizontal. Untuk dekorasi ruangan tamu minimalis yang memiliki langit-langit tinggi, manfaatkan ruang ekstra tersebut untuk menciptakan kesan lapang.

Kamu bisa menghiasi langit-langit ruangan dengan lampu gantung atau memasang tirai panjang yang membentang sampai ke lantai. Isi juga ruang vertikal bagian atas dengan dekorasi atau hiasan lain yang simpel namun eye catching.

6. Manfaatkan Fungsi Dinding Semaksimal Mungkin

article image

Image source: Pinterest.com

Walaupun ruangan yang tersedia berukuran kecil, bukan berarti tidak bisa memiliki tempat penyimpanan yang lengkap. Dengan memanfaatkan fungsi dinding secara vertikal, kita bisa memiliki rak tambahan, kotak display berpintu kaca, lemari baju, dan sebagainya. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan lampu atau pencahayaan yang tepat agar ruangan terlihat lebih estetik.

7. Memilih Tema Ruangan Secara Konsisten

article image

Image source: Pinterest.com

Apapun pilihan tema interior untuk dekorasi ruangan tamu minimalis di rumahmu, pastikan untuk mengaplikasikannya secara konsisten. Jangan mudah tergoda dengan konsep lain jika tema yang sejak awal kamu pilih sudah hampir rampung diterapkan.

Jika ada satu atau dua hal yang tidak memungkinkan untuk diganti, misalnya saja seperti wallpaper yang terlanjur atau perubahan konstruksi, kamu akan kesulitan dua kali lipat untuk menyesuaikannya lagi. Maka dari itu, sebelum menentukan tema ruangan, pertimbangkan baik-baik semuanya.

8. Jangan Gunakan Meja untuk Menata Ornamen Hiasan

article image

Image source: Pinterest.com

Alih-alih menambahkan sebuah meja untuk meletakkan pernak-pernik atau ornamen hiasan lainnya, sebaiknya kamu menaruh rak atau kabinet vertikal minimalis yang lebih fungsional. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tempat penyimpanan atau rak display untuk mempercantik dekorasi ruangan tamu minimalis. Selain itu, pemilihan kabinet vertikal juga sesuai dengan teknik penataan bidang vertikal untuk ruangan kecil.

Demikianlah tips desain & dekorasi ruangan tamu minimalis yang bisa kamu terapkan. Simak juga update informasi dan tips menarik seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com! Teman terbaikmu untuk mendapatkan info diskon, voucher promo, dan event-event seru di seluruh mal di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, isi pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Products

Articles

Featured image source: Pinterest.com