10 Destinasi Wisata Instagramable di Sumba Timur yang Mengagumkan

Pulau Sumba menjelma menjadi primadona destinasi wisata di wilayah Indonesia Timur. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara kini berdatangan ke pulau Sumba untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Iklim panas dan kering membuat pulau Sumba dihiasi hamparan padang savana yang cantik.

Sumba Timur menjadi salah satu tujuan wisata di pulau Sumba belakangan mencuri perhatian karena kerap dijadikan lokasi syuting film dan foto-foto pre-wedding artis kenamaan. Masyarakat pun bisa melihat keindahan Sumba Timur yang tergambar sempurna dalam bingkai foto. Akhirnya masyarakat mengenal Sumba Timur sebagai destinasi wisata yang Instagramable.

Kalau kamu berencana ingin menikmati pemandangan alam Sumba Timur yang memukau, Gotomalls sudah merangkum 10 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Yuk simak destinasi wisata Instagramable di Sumba Timur berikut ini.

Bukit Warinding

article image

Image source: blog.frameatrip.com

Bukit Warinding merupakan salah satu destinasi wisata di Sumba Timur yang paling populer. Meskipun sudah agak mainstream, tetap saja rasanya kurang afdol kalau tidak mampir ke destinasi wisata instagramable ini.

Kamu akan kagum dengan lanskap perbukitan yang berwarna hijau saat musim hujan dan berubah kekuningan saat musim kemarau. Di sini kamu juga bisa menjumpai anak-anak Sumba yang sedang bermain dengan ternak mereka.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Waringin adalah antara bulan Juni hingga Oktober di sore hari. Kamu akan menyaksikan momen matahari terbenam dengan semburat jingga yang indah. Untuk mengakses Bukit Warinding kamu bisa mengendarai sepeda motor selama 30 menit dari Kota Waingapu.

Pantai Walakiri

article image

Image source: authentic-indonesia.com

Pantai Walakiri tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang terkenal dengan dancing treesnya ini memiliki pemandangan pohon mangrove yang unik dan terlihat epic di foto.

Destinasi wisata instagramable di Sumba Timur ini merupakan spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Sebutan dancing trees juga bukan tanpa alasan. Saat kamu datang ke sana, coba deh perhatikan ketika air pantai agak surut siluet pohon mangrove akan meliuk-liuk seperti penari.

Pemandangan matahari terbenam dan siluet pohon mangrove 'menari' ini akan menghasilkan foto yang artistik. Dijamin foto kamu pun akan mendapat banyak likes di Instagram.

Savana Puru Kambera

article image

Image source: travelingyuk.com

Kamu penasaran ingin melihat pemandangan hamparan padang rumput dengan sekelompok kuda yang sedang mencari makan? Cobalah datang ke savana Puru Kambera. Berjarak 24 kilometer dari kota Waingapu, kamu akan melihat vegetasi khas Sumba dengan sekumpulan kuda di alam liar.

Gerombolan kuda biasanya lebih sering terlihat saat musim kemarau. Apabila kamu ingin mengabadikan mereka, cobalah berhati-hati supaya mereka tidak bergerak menjauh. Dengan latar savana berwarna kuning keemasan dan biru langit yang cerah, kita akan merasa seolah-olah sedang berada di Afrika.

Pantai Puru Kambera

article image

Image source: flickr.com

Tidak jauh dari savana Puru Kambera, ada pantai Puru Kambera yang juga wajib kamu kunjungi. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru cerah akan menjadi latar belakang foto yang indah.

Dengan ombak yang tidak begitu besar, kamu bisa berenang dan snorkeling di sini. Waktu terbaik untuk snorkeling adalah saat pagi hari ketika air laut sedang surut. Kalau kamu menginginkan suasana tenang, pantai Puru Kambera adalah pilihan yang tepat karena masih sepi pengunjung.

Bukit Tenau

article image

Image source: phinemo.com

Bukit Tenau merupakan bukit savana yang berjarak 15 kilometer dari kota Waingapu. Kamu akan terpukau dengan hamparan perbukitan dengan rumput hijau yang memesona. Bukit-bukit kecil tersebut tampak saling menyambung menghasilkan pemandangan yang unik.

Selain bisa menjadi latar belakang foto yang indah, Bukit Tenau juga merupakan tempat yang cocok untuk santai dan menikmati ketenangan dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Cek juga rekomendasi destinasi wisata Indonesia lainnya yang tak kalah indah di bawah ini:

Articles

Air Terjun Tanggedu

article image

Image source: backpackerjakarta.com

Destinasi wisata instagramable berikutnya di Sumba Timur yang wajib kamu kunjungi adalah air terjun Tanggedu. Lokasi air terjun ini jauh dari hiruk pikuk kota dan belakangan populer karena semakin banyak pelancong yang mengunggah fotonya ke media sosial.

Pemandangan indah air terjun Tanggedu terbentuk dari tebing-tebing yang mengapitnya dan sungai berbatu dengan air yang jernih. Tidak mengherankan apabila air terjun Tanggedu dengan cepat mencuri perhatian netizen dan bikin kita ingin merasakan kesejukannya.

Bukit Tanarara

article image

Image source: camerawisata.com

Bukit Tanarara akan menyajikan pemandangan padang savana yang luas dan indah. Kamu akan melihat susunan bukit karang yang gersang dan sambung-menyambung antara satu sama lain. Bukit Tanarara pun akan membuat foto kamu terlihat artistik dan instagramable.

Warna padang rumput di Bukit Tanarara berubah sesuai musim. Bukit akan terlihat hijau saat musim hujan dan berwarna kekuningan saat musim kemarau. Untuk melihat pemandangan bukit secara leluasa, kamu bisa menikmatinya di sebuah puncak yang lebih tinggi.

Air Terjun Waimarang

article image

Image source: storymaps.arcgis.com

Air terjun Waimarang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumba Timur karena memiliki keunikan. Air terjun ini memiliki kolam renang alami yang tercipta oleh alam. Untuk menuju ke tempat ini akan memakan waktu dua jam berkendara dari kota Waingapu dan kamu harus melewati medan off road hingga sabana.

Ketika mengunjungi tempat ini, sebaiknya kamu menggunakan sepatu yang nyaman. Kalau sudah sampai kamu harus berenang dan jangan sampai menyesal karena melewatkan sensasi yang menyegarkan. Biasanya pengunjung akan melompat dari salah satu sisi bebatuan dan tentu saja mengabadikan momen tersebut.

Taman Kincir Angin Maubokul

article image

Image source: travelingyuk.com

Berawal dari foto cantik di media sosial, Taman Kincir Angin Maubokul seketika nge-hits. Bisa dibilang tempat ini menjadi destinasi wisata secara tidak sengaja. Siapa yang menyangka kita bisa mendapatkan foto yang instagramable dengan latar kincir angin?

Kincir angin ini sebetulnya adalah pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang memasok listrik untuk masyarakat di Dusun Tanarara, Maubokul. Dulu dusun ini tidak dialiri listrik dan selalu gelap gulita. Kini dusun ini telah mandiri energi dan menjadi spot foto favorit wisatawan.

Bukit Persaudaraan Mau Hau

article image

Image source: tripzilla.id

Spot utama Bukit Persaudaraan Mau Hau adalah panorama perbukitan dan hamparan sawah yang indah. Dari puncak bukit kamu juga bisa menyaksikan panorama kota Waingapu dan sekitarnya serta sungai Kambaniru yang cantik.

Kalau kamu ingin berlama-lama duduk di atas bukit dan menikmati pemandangan alam yang memukau tersebut, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman. Jangan lewatkan pula pemandangan matahari terbenam yang bisa kamu abadikan.


Itulah 10 destinasi wisata instagramable di Sumba Timur yang mengagumkan dan wajib banget untuk dikunjungi. Traveling ke Sumba Timur bersama orang terdekat dan sahabat akan sangat menyenangkan. Atur perjalanan kamu ke Sumba Timur dengan agen-agen perjalanan yang ada di mall. Jangan lupa cek Gotomalls.com yang juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: camiopictures.com