6 Destinasi Wisata Keluarga di Bandung Untuk Berakhir Pekan

Ketika libur sekolah maupun akhir pekan tiba, kerap kali orang tua merasa bingung harus ke mana mengajak anak-anak mereka. Lebih baik lagi jika destinasi ini bukan hanya menarik untuk anak-anak tetapi juga untuk seluruh anggota keluarga, kalau bisa tetap mengandung unsur edukasi, memiliki fasilitas yang memadai dan harganya terjangkau. Bagi kamu dan keluarga yang tinggal di kota Bandung atau berniat berkunjung ke Bandung namun ingin menikmati wisata keluarga yang berbeda, berikut ini adalah 6 destinasi wisata keluarga di Bandung yang seru dan murah:

Dusun Bambu

article image

Image source : sharontravelogue.com

Langsung kita mulai dengan menuju salah satu taman rekreasi berbasis eco tourism di wilayah Lembang ini. Daya tarik wisata di sini adalah konsep wisata terpadu di alam terbuka hijau dengan udara yang sejuk, pemandangan alam yang indah. Di tempat ini kamu dan keluarga bisa menemukan fasilitas bermain anak, taman bunga, pusat wisata kuliner mulai resto hingga kafe serta tidak ketinggalan pula tempat menginap berupa vila. Jika tidak ingin menginap di sini, cukup menikmati keindahan Dusun Bambu saja. Jam buka Dusun Bambu adalah Senin – Minggu mulai jam 10.00 – 21.00.

Farmhouse Susu Lembang

article image

Image source : ksmtour.com

Semenjak lokasi wisata satu ini dibuka pada tahun 2015 lalu, popularitasnya sangat cepat melesat. Menempati lokasi yang strategis yaitu pada ruas jalan utama Bandung – Lembang ditambah dengan banyaknya spot berfoto yang cantik yang kebanyakan bergaya Eropa membuat Farmhouse Susu Lembang menjadi favorit pengunjung. Beberapa wahana yang dapat kamu nikmati di sini di antaranya adalah Rumah Hobbit, berfoto bersama hewan, sewa kostum bergaya Eropa, aneka spot foto instagramable dari bangunan dan taman bunga bergaya Eropa. Sementara itu fasilitas umum yang lain seperti tempat makan, toilet, tempat berbelanja atau bangku untuk beristirahat juga tersedia di sini. Jam buka lokasi ini adalah mulai jam 09.00 – 21.00.

Taman Begonia

article image

Image source : wisatajelajahindonesia.com

Bagi kamu penyuka bunga, tempat wisata satu ini salah satu tujuan yang paling tepat yang lagi-lagi berlokasi di wilayah Lembang. Selain menawarkan banyak spot foto cantik, tempat ini juga dapat mengajarkan pada si kecil untuk mencintai keindahan tanpa merusaknya serta mengenalkan berbagai jenis bunga yang tumbuh di Nusantara. Taman yang bernama lengkap Taman Begonia Glory ini merupakan sebuah kawasan yang didirikan dengan salah satu tujuannya adalah memperkaya Khasanah florikultur Indonesia. Berbagai bunga tampak dipamerkan di lokasi ini seperti misalnya Bunga Celosia, Impatiens, Salvia, Geranium. Sementara nama Begonia diambil dikarenakan lokasi ini didominasi salah satu komoditas unggulan serta primadona di taman ini yaitu Bunga Begonia yang berasal dari Bali, bernama Bunga Balinea. Taman Begonia buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Kebun Binatang Bandung

article image

Image source : flickr.com

Anak-anak pada umumnya menyukai kebun binatang, karena itu tidak ada salahnya kamu mengajak anak-anak ke tempat yang kerap disebut dengan Bonbin Bandung ini sekaligus memperkenalkan mereka pada berbagai macam hewan dan memberi pengertian agar menyayangi mereka. Lokasi ini pada awalnya bernama Derenten, sementara menurut informasi sejarah, lokasi ini dibangun mulai tahun 1930 oleh lembaga Bandung Zoolical Park (BZP).

Bandung Carnival Land

article image

Image source : anekatempatwisata.com

Kita beralih ke lokasi wisata bermain yang kerap disebut dengan BCL ini, murah meriah namun memiliki wahana permainan yang cukup lengkap. Konsep tempat wisata ini mirip dengan Dunia Fantasi memiliki beberapa wahana permainan seperti Cinema 4D, Rumah Hantu, Junior Aviator, Taman Lampion, Rumah Kaca, Sepeda Udara, Kursi Terbang, Mobil Gila, Mangkok Tsunami, Drop Zone, dan masih banyak laiinnya. Jam buka tempat ini mulai jam 11.00 – 19.00 pada hari kerja dan 11.00 – 20.00 pada hari libur.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

article image

Image source : infobdg.com

Taman rekreasi edukasi ini terletak di jantung kota Bandung. Selain menjadi taman bermain, lokasi ini juga menjadi pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas yang sangat berguna bagi pengetahuan anak bahkan juga orang dewasa yang kerap kali juga tidak mengetahui makna dari beberapa rambu lalu lintas. Di tempat ini anak-anak diperbolehkan menggunakan sepeda maupun mobil-mobilan bertenaga pedal untuk berjalan-jalan di dalam lokasi taman ini dan beroperasi dengan menuruti beberapa rambu lalu lintas yang dipasang sebagai ajang berlatih. Salah satu tujuan didirikannya taman ini adalah meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas di kalangan anak usia sekolah. Taman sejenis juga terdapat di negara-negara di Asia lainnya, Eropa, Amerika Utara dan kini sudah ada di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya tentang Bandung untuk referensi liburan kamu.

Articles


Itulah enam destinasi wisata keluarga di Bandung untuk kamu. Jadi, tidak ada salahnya mengeksplorasi Bandung dan sekitarnya terutama wilayah Lembang yang ternyata memiliki sejumlah tempat wisata mengagumkan yang bahkan terkadang membuat kita berpikir apakah benar wilayah wisata ini benar ada di Indonesia. Selamat berlibur bersama keluarga.

Setelah puas berjalan-jalan bersama keluarga, tidak ada salahnya mengunjungi mall dan pusat perbelanjaan di Bandung. Info lebih lengkapnya bisa kamu cari di situs gotomalls.com, ya! Kamu bisa mengajak keluarga makan-makan bersama dengan mengandalkan promo dan diskon yang ada. Cek dulu Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: ridwanderful.com