Film Romantis Indonesia

Film romantis masih jadi genre film yang banyak diminati. Kisahnya seringkali relate dengan kehidupan percintaan sesungguhnya. Mulai dari cinta anak sekolah, restu orangtua, jarak, budaya, dan lain sebagainya.

Film bergenre romantis tidak jarang mengangkat kisah ringan sehingga penonton tidak perlu mencerna terlalu dalam maksud dari filmnya. Intinya mudah dipahami dan penuh hiburan. Tidak salah jika pasar perfilman Indonesia kerap merilis film romantis.

Penasaran? Berikut rekomendasi film romantis Indonesia yang tak kalah bikin baper ala drakor.

1. Ada Apa dengan Cinta

article image

Image source: wikipedia.id

Film legendaris ini sudah sewajarnya ditonton. Bisa dibilang Ada Apa dengan Cinta 1 dan 2 adalah film romantis Indonesia yang tidak akan mati dimakan zaman.

Kisah Cinta (Dian Sastro) dan Rangga (Nicholas Saputra) ini pun melegenda. Membuat semua wanita menginginkan sosok pria seperti Rangga yang sweet namun dingin. Sebaliknya, pria ingin wanita seperti Cinta yang cerdas dan tentunya cantik.

Setelah sukses dengan film pertama AADC 1 pada tahun 2002, Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser pun memutuskan untuk membuat sekuelnya yakni AADC 2 pada 2016 silam. Meski telah belasan tahun berlalu, penonton masih saja antusias menanti lanjutan kisah cinta dari Rangga dan Cinta.

2. Dilan

article image

Image source: wowkeren.com

Diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq, Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 sukses meraup banyak penonton. Bahkan jumlah penontonnya tembus 3,7 juta penonton di bioskop pada 12 hari penayangan.

Film yang sudah lama ditunggu-tunggu ini bercerita tentang kisah cinta anak SMA yakni Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Mengambil seting Bandung 1990, akting keduanya disebut membuat baper penonton. Sampai-sampai banyak yang menginginkan Iqbal dan Vanesha benar-benar bersama di dunia nyata.

Bagaimana tidak, dalam film dan juga novelnya Dilan digambarkan sebagai anggota geng motor yang doyan tawur. Dan ketika mendekati Milea, dia selalu mengeluarkan cara unik yang mungkin bikin penonton juga ikut baper.

Film ini pun sudah rilis sejak 2018 lalu. Bahkan hingga kini sudah ada 3 sekuelnya. Yakni Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan.

3. Habibi dan Ainun

article image

Image source: berbagitips.co

Berikutnya ada film romantis Indonesia yang diangkat dari kisah nyata perjalanan cinta Presiden ketiga Indonesia Bapak B. J Habibie dan Ibu Ainun. Film ini diperankan oleh Reza Rahardian sebagai B.J Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun.

Pada film ini kita bisa tahu sedalam apa cinta mendiang Bapak Habibie pada Ibu Ainun. Ainun merupakan teman SMP Habibie yang awalnya sering diejek olehnya. Hingga suatu ketika saat Habibi hendak meneruskan pendidikan ke Jerman ia melamar Ainun. Dan lamaran pun diterima.

Cinta mereka pun berlanjut hingga di Jerman dan kembali lagi ke Indonesia. Kisahnya sangat inspiratif, bukan hanya tentang perjuangan cinta namun juga pelajaran hidup dari seorang Habibie dan Ainun.

4. Ayat-ayat Cinta

article image

Image source: mojok.co

Film ini meledak dan jadi buah bibir sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 2008. Film romantis berlatar budaya Islam yang kental ini membuka banyak mata. Benar ini bukan tentang kisah cinta biasa. Ayat-ayat Cinta lebih mengulik cerita naik turunnya kisah cinta dengan sudut pandang Islam.

Ayat-ayat Cinta diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Fahri, Carissa Puteri sebagai Maria, dan Rianti Cartwright sebagai Aisha. Film menceritakan tentang seorang pelajar Indonesia Fahri yang mengambil gelar master di Al-Azhar, Mesir.

Ia sangat taat aturan Islam bahkan tidak pernah pacaran hingga menikah. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Maria, gadis Kristen yang mengagumi Al Quran. Dan konflik pun terjadi, bagaimana kebaikan Fahri pada banyak wanita yang ia temui banyak disalah artikan bahkan setelah ia menikah dengan Aisha.

5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

article image

Image source: cnnindonesia.com

Film romantis berikutnya ini juga diangkat dari novel karya Buya Hamka. Diperankan oleh Herjunot Ali sebagai Zainuddin, Pevita Pearce sebagai Hayati, dan Reza Rahadian sebagai Aziz, film ini sukses meraup banyak penonton hingga orang kerap membicarakan nama Hayati dan Zainuddin.

Kisah dimulai dengan setting tahun 1930-an memperlihatkan kehidupan pria miskin, Zainuddin yang menyukai anak gadis terpandang Hayati. Cinta kedua insan ini pun tidak mendapatkan restu dari pihak keluarga Hayati. Hayati justru dinikahkan dengan pria terpandang demi adat dan istiadat di Minang.

Sakit hati, akhirnya Zainuddin memilih untuk pindah ke kota dan mulai membuat novel dari kisah-kisah yang ia tulis. Zainuddin pun sukses dan berhasil membeli apapun yang dulu tidak bisa ia miliki. Hingga akhirnya ia dipertemukan kembali dengan pujaan hatinya di Batavia.

6. Posesif

article image

Image source: cnnindonesia.com

Kalau kisah yang satu ini bikin baper juga bikin geregetan. Posesif menceritakan tentang hubungan percintaan anak SMA yang diperankan oleh Adipati Dolken sebagai Yudhis dan Putri Marino sebagai Lala.

Mereka menjadi sepasang kekasih yang awalnya sangat diidolakan teman-teman mereka hingga akhirnya kisah itu berakhir mengerikan. Lala yang merupakan seorang atlet lompat indah kerap diajak Yudhis pergi dan itu membuatnya mendapat omelan dari sang pelatih yang merupakan ayahnya sendiri.

Lala pun sering mendapatkan perlakuan kasar dari Yudhis karena ia begitu posesif. Bahkan saat Lala kumpul bersama teman-temanya pun Yudhis marah sampai tega melayangkan pukulan ke wajah Lala.

Apakah kisah cinta seperti ini sehat dan bisa dilanjutkan? Jawabannya kamu harus melihat Posesif.

7. Love For Sale

article image

Image source: cinemapoetica.com

Ketujuh ada Love For Sale. Seperti judulnya, film romantis Indonesia ini dibungkus dengan cinta yang ternyata tidak tulus karena “sale” alias beli.

Diperankan oleh Gading Marten sebagai Richard dan Della Dartyan sebagai Arini. Mereka berdua saling kenal lewat sebuah aplikasi Love.inc. Yang mana Richard menggunakan aplikasi tersebut untuk menyewa wanita sebagai teman kencan di pernikahan temannya dan wanita itu adalah Arini.

Kisah tak berhenti sampai di situ. Ternyata perlakuan Arini pada Richard ditanggapi positif. Richard benar-benar jatuh hati pada Arini hingga berniat ingin menikahinya. Namun apakah Arini mencintainya? Hanya Arini dan aplikasi Love.inc yang tahu.

8. Story of Kale: When Someone’s in Love

article image

Image source: popmama.com

Pernahkah kalian terlibat dalam toxic relationship? Film ini mungkin akan membuat kalian tersadar.

Story of Kale merupakan spin-off dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang menceritakan kehidupan cinta Kale (Ardhito Pramono) sebelum bertemu Awan (Rachel Amanda). Kale pernah menjalin asmara dengan gadis bernama Dinda yang diperankan oleh Aurelie.

Dinda awalnya memiliki kekasih yang sangat keras dan sering menyakitinya secara fisik. Sampai kemudian Kale datang dan mereka pun bersama.

Ternyata hubungan Kale dan Dinda tidak berjalan lancar. Kale yang menaruh banyak harapan pada Dinda justru ditinggal dan alasan itu yang membuatnya trauma menjalin hubungan serius dengan wanita.


Nah, itulah daftar film romantis Indonesia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featurd image source: grid.id