12 Hewan Dengan Wujud Unik di Dunia

Di kebun binatang kita bisa menemukan berbagai spesies hewan dari berbagai belahan dunia. Sebagian besarnya mungkin sudah cukup familier di telinga kita, atau mungkin sudah pernah kamu lihat juga melalui tayangan di televisi. Namun pernahkah kamu melihat hewan-hewan langka yang memiliki wujud eksentrik? Alam ini selalu menyimpan kejutan-kejutan unik yang tak disangka-sangka keberadaannya. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai 12 hewan dengan wujud unik dari berbagai belahan dunia!

1. Lobster Warna-warni (Cherax Pulcher)

article image

Image source: shrimpspot.com

Hewan unik pertama adalah Cherak Pulcher, yaitu spesies lobster air tawar (crayfish) warna-warni. Menariknya lagi, hewan ini ternyata berasal dari Papua Barat. Lobster super langka ini sering dipelihara sebagai hewan akuarium. Tetapi, ilmuwan baru mengungkap keberadaannya beberapa waktu ke belakang. Lobster ini juga termasuk spesies baru.

2. Pika

article image

Image source: Mother Nature Network

Hewan ini sekilas mirip kelinci, hanya saja telinganya lebih pendek. Makhluk menggemaskan ini sudah diklasifikasikan sebagai hewan langka. Habitat asli mereka adalah daerah pegunungan. Pika bisa ditemukan di pegunungan Tiongkok dan Amerika.

3. Katak Pinokio

article image

Image source: lipi.go.id

Hewan unik yang satu ini juga dikenal dengan nama "katak pohon berhidung duri". Sesuai dengan namanya, ciri khas katak ini terletak pada hidungnya yang panjang seperti Pinokio. Katak Pinokio jantan akan menegangkan hidungnya ke atas untuk menarik perhatian sang betina atau ketika sedang terancam.

4. Monyet Hidung Pesek Myanmar

article image

Image source: Deutsches Primatenzentrum

Keberadaan salah satu spesies primata paling langka di dunia ini mulai terungkap pada tahun 2010 di bagian utara Burma (Myanmar). Populasi monyet ini sudah sangat menurun drastis dan terancam punah.

5. Ikan Mohawk Australia

article image

Image source: kompas.com

Ikan ini pertama kali ditemukan oleh penyelam dari Institute for Marine and Antartika Studies (IMAS) pada 2018 lalu. Ikan ini memiliki kulit berwarna cerah dengan sirip Mohawk di kepalanya. Uniknya lagi, sirip-sirip yang terletak di samping tubuh mereka tampak seperti jari, yang membuat mereka seolah-olah berjalan di dasar laut.

6. Kelelawar Putih Honduras

article image

Image source: bobo.grid.id

Biasanya kelelawar memiliki tubuh berwarna gelap, tapi tidak dengan kelelawar yang satu ini. Makhluk kecil ini memiliki bulu berwarna putih dengan telinga dan hidung berwarna kuning. Kelelawar ini berasal dari Amerika Tengah dan sering ditemukan bergelantungan di antara dedaunan Heliconia.

7. Grimpoteuthis (Gurita Dumbo)

article image

Image source: Wikipedia

Gurita yang hidup di kedalaman laut ini dinamakan Gurita
Dumbo, karena dua sirip di membran kaki-kakinya yang mirip dengan telinga gajah terbang Dumbo, hewan yang bisa kita temukan di film animasi Disney.

8. Salp

article image

Image source: mexican-fish.com

Hewan transparan ini termasuk salah satu spesies plankton berkulit yang memakan CO2 (karbon dioksida) di dalam air. Karbon dioksida yang masuk ke tubuh mereka akan mengalir ke seluruh tubuhnya yang transparan.

9. Caedicia Simplex

article image

Image source: Pinterest

Spesies belalang yang satu ini memiliki ciri khas unik yang jarang ditemukan pada spesies belalang lainnya, yaitu mata dengan warna merah muda berbentuk seperti kacang. Mereka hidup di sekitar Pegunungan Muller Range, di Dataran Tinggi Pasifik.

10. Kura-Kura Berpunggung Lunak

article image

Image source: royalnapp.blogspot.com

Makhluk yang satu ini merupakan sejenis labi-labi (kura-kura punggung lunak) yang termasuk anggota suku Trionychidae. Tempurung kura-kura ini terdiri dari susunan tulang rawan dan dilapisi kulit tebal bertekstur licin. Kura-kura ini juga dikenal dengan nama Bulus, penyebaran populasi mereka dimulai dari Asia Tenggara seperti Burma, Thailand, Singapura, Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan juga Indonesia.

11. Kelelawar Yoda

article image

Image source: australiangeographic.com

Makhluk lucu yang satu ini adalah salah satu spesies kelelawar unik dengan bentuk mata yang tidak biasa dan juga bentuk hidung menyerupai tabung. Keberadaan mereka mulai terungkap pada tahun 2009 di kedalaman hutan Papua Nugini. Di internet, netizen menjuluki makhluk ini sebagai "kelelawar Yoda" karena wajahnya yang dianggap mirip dengan Master Jedi di film Star Wars.

12. Lumba-Lumba Pink

article image

Image source: np360.com.hk

Kapten Erik Rue, seorang nahkoda dari kapal “Calcasieu Charter Service” pertama kali menemukan lumba-lumba misterius berwarna pink ini pada tahun 2007 di Sungai Calcasieu, Lousiana AS. Lumba-lumba unik ini sempat menghilang dan ditemukan lagi setelah 1 dekade.


Itulah 12 hewan dengan wujud unik di dunia! Ikuti juga perkembangan info-info menarik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Articles

featured image source: np360.com.hk