Ide-Ide Kreatif Rayakan Hari Natal Bersama Keluarga

Hanya tinggal menghitung hari untuk menyambut peringatan hari kelahiran Yesus. Tapi bagaimana dengan persiapan Natalmu? Apakah semuanya sudah direncanakan dengan matang? Tak usah khawatir, karena kali ini Gotomalls akan membagikan ide-ide kreatif untuk rayakan Natal bersama keluarga. Mulai dari tips kuliner, kreasi pohon Natal, hingga permainan seru untuk keluarga dan anak-anak. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Kue Natal Klasik

article image

Image source: kingarthurflour.com

Ingin merayakan Natal dengan penuh makna? Sebaiknya jangan lupakan suguhan kue-kue klasik seperti Fruit Cake, Christollen, Panettone, Yule Log Cake, atau Mince Pie. Lima kue tersebut dikenal memiliki nilai budaya yang berkaitan erat dengan momen Natal.

Seperti Fruit Cake contohnya, kue tradisional yang sudah populer sejak zaman Romawi Kuno ini memiliki sejarah panjang. Kue ini dibuat dari daun buah delima, kacang cemara, kismis, dan aneka buah-buahan lain yang sudah dikeringkan. Golongan para pemburu sering menjadikan kue ini sebagai bekal perjalanan.

Pohon Natal Anti-Mainstream

article image

Image source: christmas.365greetings.com

Jangan jadikan budget terbatas sebagai alasan untuk tidak memiliki pohon Natal. Cobalah berimprovisasi dengan benda-benda tak terpakai untuk dijadikan pohon Natal unik dan anti-mainstream. Beberapa benda yang bisa kamu manfaatkan yaitu sisa-sisa kayu bahan bangunan, kardus bekas, pipa PVC, ranting pohon, atau mungkin lampu kabel LED. Berikut tipsnya:

Kayu

Kumpulkan semua kayu yang tak terpakai lalu potong dalam ukuran kecil hingga besar dan oleskan sedikit varnish kayu. Susun kayu-kayu tersebut dari ukuran terbesar hingga terkecil secara vertikal menyerupai bentuk pohon Natal. Selanjutnya kamu tinggal berimajinasi dengan dekorasi yang akan diterapkan, atau coba temukan referensi hiasan pohon Natal di internet.

Kardus

Buatlah pola batang pohon cemara di atas tiga kardus terpisah, di mana masing-masing pola mewakili setiap sisi dari batang pohon. Setelah kardus dipotong sesuai pola, kamu tinggal membangun kerangka pohon natal dan menambahkan beberapa ornamen hiasan.

Pipa PVC

Caranya tak jauh berbeda dengan kayu bekas, kamu hanya perlu memotong setiap pipa dengan ketebalan 5 – 10cm lalu susun semua potongan pipa tersebut membentuk struktur pohon Natal menggunakan lem perekat. Kamu bisa menggunakan pipa PVC dalam berbagai diameter. Untuk hiasannya, taruhlah pajangan-pajangan kecil di dalam setiap lubang, dan jangan lupa tambahkan ornamen bintang di puncak.

Ranting Pohon

Ranting pohon bisa digunakan sebagai hiasan tambahan untuk mempercantik sudut-sudut ruangan. Potonglah ranting-ranting pohon yang sudah kering lalu letakkan di dalam stoples kaca atau pot tanah liat yang sudah diisi pasir. Tambahkan sedikit ornamen seperti gantungan atau lampu hias kecil.

Lampu Kabel LED

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu menyusun lampu kabel LED di dinding membentuk struktur pohon Natal. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan untaian benang warna-warni yang disusun mengikuti pola lampu kabel dan sedikit ornamen hiasan. Banyak sekali referensi-referensi pohon Natal dari Lampu Kabel LED yang bertebaran di internet.

Membuat Topi Santa Unik dari Bahan Sederhana

article image

Image source: shutterstock.com

Berpesta di malam Natal bersama keluarga belum sempurna tanpa menggunakan topi Santa. Memasuki musim Natal, salah satu aksesoris paling ikonik ini bisa dengan mudah kita jumpai di berbagai pusat-pusat perbelanjaan. Tapi kalau kamu ingin mencoba membuat sendiri topi Santa unik dari bahan-bahan sederhana, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Kartu Natal Kreatif Buatan Tangan

article image

Image source: northstory.ca

Segala persiapan sudah dilaksanakan, kecuali satu hal; kartu ucapan Natal. Membuat kartu Natal tidaklah begitu sulit. Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kartu Natal kreatif, seperti karton dan pita misalnya. Kamu bisa membuat beraneka macam bentuk kartu Natal sesuai selera, entah itu berupa topi Santa, rusa kutub, atau kristal salju. Gunakanlah karton warna-warni dan kombinasikan dengan pita atau tali sebagai hiasan tambahan.

Ide Permainan Seru Bersama Keluarga

article image

Image source: 247moms.com

Natalmu akan semakin meriah dan menyenangkan ketika semua anggota keluarga melakukan permainan seru bersama-sama. Ajaklah keluargamu bermain Frozen, menari sambil diiringi beberapa lagu dan satu orang bertugas untuk menghentikan musiknya. Ketika musik berhenti, semua orang harus ikut berhenti, jika ada yang bergerak maka ia akan menerima hukuman sesuai dengan yang disepakati.

Selain Frozen, masih ada beberapa permainan keluarga lain yang tak kalah seru untuk dicoba, seperti Pass the Candy Cane, Jingle Ball Shake, Snowball Toss Game, dan masih banyak lagi!

Cek juga artikel inspirasi natal lainnya di bawah ini:

Articles


Demikianlah 5 ide kreatif untuk rayakan hari Natal bersama keluarga. Jangan lupa ikuti terus perkembangan info-info spesial Natal lainnya hanya di Gotomalls.com, yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: shopee