Ikan Cupang Termahal di Dunia

Akhir-akhir ini tren memelihara ikan cupang kembali ‘menjangkiti’ kalangan masyarakat luas. Mulai dari orang dewasa hingga anak sekolahan, semuanya kembali menggandrungi ikan mungil nan cantik yang satu ini.

Ikan cupang atau betta fish termasuk spesies ikan air tawar yang habitat aslinya terdapat di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, termasuk juga Indonesia.

Ikan cupang punya bentuk dan karakter yang cukup unik, mereka terkenal agresif dalam mempertahankan teritorinya. Ketika dalam posisi bertarung, ikan cupang akan mengembangkan insang dan siripnya sehingga tubuhnya tampak lebih besar. Ciri khas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan cupang.

Secara umum ikan cupang dibedakan berdasarkan 3 jenis, yaitu cupang liar, cupang aduan, dan cupang hias. Di antara ketiganya, cupang hias dan cupang aduan memiliki harga paling tinggi.

Bahkan, cupang jenis tertentu bisa dihargai hingga mencapai puluhan juta rupiah. Seperti halnya cupang termahal di dunia berikut ini:

1. Cupang Kachen Worachai

article image

Image source: Pikiran-Rakyat.com

Kachen Worachai menjadi ikan cupang termahal di dunia setelah berhasil terjual dalam sebuah acara lelang seharga 53.500 baht atau setara 25,2 juta rupiah.

Ikan cupang dari Thailand ini dihargai mahal salah satunya berkat kombinasi corak warna yang berwarna merah, putih, dan biru tua, mirip seperti bendera nasional Thailand. Konon, nama ‘kachen worachai’ sendiri diambil dari nama pemiliknya yang kebetulan masih berkebangsaan Thailand.

2. Cupang Fancy

article image

Image source: Pinterest

Selanjutnya ada ikan cupang yang sudah cukup populer di Indonesia, yaitu cupang fancy. Ikan ini terkenal dengan pola warna tiga dimensinya yang beragam. Hal inilah yang membuatnya unik dan dihargai mahal.

Ikan cupang jenis fancy diketahui pernah terjual senilai Rp10 juta dalam acara pelelangan. Meskipun demikian, jika kita membelinya sejak usia anakan, ikan cupang ini bisa didapatkan mulai dari Rp300 ribuan saja.

3. Cupang Halfmoon

article image

Image source: Aquarium Central

Ikan cupang Halfmoon juga termasuk salah satu jenis yang sudah populer di kalangan pegiat budidaya ikan cupang. Cupang ini terkenal dengan sirip dan ekornya yang jika mengembang akan terlihat seperti penampakan bulan separuh.

Selain itu, corak warna pada jenis ikan cupang ini umumnya lebih netral seperti merah gelap dan putih, biru muda, black matte, dan sebagainya. Jenis ini juga masih berasal dari Thailand dengan harga jual tertinggi yang dikabarkan mencapai Rp 8 jutaan.

4. Cupang Plakat

article image

Image source: Pinterest

Istilah 'plakat' berasal dari kosakata bahasa Thailand yang artinya pertarungan. Itulah sebabnya ikan cupang jenis ini sering dipelihara sebagai ikan aduan. Meskipun demikian, ikan cupang ini memiliki penampilan yang tidak kalah cantik.

Ciri khas cupang plakat terletak pada bentuk sirip dan ekornya yang lebih pendek namun terlihat mengembang. Corak warnanya pun cukup beragam seperti jenis-jenis cupang lainnya. Sedangkan untuk harga, salah satu ikan cupang termahal di dunia ini bisa dibanderol hingga Rp1 jutaan.

5. Cupang Double Tail

article image

Image source: Aquarium Central

Sesuai dengan namanya, cupang double tail punya ciri khas berupa ekor yang membelah dua. Ketika berenang, mereka akan terlihat seperti sedang menari-nari. Ditambah lagi dengan corak warnanya yang cantik membuat ikan ini kian diminati.

Sayangnya, ikan cupang double tail ini sebenarnya cukup langka. Hal inilah yang membuat harganya kian tinggi. Jika kamu membelinya dari sesama penggemar ikan cupang, mungkin harganya akan di atas rata-rata. Namun, jenis ini biasanya dibanderol seharga Rp2 jutaan dan Rp150 ribu untuk anakannya.


Bagaimana? Tertarik untuk memelihara salah satu ikan cupang termahal di dunia tersebut? Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: Pinterest