Jenis-Jenis Olahraga Rumahan yang Bisa dilakukan Saat Puasa

Puasa sudah menjadi kewajiban umat muslim yang dilakukan setiap tahunnya selama bulan Ramadan. Selain menahan hawa nafsu, mereka yang menjalankan ibadah puasa akan menahan rasa haus dan juga lapar selama 28-30 hari dan berbuka saat matahari terbenam, serta akan makan sahur atau menyimpan makanan sebelum matahari terbit. Jadi tubuh pun tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari dan tidak merasa lemas atau kelaparan.

Berbicara soal puasa, banyak orang yang ingin tahu olahraga apa yang bisa dilakukan di rumah saat berpuasa. Meskipun tidak ada asupan makanan selama 13 jam penuh namun bukan berarti kamu hanya tidur atau duduk di rumah saja. Nantinya jika kamu hanya berdiam diri maka tubuh akan terasa sakit dan pegal, ada baiknya melakukan jenis-jenis olahraga rumahan yang bisa di lakukan saat puasa dan tidak menyebabkan kamu lapar.

Yoga

article image

Source image: pexels

Yoga merupakan olahraga pertama yang bisa membakar lemak dan membantu tubuh untuk bergerak namun tidak perlu dilakukan di luar rumah. Apalagi jika kamu sudah memiliki matras yoga dan ruang terbuka hijau di rumah. Jadi kamu bisa tetap melakukan olahraga rumahan yang ringan dan juga tidak akan menyebabkan rasa lapar karena olahraga ini tidak memakan waktu yang cukup lama. Bagi kamu yang ingin melakukan yoga, silakan persiapkan pakaian khusus olahraga dan juga matras yoga serta pilihlah musik yang menenangkan dan juga membantu menjaga konsentrasi. Meskipun yoga olahraga yang tidak menggunakan gerakan terlalu banyak namun jika dilakukan dengan benar tetap dapat mengeluarkan keringat dan membantu membersihkan tubuh dari berbagai zat racun dalam tubuh.

Belum punya matras yoga? Dapatkan dengan mudah di sini

Matras Yoga Mat Karpet Spons

article image

Beli Sekarang

Naik Turun Tangga

article image

Source image : pexels

Sepele memang olahraga yang satu ini, namun kamu bisa melakukannya di rumah. Tangga merupakan area yang ada di sebuah rumah atau ruangan, di mana tangga menyambungkan antara lantai 1 dan juga lantai 2 atau selebihnya. Sebagian orang menyepelekan naik turun tangga, padahal seperti yang kamu ketahui bahwa naik turun tangga masuk ke dalam kegiatan yang membutuhkan tenaga cukup besar dan banyak. Kamu pun bisa membuang semua lemak dan membakarnya. Selain itu naik turun tangga membantu memperkuat otot dan tulang. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus rajin naik turun lantai ya demi olahraga di saat puasa. Selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Treadmill

article image

Source image : pexels

Panas jika harus keluar rumah atau merasa terlalu lelah? Kamu tetap bisa berolahraga ringan di rumah salah satunya dengan menggunakan treadmill. Kamu bisa membakar lemak dengan jogging ringan di rumah dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu di saat puasa. Kerap kali setiap orang memiliki intensitas olahraga yang berbeda-beda. Ada yang siap untuk jogging ringan selama 1 jam ada juga yang hanya mampu 30 menit saja, atau hanya 10 menit namun rutin dilakukan misalnya pagi dan sore hari. Jika sudah sering melakukannya maka kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga terlalu lama. Selain itu, kamu bisa menggunakan treadmill sesuai preferensi baik di pagi ataupun sore hari.

Zumba

article image

Source image : pexels

Olahraga selanjutnya yang masuk ke dalam jenis-jenis olahraga rumahan yang bisa di lakukan saat puasa adalah zumba. Seperti yang kamu tahu bahwa zumba adalah olahraga kardio yang siap membakar lemak dengan cepat karena gerakannya yang dinamis. Tetapi selama puasa kamu bisa memilih zumba dengan tipe yang lebih ringan dan lebih lambat sehingga tidak membakar energi kamu terlalu banyak. Zumba ada banyak tipe dan jenisnya tergantung masing-masing orang.

Jalan di Taman

article image

Source image : pexels

Terakhir olahraga ringan yang membantu membuang berbagai lemak dan masuk ke dalam jenis-jenis olahraga rumahan adalah jalan di taman dengan santai. Apalagi jika rumah kamu dekat dengan lahan hijau atau taman. Silakan membuka sepatu atau sendal kamu dan berjalan saat pagi hari, di mana rumput masih berembun, udara masih bersih dan sehat baik bagi jantung dan paru-paru. Pasti kamu akan merasakan olahraga yang menyenangkan dan juga nyaman.


Jadi tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, kan? Kamu tetap bisa merasa segar dan nyaman meskipun berpuasa. Jangan sampai hal tersebut dijadikan alasan karena kamu puasa dan tidak ada asupan. Selama mampu olahraga justru membantu tubuh tetap bugar.

Cek juga toko olahraga favorit kamu di GoToMalls.com yang siap menunjang aktivitasmu. Aplikasi berbasis website pertama ini juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Products

Malls

Articles