Berbagai Khasiat Daun Sirih Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tumbuhan memiliki sejuta manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Khususnya ibu hamil dan menyusui, yang membutuhkan asupan gizi lebih, mengonsumsi tumbuhan kaya nutrisi sangat dianjurkan. Selain baik untuk kesehatan si ibu, sang anak pun akan terhindar dari risiko malnutrisi.

Salah satu tumbuhan yang memiliki khasiat positif bagi ibu hamil dan menyusui adalah sirih. Di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, tumbuhan sirih sudah lama dimanfaatkan oleh para nenek moyang untuk berbagai fungsi kesehatan, sekaligus menjadi salah satu tradisi turun temurun yang kita kenal sebagai bersirih atau menginang (mengunyah sirih atau pinang). Berikut 6 khasiat daun sirih bagi ibu hamil dan menyusui:

Mengatasi Gatal Pada Organ Kewanitaan

article image

Image source: liputan6.com

Tak heran kalau tumbuhan sirih sering dijadikan bahan dasar pembuatan produk perawatan organ kewanitaan, pasalnya, daun sirih memang terbukti mampu memberantas bakteri, jamur, dan mengendalikan kelembapan organ intim ibu hamil yang sering menyebabkan rasa gatal.

Ambillah 10 lembar daun sirih dan rebus dengan tiga gelas air. Tunggu hingga air sedikit menyusut dan warnanya berubah menjadi kecokelatan, selanjutnya saring air rebusan tersebut dari ampasnya. Gunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan.

Mengendalikan Produksi ASI Berlebih

article image

Image source: blog.elevania.co.id

Terkadang ibu menyusui bisa memproduksi ASI secara berlebihan atau hiperlaktasi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu yang paling utama adalah kondisi hormon tubuh, terutama ketidakseimbangan hormon akibat terlalu sering mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu.

Untuk mengendalikan produksi ASI berlebih, rebusan daun sirih juga bisa dimanfaatkan. Tapi sebaiknya lakukan konsultasi dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan risiko kesehatan. Karena daun sirih berpotensi menurunkan kadar asam folat yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui.

Meredakan Kram pada Persendian

article image

Image source: new.rusabook.com

Kram atau pengerutan otot secara tiba-tiba pada area persendian adalah salah satu keluhan yang paling sering dirasakan ibu hamil dan menyusui. Jika rasa nyeri sudah tak tertahankan lagi namun enggan untuk mengonsumsi obat-obatan, air rebusan daun sirih bisa menjadi alternatif terbaik. Minumlah air rebusan tersebut satu kali saja dan tunggu beberapa saat hingga kram mereda.

Mengatasi Keringat Berlebih

article image

Image source: halodoc.com

Kehamilan trimester ketiga adalah saat-saat di mana ibu hamil sering berkeringat secara berlebihan. Kenaikan berat badan saat hamil juga menjadi salah satu penyebab produksi keringat meningkat drastis.

Untuk mengendalikan keringat berlebih dengan daun sirih caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menggosok beberapa lembar daun sirih yang telah dipanaskan hingga layu ke beberapa area tubuh. Cara ini bisa diterapkan baik saat hamil atau pasca melahirkan.

Meredakan Sariawan dan Menghilangkan Bau Mulut

article image

Image source: planodental.com

Bukan rahasia lagi kalau daun sirih sangat ampuh untuk mengatasi sariawan dan bau mulut tak sedap. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengunyah satu lembar daun sirih yang sudah cukup tua lalu pusatkan ke bagian yang terasa sakit. Walaupun rasanya sedikit asam, cara ini mampu mengatasi sariawan dan masalah bau mulut tak sedap secara cepat dan efektif.

Mengatasi Keputihan

article image

Image source: femalesia.com

Keputihan adalah hal yang umum dialami oleh semua wanita, terutama ibu hamil yang telah memasuki fase trimester dua dan tiga. Keputihan yang dialami oleh ibu hamil cenderung lebih kuat baunya dan mengeluarkan cairan putih yang lebih banyak.

Rebusan daun sirih terkenal ampuh untuk mengatasi keputihan, karena kandungan alaminya mampu memberantas jamur bakteri dengan efektif. Gunakan rebusan daun sirih yang sudah ditiriskan sebagai obat cuci.


Itulah 6 khasiat daun sirih untuk ibu hamil dan menyusui. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi seputar gaya hidup dan tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: liputan6.com