Makanan Malam Hari

Tren hidup sehat sedang ramai diikuti masyarakat dunia saat ini. Banyak orang yang kian sadar betapa pentingnya menjaga pola konsumsi dan berolahraga secara rutin, serta menerapkan program diet tertentu.

Namun, saat kita menjalani diet sering kali dihadapkan dengan godaan untuk makan di malam hari, yang mana hal ini sangat dihindari karena bisa membuat berat badan kembali naik.

Meski demikian, kamu bisa mengakalinya dengan mengubah menu makanan malam hari yang sehat dan tetap lezat. Makanan sehat tidak selamanya terasa hambar, ada banyak variasi yang bisa kamu pilih untuk mengatasi rasa lapar di malam hari. Berikut rekomendasinya:

1. Sup

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Selain cocok untuk menu sarapan, sup juga bisa menjadi pilihan makanan malam hari, terutama sup sayur dengan kaldu ayam. Kandungan sayur dan air kaldu di dalam sup akan membuat perut merasa kenyang lebih cepat. Sehingga kamu akan terjaga dari makan terlalu banyak.

2. Oatmeal Saus Gula Merah

article image

Image source: Logo MED MASH

Oatmeal sudah menjadi menu andalan saat menjalani program diet, dan kamu bisa kreasikan menu ini sebagai santapan tengah malam. Oatmeal dengan tekstur lembut bisa kamu tambahkan dengan cita rasa manis alami dari gula merah, kamu juga bisa menambahkan sedikit potongan pisang agar lebih lezat.

3. Roti Selai Kacang

article image

Image source: detikFood - Detikcom

Selain sup, perpaduan roti dan selai kacang juga bisa membantu perut kenyang lebih cepat. Sebisa mungkin pilihlah roti gandum yang lebih kaya nutrisi. Jika kamu sedang menjalani program diet, salah satu kandungannya yaitu vitamin B akan membantu menghancurkan lemak dalam tubuh.

4. Kacang Almond

article image

Image source: Republika.co.id

Lapar tengah malam tapi malas makan makanan berat? Kamu bisa pilih kacang almond sebagai camilan yang terbaik. Pasalnya, kacang ini akan membuat tubuh merasa kenyang tanpa khawatir berat badan naik. Kacang almond kaya akan protein yang berguna untuk membantu memperbaiki jaringan otot setelah beraktivitas seharian. Menariknya lagi, almond juga termasuk salah satu makanan yang bisa membakar lemak.

5. Susu Rendah Lemak

article image

Image source: Biomin.net

Selain kacang almond, susu rendah lemak juga sangat cocok sebagai alternatif makanan malam hari jika kamu malas makan. Meminum segelas penuh susu bisa membuat perut kenyang seketika, dan kamu tidak perlu khawatir jika sedang diet karena susu ini tidak akan membuat berat badan naik, justru sangat cocok sebagai menu diet.

6. Jagung Rebus

article image

Image source: radarpekalongan.co.id

Pilihan menu makanan malam hari berikutnya adalah jagung rebus. Camilan ini tergolong aman jika disantap larut malam. Terlebih lagi, jagung rebus juga bisa membantu mengatasi kelebihan kolesterol dalam tubuh. Namun ingat, sebaiknya kamu hindari menambahkan terlalu banyak mentega dan garam saat membuatnya.

7. Salad Buah

article image

Image source: malang-post.com

Salad buah adalah salah satu menu rekomendasi untuk makanan malam hari saat sedang diet. Makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi ini sangat cocok disantap segala kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Salad yang terdiri dari buah-buahan mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Menariknya, buah-buahan juga sudah terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan, meminimalisir risiko diabetes, penyakit kanker, serta tekanan darah tinggi.


Demikianlah 7 menu makanan malam hari yang lezat dan tidak bikin gemuk. Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: eatingwell.com