Makanan Sehat dan Bergizi Selama Pandemi

Penyebaran virus covid-19 masih juga belum usai, kondisi ini mengharuskan setiap individu untuk terus menjaga kesehatan salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Asupan yang masuk ke dalam tubuh sangat berperan penting terhadap kesehatan. Suplemen saja tidak cukup, untuk itu konsumsi makanan sehat dan bergizi yang tepat untuk mendukung sistem imunitas atau daya tahan tubuh kamu dan juga harus diimbangi dengan berolahraga. Apa saja asupan makanan sehat dan bergizi selama pandemi yang wajib kamu konsumsi? Berikut penjelasannya di bawah ini:

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

article image

Image source: medium.com

Dua jenis makanan ini termasuk kategori makanan sehat dan bergizi yang tidak boleh dilewatkan untuk asupan sehari-hari karena mengandung banyak serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa menjadi sayur atau buah sebagai pengganti camilan yang selama ini kamu konsumsi. Selain itu, keduanya bisa kamu konsumsi sekaligus dalam bentuk jus atau smoothie. Campur sayuran hijau yang sudah bersih dan tambahkan buah seperti pisang, nanas, apel, pir sebagai pemanis alami. Semenjak pandemi banyak orang beralih ke hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi green smoothie setiap harinya.

Imbangi Dengan Konsumsi Protein

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Protein adalah zat gizi yang juga dibutuhkan oleh tubuh maka protein wajib masuk dalam makanan sehat dan bergizi yang bisa dikonsumsi setiap hari sesuai dengan porsi. Ada protein hewani yang bisa kamu dapat seperti dari daging sapi, dada ayam, telur, tuna, salmon, udang, susu dan masih banyak lagi. Sedangkan protein nabati terdapat dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, quinoa, biji-bijian, alpukat, susu dari jenis kacang dan masih banyak lagi.

Batasi Asupan Gula, Garam dan Lemak

article image

Image source: sahabatnestle.co.id

Ketiga hal tersebut adalah hal yang sulit dikontrol terlebih jika sedang stres atau cemas terlebih pada situasi pandemi seperti sekarang. Minuman kemasan, makanan cepat saji, dan camilan ringan jadi konsumsi favorit untuk melampiaskannya. Selain stres yang harus dikontrol, asupan makanan dan minuman juga harus dibatasi.

Menteri Kesehatan menganjurkan untuk gula sehari hanya 4 sendok makan atau kamu juga bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan. Untuk garam, hanya satu sendok teh saja sedangkan lemak 720kkal atau sekitar 76 gram. Yuk, mulai lebih serius lagi mengontrol asupan gula, garam dan lemak agar terhindar dari berbagai penyakit serius.

Konsumsi Kacang dan Biji-Bijian

article image

Image source: magazine.job-like.com

Makanan sehat dan bergizi lainnya bisa kamu dapatkan dari biji-bijian serta kacang-kacangan. Keduanya tinggi protein, vitamin dan mineral serta memberikan nutrisi yang baik buat tubuh. Ganti camilan kamu dengan biji-bijian dan kacang seperti kacang almond, chia seed, kacang kenari, kacang macadamia, kacang hazelnut, biji labu dan masih banyak lainnya.

Keamanan Makanan

article image

Image source: kompas.com

Tidak hanya makanan sehat dan bergizi saja yang wajib diperhatikan saat kondisi seperti sekarang. Nah, hal yang wajib diperhatikan adalah keamanan pangan dalam mengolahnya agar tetap higienis.

  • Pastikan sebelum memasak sudah mencuci tangan, dan semua peralatan masak juga sudah bersih
  • Pisahkan talenan untuk makanan mentah dan matang
  • Cuci buah dan sayuran sampai bersih menggunakan cuka apel dan rendam selama 15 menut untuk menghilangkan pestisida
  • Proses memasak makanan harus dilakukan dengan benar dan matang semparna terlebih untuk protein hewani

Rutin Berolahraga dan Minum Air

article image

Image source: health.detik.com

Makanan sehat dan bergizi akan lebih seimbang jika melakukan olahraga rutin untuk menjaga imunitas tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit. Bisa berjalan kaki di bawah sinar matahari selama 30 menit atau olahraga ringan di rumah seperti yoga yang terpenting badan selalu gerak. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi air putih setidaknya 2 hingga 2,5 liter per harinya agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Products


Itulah beberapa pola hidup sehat serta makanan sehat dan bergizi yang wajib dikonsumsi selama masa pandemi. Yuk pelan-pelan ubah konsumsi sehari-hari agar gizi yang diperlukan oleh tubuh bisa tercukupi sehingga tidak mudah tertular virus corona dan juga untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit serius. Mulai ubah pola hidup dari sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Articles

Malls

featured image source: masakapahariini.com