Pentingnya Menjaga Kesehatan Dengan Menerapkan 6 Pola Hidup Sehat Ini

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Namun terkadang keinginan tidak sejalan dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Karena kesibukan dan aktivitas yang padat, orang mulai mengabaikan pola hidup sehat.

Padahal menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Setiap orang harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan? Berikut ini Gotomalls sudah merangkum pola hidup sehat yang sebaiknya diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

article image

Image source: hellosehat.com

Waktu tidur dan istirahat yang cukup merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam menjalani pola hidup sehat. Setelah melalui aktivitas panjang, tubuh memang harus diberi kesempatan untuk rehat sejenak. Kebutuhan tidur dan istirahat setiap orang sendiri berbeda-beda sesuai dengan intensitas kegiatan yang dilakukan.

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur 7-9 jam setiap malam untuk orang dewasa berusia 18-25 tahun. Jika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, kamu akan berisiko terkena penyakit kanker dan jantung. Sebaliknya waktu tidur yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menurunkan tingkat konsentrasi.

Manfaat dari tidur dan istirahat yang cukup antara lain dapat menjaga kebugaran tubuh dan membantu membentuk tubuh menjadi proporsional. Selain itu, waktu tidur dan istirahat yang cukup akan merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan kamu. Jadi mulai sekarang perhatikan kualitas tidur kamu dan atur jam tidur yang efektif untuk tetap sehat.

Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Kaya Nutrisi

article image

Image source: civitas.uns.ac.id

Makanan merupakan faktor utama dalam menjalani pola hidup sehat. Kamu mungkin pernah mendengar istilah 'kita adalah apa yang kita makan'. Apabila kamu mengonsumsi makanan bergizi, tentu akan berdampak baik pada tubuh. Sebaliknya apabila kamu menyantap makanan yang tidak sehat akan memberi efek buruk pada tubuh.

Untuk menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan bergizi yang rendah gula, kaya serat dan mengandung banyak vitamin. Makanan bergizi membuat tubuh lebih sehat karena sanggup memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kalau kamu suka makan camilan, coba deh ganti camilan kamu dengan buah segar. Kamu bisa makan buah utuh langsung atau mengolahnya menjadi jus dan smoothies dengan mencampurnya dengan sayuran. Kamu juga bisa meracik healthy bowl sendiri dengan mencampur berbagai potongan buah dan biji-bijian di dalamnya.

Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena dapat membahayakan tubuh. Sebaiknya kamu juga mengatur pola makan dan jangan sampai melewatkan waktu makan ya!

Banyak Minum Air Putih

article image

Image source: hellosehat.com

Air putih memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, 60% tubuh kita terdiri dari cairan yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh dan membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Di sisi lain setiap hari tubuh juga mengeluarkan cairan berupa keringat.

Maka dari itu kamu harus memastikan telah minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, air putih juga dapat menyehatkan rongga mulut dan melumasi sendi. Bila tubuh kekurangan cairan, hal itu akan menyebabkan risiko gigi berlubang dan tulang rawan akan kehilangan kemampuan sebagai bantalan sendi sehingga membuat sendi terasa nyeri.

Apakah kamu sering mengalami sakit kepala? Bisa jadi kamu sedang kekurangan cairan. Cobalah perbanyak minum air putih karena dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain. Air putih dapat membantu kamu meredakan hal tersebut.

Cobalah untuk Aktif Bergerak

article image

Image source: hellosehat.com

Kalau kamu masih biasa malas gerak dan hobi rebahan, coba deh untuk mengurangi kebiasaan tersebut secara perlahan. Dibandingkan dengan santai-santai di sofa atau rebahan sambil gibah di tempat tidur, mending kamu coba bergerak lebih aktif.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk lebih sering bergerak. Menggerakkan tubuh akan membiasakan diri kamu untuk menjadi lebih aktif. Kamu bisa mulai dengan mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel lantai, mengurus taman atau sekadar bermain bersama peliharaan. Hal-hal kecil seperti itu akan terasa manfaatnya bagi tubuh kamu.

Selain itu, biasakan juga untuk lebih sering berjalan kaki. Biasakan berjalan kaki apabila ingin pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh. Jalan-jalan pagi atau sore bersama anjing peliharaan juga bisa kamu coba untuk lebih aktif bergerak.

Rutin Olahraga

article image

Image source: sahabatnestle.co.id

Olahraga juga penting dilakukan sebagai bagian dari pola hidup sehat. Mungkin kamu beranggapan bahwa olahraga adalah aktivitas melelahkan. Namun, kamu tidak harus melakukan olahraga berat untuk menjaga kebugaran.

Apabila kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan melakukan olahraga yang paling mudah dan ringan. Sebagai contoh, kamu bisa lari-lari kecil di rumah setelah bangun tidur. Supaya kamu lebih semangat, kamu bisa jogging di sekitar rumah atau di taman bersama-sama dengan temanmu.

Rencanakan olahraga bersama temanmu setiap minggu. Kamu bisa mencoba olahraga yang menyenangkan seperti zumba, aerobik, bersepeda, berenang, futsal atau basket. Ada banyak pilihan olahraga menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama-sama. Apabila sudah rutin dilakukan, hal itu akan berubah menjadi kebiasaan yang sehat.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat mempertahankan kekuatan otot dan sendi. Olahraga juga membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Tubuh akan menjadi lebih bugar dan tidak gampang sakit.

Berpikir Positif

article image

Image source: medium.com

Berpikir positif memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Orang yang sedang banyak pikiran atau stres memiliki kecenderungan kambuhnya penyakit. Para peneliti pun telah menemukan manfaat dari berpikir positif, yakni membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Dengan berpikir positif akan menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat, bahkan dapat memperpanjang usia lho. Orang yang berpikir positif akan lebih merasa bahagia dan produktif.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulai sekarang kita harus lebih paham pentingnya menjaga kesehatan untuk tubuh yang lebih bugar. Jangan lupa kunjungi Gotomalls.com untuk update informasi menarik lainnya. Gotomalls juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: mommyasia.id