7 Ide Seru Malam Minggu Bersama Keluarga Tanpa Gadget

Dewasa ini, rasanya nyaris semua orang menggunakan gadget atau smartphone dengan jaringan internet untuk kegiatannya sehari-hari, sehingga tanpa disadari kamu mulai merasakan adanya ketergantungan dengan berbagai peranti elektronik tersebut. Bahkan kerap ditemui ketika acara kumpul teman atau keluarga pun nyaris tidak berarti dikarenakan masing-masing sibuk dengan gadget sendiri. Komunikasi tatap muka seolah menjadi barang mahal sehingga sering kali membuat hubungan dengan sesama terasa kurang sehat atau hangat.

Kini, tidak ada salahnya kamu menantang diri sendiri dan juga mengajak anggota keluarga yang lain, untuk berkumpul bersama tanpa gadget. Hal ini bisa kamu lakukan di malam minggu. Pertama mintalah kepada seluruh keluarga untuk mengumpulkan semua gadget dalam satu tempat atau ruang dan tidak ada seorang pun yang boleh masuk sampai acara kumpul-kumpul selesai. Lalu apa saja ya kegiatan yang pas dan asyik dilakukan sekeluarga di malam minggu tanpa gadget? Simak tipsnya yuk!

Acara Masak Sekeluarga

article image

Image source : nurturingyourchildren.com

Kegiatan paling seru, mudah dan relatif murah adalah mengadakan acara masak bersama dan makan bersama tentunya. Jika ingin suasana yang berbeda, pindahkan meja dan kursi makan di taman belakang rumah. Menikmati makanan di ruang terbuka sambil mengobrol bersama rasanya mampu membuat hubungan dengan keluarga makin harmonis. Soal makanan apa yang dibuat atau dimakan tentunya tidak perlu yang mahal, yang terpenting adalah kebersamaan. Acara seperti ini juga sangat seru jika dilakukan pada hari-hari istimewa seperti Idul Fitri ataupun Natal. Bukan hanya berkumpul dan makan bersama keluarga inti, keharmonisan bukan hanya dipererat pada keluarga kecil kamu saja tetapi juga melibatkan keluarga besar.

Olahraga Bersama

article image

Image source : chicagotribune.com

Hati senang, badan sehat, adalah impian setiap manusia di muka bumi ini. Namun, pas atau tidak ya jika dilakukan pada saat malam minggu? Tentu saja bisa, karena olahraga bisa kamu lakukan kapan saja. Bisa ke gym, bisa jogging di jogging track yang ada di kompleks rumah, bermain futsal atau bisa bermain basket memanfaatkan ring bola basket yang kamu pasang di halaman rumah atau car port depan rumah. Dengan keseruan seperti ini, bisa jadi kamu jadi mengalihkan ketagihanmu pada gadget menjadi ketagihan olahraga. Ajak anggota keluarga lainnya untuk berolahraga.

Camping

article image

Image source : moneycrashers.com

Kegiatan yang satu ini memang mengasyikkan, tetapi memang harus dicari lokasi yang sesuai untuk keluarga. Misalnya saja mencari camping ground yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga menjelang weekdays atau hari kerja sudah sampai ke rumah kembali. Bernyanyi bersama, membuat api unggun dan mengobrol santai tanpa harus update status atau swafoto rasanya tidak ada masalah asal kebersamaan dengan keluarga tetap terjaga. Tidak ada salahnya juga sesekali berlibur sekeluarga lebih lama dan bersantai menikmati glamping atau glamour camping.

Menonton Film Secara Maraton

article image

Image source : sheknows.com

Kalau keluarga gemar nonton film tentunya agenda nonton bareng secara maraton di malam minggu merupakan agenda yang sama-sama ditunggu. Daripada menghabiskan biaya untuk menonton bioskop pada malam minggu, jadwalkan nonton bersama di rumah. Siapkan DVD favorit bersama atau menonton layanan media streaming digital bersama.

Pilih film yang bisa ditonton sekeluarga jika di keluarga kamu masih ada anak-anak seperti misalnya film anak, film-film Disney atau film superhero. Kamu akan fokus pada keluarga dan film yang ditonton sehingga dalam waktu sejenak kamu akan lupa akan gadget. Terlebih jika di rumah kamu ada home theatre, maka kegiatan seperti ini semakin menyenangkan. Kamu sekeluarga juga bisa membuat popcorn bersama untuk disantap saat menikmati nonton bareng.

Bermain kartu UNO juga harus masuk dalam daftar permainan di akhir pekan.

Paket UNO Stacko + Kartu UNO Card

article image

Beli Sekarang

Karaoke Sekeluarga

article image

Image source : durak.org

Jika ingin menghabiskan waktu bersama pada malam minggu di luar rumah, cobalah hal yang lebih seru dan bukan kegiatan itu-itu saja seperti nongkrong di kafe atau jalan-jalan ke mal. Jika kamu sekeluarga gemar bernyanyi, apa salahnya malam minggu menghabiskan waktu dengan berkaraoke bersama. Bernyanyi bersama seperti ini bukan hanya menjaga keharmonisan keluarga tetapi juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres akibat rutinitas pada hari kerja.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat karaoke di mall.

Brands

Bermain Game Bersama

article image

Image source : reneelazarlaw.com

Daripada anak-anak bermain game tanpa pengawasan, kenapa tidak melakukannya bersama saja? Dengan begini, selain mereka juga senang, game apa yang dimainkan juga bisa diatur agar sesuai dengan usia. Jika ingin yang lebih unik, coba mainkan game klasik yang tidak memerlukan konsol permainan tertentu dan memainkan permainan klasik bersama-sama. Kamu sekeluarga bisa memainkan monopoli, karambol, ular tangga, uno, scrabble bahkan catur. Perkenalkanlah permainan-permain klasik pada anak-anak sehingga mereka menyadari bahwa keseruan tidak hanya bisa didapat dengan bermain gadget saja.

Berjalan-jalan Keliling Kota

article image

Image source : liputan6.com

Kalau kamu tinggal di kota dengan tingkat kemacetan yang tidak parah, seru juga jika berjalan-jalan keliling kota sambil mengunjungi tempat-tempat yang menjadi kenangan bersama, misalnya sekolah lama atau rumah lama kamu. Sambil menikmati perjalanan, perkenalkan pada anak-anak terkait tempat-tempat menarik dan penting yang ada di kota kamu seperti misalnya museum, gedung kesenian, lokasi bersejarah dan lain sebagainya.


Selain beberapa kegiatan yang sudah diungkapkan di atas, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan bersama, tergantung dari apa saja kegiatan yang menjadi hobi bersama. Bisa saja kamu dan keluarga melakukan kegiatan melukis bersama, membuat panggung sandiwara bersama atau acara bersih-bersih dan mengecat rumah bersama. Melakukan kegiatan bersama seperti ini membuat kamu sekeluarga ingin selalu melakukannya kembali sehingga akhir pekan berikutnya akan selalu membuat rencana seru yang bisa dilakukan sekeluarga.

Dapatkan produkk rekomendasi board games yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga.

Products

Kamu dan keluarga juga bisa mengunjungi mall terdekat dari rumah. Namun sebelumnya, jangan lupa akses Gotomalls.com untuk mengetahui promo, diskon, kupon, dan event-event terbaru yang ada di mall. Malam minggu pun jadi lebih seru dan hemat.

Malls