Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga sudah menjadi kewajiban yang haram untuk ditinggalkan. Ketika kamu lupa atau tak memiliki waktu untuk melakukan pemanasan, maka resiko cidera besar kemungkinan bisa terjadi. Selain itu otot juga bisa jadi sangat tegang.

Saat kamu mulai serius untuk olahraga baik itu kardio, latihan beban, ataupun lainnya, penting meluangkan sedikit waktu untuk melenturkan otot dengan pemanasan kecil. Pemanasan dapat membantu tubuh dalam mencapai pembakaran kalori yang maksimal.

Dan berikut ini manfaat pemanasan sebelum olahraga yang wajib kamu ketahui. Ingat resikonya tidak hanya bisa membuat kamu cidera.

1. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Otot

article image

Image source: uniquefitnes.com

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang pertama adalah meningkatkan suhu tubuh. Naiknya suhu tubuh akan membantu pelemasan otot sehingga tidak kaget ketika diajak berolahraga.

Saat suhu otot mulai meningkat, pasokan oksigen menjadi lebih banyak untuk ototmu. Lama kelamaan otot akan berkontraksi dan rileks dengan lebih mudah. Sehingga setelah itu kamu akan semakin mudah melakukan gerakan yang lebih berat.

Suhu yang terus meningkat juga memacu detak jantung sehingga mereka bersiap untuk berbagai challenge berikutnya.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

article image

Image source: healthline.com

Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga membantu tubuh fleksibel dan membuatmu lebih mudah bergerak dengan benar saat olahraga. Tentu saja, jika tubuh sudah fleksibel maka kemungkinan cedera akan semakin kecil.

Selain itu fleksibilitas juga dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena otot melakukan latihan. Hasilnya otot lebih kendur dan rasa nyeri pun jauh lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidak melakukan pemanasan. Kamu pun lebih cenderung tidak mengalami kram otot.

3. Mengurangi Resiko Cedera

article image

Image source: coocperinstitute.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat meminimalisir cedera otot. Pemanasan kecil yang telah kamu lakukan membuat otot lebih rileks dan akhirnya kemungkinan cedera sangat kecil.

Pemanasan meningkatkan elastisitas otot dan memungkinkan pendinginan lebih efisien. Artinya lebih sedikit kemungkinan melukai diri sendiri atau otot kepanasan selama latihan.

4. Meningkatkan Aliran Darah dan Oksigen

article image

Image source: fitness.com

Ketika aliran darah dan oksigen meningkat itu artinya otot akan mendapatkan asupan sehingga siap untuk melakukan gerakan-gerakan berat lebih intens.

Manfaat pemanasan sebelum olahraga ini akan melancarkan sirkulasi darah. Baik di otot maupun di sendi-sendi kita. Akibatnya fisik lebih cepat melakukan pendinginan tanpa harus merasa sakit dan tegang.

5. Meningkatkan Rentan Gerak

article image

Image source: fitathletic.com

Setelah otot-otot terasa lentur makan rentan gerak pun akan semakin jauh. Kamu bisa bebas menggerakan persendian lebih maksimal daripada mereka yang tidak melakukan pemanasan.

6. Membantu Mempersiapkan Mental

article image

Image source: verticalwise.com

Tancap gas langsung olahraga tanpa persiapan yang memadai dapat membuat seseorang menjadi mudah lelah. Terutama jika persiapannya bersifat mental dan bukan fisik.

Itu akan membuat kamu mudah menyerah saat berolahraga. Dan tentu saja olahraga akan semakin sulit. Namun lain cerita ketika kamu melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Kamu memberi waktu pada mental untuk mengingat mengapa kamu berolahraga. Gunakan waktu pemanasan untuk memikirkan tentang apa yang akan dilakukan. Cara tersebut akan menjamin tubuh dan pikiran siap untuk sukses berolahraga.

7. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

article image

Image source: shoehero.com

Benar, manfaat pemanasan sebelum olahraga berikutnya ini juga dapat memperbaiki postur tubuh. Ketidakseimbangan otot yang telah dilatih selama pemanasan perlahan dapat memperbaiki postur tubuh.

Itu mengapa haram rasanya untuk meninggalkan pemanasan. Meski hanya 10 menit saja.

8. Menghindari Nyeri Punggung

article image

Image source: activephysiotherapy.com

Fleksibilitas tubuh yang telah terbentuk saat pemanasan memiliki manfaat lain yakni melenturkan otot-otot paha, pinggul dan sekitar panggul. Manfaat pemanasan sebelum olahraga berperan dalam mengurangi tekanan yang akan terjadi pada ketiga otot tersebut.

Alhasil kamu pun tidak akan mengalami nyeri otot belakang usai olahraga. Jadi masa iya masih mau skip pemanasan sebelum olahraga?


Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Products

Articles

Featured image source: azumio.com