6 Manfaat Puasa Untuk Kulit Wajah

Di bulan puasa yang penuh berkah ini, harusnya kita menjadi pribadi yang lebih semangat lagi dalam menjalani hari-hari kita. Bukan malah menjadi loyo dan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tahu enggak sih, selain bermanfaat bagi kesehatan, puasa juga bermanfaat bagi kecantikan. Apa saja manfaat puasa untuk kulit wajah? Berpuasa di bulan Ramadhan, menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari akan semakin mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Selain meraup pahala yang banyak di bulan penuh keberkahan ini, kita juga mendapatkan bonus kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Menggantikan Sel-Sel Tubuh

article image

Source image: islamidia.com

Tahukah kamu jika puasa dapat mengganti sel-sel tubuh menjadi lebih cepat dari biasanya? Ketika sel kulit terganti dan ter perbaharui, maka hal ini akan memudahkan bagi kamu yang memiliki kulit kusam dan kering. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk makan sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang bergizi tinggi. Hal ini dikarenakan agar mempercepat proses regenerasi sel kulit kamu.

2. Membersihkan Kulit

article image

Source image: jawapos.com

Selain menggantikan sel-sel tubuh, manfaat lain dari puasa untuk kecantikan adalah mampu mendetoksifikasi tubuh. Apa itu detoksifikasi? Detoksifikasi merupakan proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Berbagai racun yang bersarang di dalam tubuh kamu nantinya akan secara bertahap dikeluarkan oleh tubuh. Proses detoksifikasi ini bisa menjadi lebih cepat dari biasanya ketika berpuasa.

Tentu saja proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Hal ini karena proses detoksifikasi mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, kenyal, dan bersih. Wah, siapa yang enggak ingin kulit wajahnya menjadi tampak lebih cerah, kenyal, dan bersih?

3. Mengatasi Jerawat

article image

Source image: cdns.klimg.com

Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, kamu tak perlu lagi khawatir jika pada saat buka bersama jerawat muncul di wajah kamu. Justru dengan berpuasa akan membantu kamu dalam mengatasi jerawat. Hal ini terjadi karena ketika berpuasa akan membuat proses detoksifikasi tubuh lebih cepat. Jadi, bakteri dan racun yang bisa menimbulkan jerawat akan dapat lebih mudah hilang. Wah, sangat menakjubkan ya!

Kamu juga bisa menambah asupan Vitamin E selama bulan puasa.

Best Vitamin E 400 IU Xtra Vitamin E Suplemen Kecantikan

article image

Beli Sekarang

4. Mencegah Iritasi Kulit

article image

Source image: hellosehat.com

Ternyata dengan berpuasa mampu membuat kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit bisa terminimalisir dengan baik. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian tentunya, jika kamu memiliki luka maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh kamu berpuasa.

5. Mengatasi Gatal

article image

Source image: honestdocs

Selain itu, dengan berpuasa mampu mencegah terjadinya salah satu jenis gatal yaitu urtikaria kronis. Urtikaria kronis ini menyebabkan gatal berlangsung lama hingga bisa memunculkan ruam-ruam merah pada bagian kulit tertentu yang memiliki kelainan pada jenis kulitnya. Hal ini didukung oleh penelitian yang membuktikan bahwa manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang sangat baik untuk mengatasi rasa gatal. Selain itu ada juga penelitian yang membuktikan bahwa dengan melakukan puasa selama 28 hari, kulit menjadi tidak lagi rentan terhadap rasa gatal yang diakibatkan oleh adanya zat tertentu di dalam tubuh.

6. Eksim

article image

Source image: statik.tempo.co

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang dapat menimbulkan ruam-ruam kemerahan pada kulit. Hal ini juga mudah ditemui dengan adanya nanah yang bermunculan di sekeliling ruam-ruam kemerahan tersebut. Tentu saja eksim menjadi sangat membuat keseharian penderita menjadi terganggu. Penderita eksim akan menjadi tidak nyaman dikarenakan rasa gatal yang sangat hebat tetapi jika penderita menggaruknya, maka luka akan menjadi semakin parah dan membesar. Kabar baik bagi kamu yang terkena penyakit eksim. Ternyata dengan berpuasa dapat mengobati penyakit eksim yang kamu derita. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apa pun. Jadi tubuh tidak hanya fokus pada proses pencernaan saja, tetapi menjadi lebih fokus pada proses penyembuhan dan regenerasi sel-sel kulit yang telah rusak dan mati.


Jadi, sudah tahu kan apa saja manfaat berpuasa bagi kecantikan kulit? Tentunya kamu yang sebelumnya malas, setelah mengetahui keenam fakta ini menjadi lebih bersemangat untuk menjalani ibadah puasa. Kamu bisa mendapatkan banyak tips dan trik lainnya seputar puasa di blog GoToMalls.com. Selain itu masih ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan, mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Products

Articles

Malls