Berikut 5 Area Rumah Ini Wajib Banget Dibersihkan Memasuki Bulan Ramadan

Ramadan telah tiba, khususnya bagi umat Islam momen tersebut tentu ditunggu-tunggu. Keluarga akan berkumpul, buka puasa bersama dan kerabat saling mengunjungi satu sama lain. Keluarga yang menjadi tuan rumah tentu melakukan persiapan untuk menyambut tamu dan kerabat yang akan datang berkunjung.

Sebagai persiapan, biasanya masyarakat muslim di Indonesia akan melakukan kegiatan bersih-bersih, melakukan perbaikan dan menata rumah agar terlihat lebih rapi. Di samping sebagai bentuk persiapan untuk menyambut kedatangan tamu dan kerabat, rumah yang bersih juga akan membuat ibadah lebih nyaman.

Nah, untuk menyambut Ramadan nanti area rumah mana saja sih yang wajib dibersihkan? Mari simak ulasan berikut supaya kamu lebih semangat bersih-bersih rumah menjelang Ramadan.

Area Dapur

article image

Image source: media.rooang.com

Saat bulan puasa, kamu akan sering melakukan aktivitas di dapur. Kamu akan lebih banyak memasak untuk mempersiapkan hidangan sahur maupun hidangan untuk berbuka puasa. Kamu juga akan membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan memasak yang hanya digunakan di waktu-waktu tertentu, seperti panci kukusan besar, pisau daging atau wadah minuman segar.

Nah, sekarang adalah saat yang tepat untuk membersihkan berbagai perlengkapan memasak. Apalagi bila sudah lama tersimpan di dalam lemari, kamu harus membersihkannya dari debu. Setelah membersihkan peralatan dan perlengkapan memasak yang sudah lama tersimpan, kamu bisa membersihkan bagian lain seperti lantai dapur, kompor dan mengecek alat-alat yang mungkin sudah rusak.

Coba deh periksa lagi peralatan memasak seperti blender atau mixer, kalau misalnya sudah rusak kamu harus segera menggantinya. Mungkin kamu juga perlu membeli wadah makanan, piring atau mangkuk baru untuk menyajikan hidangan.

Area Ruang Tamu

article image

Image source: parenting.dream.co.id

Bila tuan rumah akan lebih sering beraktivitas di dapur selama bulan Ramadan, maka area ruang tamu akan lebih sering dipakai anggota keluarga atau kerabat dekat yang berkunjung. Area ruang tamu juga sering digunakan untuk makan bersama saat berbuka.

Maka dari itu, kamu juga harus menjaga kebersihan area ruang tamu selama bulan Ramadan. Bersihkan meja dan sofa secara berkala. Gunakan lap basah untuk membersihkan meja agar tidak ada debu yang menempel, lalu gantilah sarung bantal sofa, taplak meja dan cuci tirai jendela.

Kamu juga membutuhkan vakum untuk membersihkan sofa dan karpet. Jangan lupa untuk membersihkan pajangan-pajangan yang ada di ruang tamu ya supaya tetap terlihat kinclong.

Area Kamar Tidur

article image

Image source: dekoruma.com

Apabila kamu lebih senang beribadah di dalam kamar karena lebih tenang dan khusuk, maka area kamar tidur menjadi ruangan berikutnya yang wajib kamu bersihkan. Lakukan pembersihan rutin seperti menyapu, mengepel, merapikan tempat tidur atau mengganti seprai secara berkala.

Selain melakukan pembersihan rutin, kamu juga perlu menyiapkan alat ibadah seperti sajadah, Al-Qur'an dan tasbih. Simpanlah alat ibadah tersebut di area yang mudah dijangkau, misalnya di atas meja lampu di samping tempat tidur. Kamu juga bisa menata ulang posisi furnitur di kamar tidur untuk membuat suasana baru dan menyediakan pojok khusus yang nyaman untuk beribadah.

Satu hal yang mungkin perlu kamu perhatikan adalah merapikan isi lemari. Tata kembali pakaian kamu di dalam lemari, termasuk sepatu dan alas kaki lainnya. Selama bulan Ramadan kamu mungkin akan lebih sering mengenakan pakaian muslim atau gamis dan kerudung, jadi sudah saatnya kamu menyiapkan segala busana muslim yang kamu punya.

Nah, kalau misalnya kamu tipe orang yang susah bangun pagi, kamu harus menyiapkan alarm untuk membantu kamu bangun waktu sahur. Jangan sampai kamu melewatkan sahur karena telat bangun.

Area Kamar Mandi

article image

Image source: informazone.com

Salah satu area rumah yang wajib banget kamu bersihkan selama bulan Ramadan adalah kamar mandi. Jangan sampai kamu melewatkan ruangan ini. Lakukan pembersihan secara rutin sebab tolak ukur kebersihan pemilik rumah dilihat dari kebersihan kamar mandinya.

Kalau kamu menggunakan bak mandi di kamar mandi, ingatlah untuk mengurasnya setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk. Jangan lupa untuk membersihkan gayung mandi. Gosok pula seluruh lantai kamar mandi sampai bersih, terutama untuk kamar mandi basah. Kalau tidak rutin dibersihkan kamar mandi kamu akan gampang berlumut.

Kamu juga harus rutin mengelap cermin dan membersihkan wastafel agar tetap kinclong. Periksa perlengkapan mandi seperti gayung, gantungan handuk, sabun mandi, sampo dan lain-lain. Pastikan semua dalam kondisi baik dan kamu masih punya sabun mandi, sampo dan pasta gigi yang cukup.

Supaya kamar mandi tidak bau, kamu bisa meletakkan pengharum ruangan agar kamar mandi terasa lebih segar. Kalau sudah bersih dan wangi, tamu yang ingin meminjam kamar mandi pun juga menjadi nyaman.

Area Musholla

article image

Image source: propertyinside.id

Kalau kamu memiliki ruangan khusus untuk sholat di rumah, makan kamu perlu membersihkannya secara rutin selama bulan Ramadan. Supaya ibadah semakin nyaman, bersihkan musholla secara menyeluruh.

Kamu perlu mencuci karpet dan alat-alat sholat. Sediakan alat-alat sholat yang sudah dicuci untuk dipakai. Ganti alat-alat sholat dan vakum karpet secara rutin agar bersih dari debu.

Apabila kamu memiliki area wudhu, jangan lupa untuk menyikat lantainya untuk menghilangkan lumut. Tempat ibadah yang bersih tentu akan membuat ibadah menjadi lebih tenang.


Nah, itu tadi area rumah yang wajib banget kamu bersihkan selama bulan Ramadan. Lakukan kegiatan bersih-bersih secara berkala agar acara berkumpul dengan keluarga menjadi lebih nyaman. Jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: pinterest.com