6 Peralatan MPASI Wajib Punya

Mommies, si kecil sudah usia 6 bulan? Ini berarti ia sudah siap untuk masuk tahap MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Selama 6 bulan pertama kehidupannya ia hanya mengonsumsi ASI atau susu formula, kini sudah saatnya untuk memperkenalkan makanan sebagai sumber tambahan gizinya.

BACA JUGA:
Resep MPASI 6 Bulan untuk Seminggu Awal Tahap Makan Bayi

Tahapan ini bisa menjadi suatu peristiwa yang penting untuk para orangtua, terutama ibu. Diperlukan berbagai persiapan agar semuanya berjalan lancar dan si kecil mau makan. Karena masih pertama kali memberikan makan, maka diperlukan beberapa perlengkapan MPASI khusus. Apa saja, sih? Catat ya, Mom, ini 6 peralatan wajib punya ketika bayi memasuki usia MPASI.

High Chair atau Booster Seat

article image

source: parenting.com

Untuk melatih disiplin saat makan, sebaiknya Anda selalu membiasakan anak duduk di high chair sejak awal memulai MPASI. Ada dua jenis kursi khusus bayi yang bisa ditemui, yaitu high chair dan booster seat. Pilihan ada di tangan Anda, mana yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan bayi.

Baby Bib (Celemek)

article image

source: momtastic.com

Karena masih dalam tahap belajar makan, pasti akan ada makanan yang tercecer. Untuk menghindari baju jadi kotor saat makan, Anda perlu memberikannya baby bib atau celemek. Ada berbagai baby bib yang dapat dipilih, dari yang berbahan silikon dan mudah dibersihkan, berbahan kain, hingga disposable bib yang cocok dibawa untuk travelling.

Untuk keperluan si kecil, momies bisa berkunjung ke beberapa rekomendasi toko bayi berikut ini:

Brands

Peralatan Makan

article image

source: photobucket.com

Siapkan peralatan makan khusus untuk bayi, seperti piring, mangkuk, sendok garpu, dan gelas. Selain memilih warna dan gambar yang menarik perhatian, pilih juga yang sudah BPA (Bisphenol A) Free untuk menghindarkannya dari logam yang berbahaya.

Baby Food Maker

article image

source: photobucket.com

Memasak makanan bayi bisa cukup merepotkan, maka Anda memerlukan baby food maker. Peralatan MPASI ini dapat digunakan untuk menghaluskan, mengukus, menyairkan makanan beku, dan menghangatkan dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang bekerja, bisa membeli slow cooker. Anda tinggal memasukkan semua bahan makanan pada malam hari, lalu paginya sudah matang dan siap untuk dihaluskan untuk bayi Anda.

Perlengkapan Dasar

article image

source: pigeon.com.sg

Pada tahap awal makan, bayi baru bisa mengonsumsi makanan dalam bentuk cair. Untuk itu Anda akan memerlukan perlengkapan dasar, seperti penumbuk, penyaring makanan, parutan, dan perasan jeruk. Agar lebih praktis, Anda bisa membelinya dalam satu paket yang banyak tersedia di toko perlengkapan bayi.

Kotak Penyimpanan

article image

source: thesweethome.com

Anda juga akan memerlukan beberapa kotak penyimpanan khusus. Perlengkapan ini akan bermanfaat untuk menyimpan stok MPASI, kaldu, atau bahan makanan lainnya dalam lemari pendingin. Anda hanya tinggal menghangatkannya saja saat akan memasak MPASI si kecil.

Pastikan Anda membeli peralatan MPASI buah hati Anda dengan merk yang sudah terpercaya. Pigeon, Baby & Kids, dan Mothercare bisa menjadi rekomendasi bagi Anda. Penuhi kebutuhan si kecil dengan harga miring hanya di GoToMalls.com!

Malls


Brands