Unik dan Berbeda, Beginilah Perayaan Hari Ibu Sedunia di Berbagai Negara

Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember dan menjadi hari spesial bagi para Ibu di Indonesia. Ternyata Hari Ibu tidak hanya diperingati di Indonesia saja. Berbagai negara di seluruh dunia juga memiliki tradisi memperingati Hari Ibu sedunia dengan sejarah dan tanggal yang berbeda-beda. Penasaran dengan perayaan Hari Ibu sedunia di negara lain? Mari simak ulasan peringatan Hari Ibu sedunia di berbagai negara berikut ini.

1. Amerika Serikat

article image

Image source: thejournal.ie

Hari Ibu di Amerika Serikat dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Peringatan Hari Ibu di negara superpower ini memiliki sejarah panjang. Satu abad yang lalu, tokoh perempuan Ann Jarvis terinspirasi oleh penyair Julia Howe yang memproklamasikan Hari Ibu sebagai bentuk aksi perdamaian.

Pada masa perang dunia, Ann Jarvis mengajak perempuan agar bekerja untuk sanitasi yang baik dan gerakan ini disebut dengan Hari Kerja Ibu. Hari Minggu dipilih karena dianggap sebagai hari suci. Perjuangan Ann Jarvis kemudian dilanjutkan oleh sang putri, yakni Anna Jarvis yang membagikan 500 tangkai bunga anyelir kepada para ibu yang ada di gereja ibunya setiap hari Minggu kedua di bulan Mei.

Kegiatan yang dilakukan Anna Jarvis itu pun akhirnya menjadi tradisi di Amerika Serikat untuk memperingati Hari Ibu dengan bunga anyelir. Kebanyakan para ibu tidak diperbolehkan untuk bekerja dan memasak saat Hari Ibu di Amerika Serikat.

2. Australia

article image

Image source: clarety.community

Sama seperti di Amerika Serikat, peringatan Hari Ibu di Australia juga dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Di Australia Hari Ibu sedunia dirayakan secara besar-besaran, toko penjual cendera mata dan pusat-pusat perbelanjaan akan lebih ramai dari biasanya oleh pengunjung yang ingin membeli hadiah untuk ibu, nenek, tante atau wanita yang pernah menjaga mereka saat kecil.

Orang Australia akan merayakan Hari Ibu dengan kumpul bersama keluarga dan memberikan hadiah sebagai bentuk rasa terima kasih pada Ibu. Ada pula yang merayakannya dengan piknik keluarga, jalan santai hingga penggalangan dana untuk penderita kanker payudara. Penjualan kartu ucapan juga melonjak drastis lho, saat Hari Ibu di Australia!

3. Inggris

article image

Image source: express.co.uk

Di Inggris Hari Ibu disebut Mothering Sunday yang dirayakan pada hari Minggu tiga minggu sebelum paskah, kira-kira pada pertengahan Maret atau awal April. Umumnya Hari Ibu di Inggris menjadi momen spesial seorang anak akan pulang dari perantauan untuk mengunjungi ibu.

Dahulu banyak anak yang merantau ke kota lain di usia yang masih sangat muda untuk bekerja. Itulah sebabnya Mothering Sunday identik dengan momen anak-anak yang pulang ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya anak-anak akan pergi ke gereja yang dekat dengan tempat tinggal ibunya.

Kebiasaan 'mudik' di Hari Ibu pun masih dilakukan hingga saat ini. Bahkan saat Mothering Sunday para pekerja boleh libur untuk mengunjungi orang tua. Mereka biasanya akan membawa cokelat atau bunga sebagai hadiah untuk ibu, termasuk ibu tiri, ibu mertua dan nenek.

4. Irlandia

article image

Image source: evoke.id

Kebanyakan negara barat merayakan Hari Ibu sedunia pada minggu kedua bulan Mei. Namun lain halnya dengan Irlandia yang memperingati Hari Ibu sedunia pada minggu keempat bulan Desember.

Sejarah peringatan Hari Ibu di Irlandia memiliki kisah yang begitu dalam. Dahulu banyak anak di Irlandia yang harus berpisah dengan ibu mereka untuk bekerja di rumah-rumah orang kaya sebagai pembantu. Mereka harus tinggal berjauhan dengan sang ibu.

Ketika Hari Natal tiba, anak-anak ini pun pergi beramai-ramai ke gereja. Sepulang dari gereja mereka mengunjungi ibu mereka di desa dengan membawa bunga yang dipetik pada saat perjalanan pulang.

5. Meksiko

article image

Image source: fundacionucol.org

Hari Ibu di Meksiko disebut dengan Dia Des Las Madres dan dirayakan setiap tanggal 10 Mei. Peringatan Hari Ibu di Meksiko dilakukan dengan meriah. Semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk sang ibu. Virgin sendiri merupakan simbol dari ibu.

Saat Dia Des Las Madres, Meksiko juga menyediakan makanan bagi seluruh ibu, di mana momen ini disebut dengan tamale dan atole. Anak-anak biasanya akan memberikan hadiah berupa bunga dan anak yang dewasa atau sudah bekerja akan memberikan hadiah yang paling mahal untuk ibu mereka.

6. India

article image

Image source: rawpixel.com

India memiliki banyak versi Hari Ibu, ada yang merayakannya seperti tradisi barat pada Minggu kedua di bulan Mei, ada yang merayakan pada 22 Desember dan ada pula yang merayakannya selama 10 hari penuh di bulan Oktober. Yang paling unik adalah tradisi umat Hindu di India yang melakukan festival Pujha Durga sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Durga sebagai ibu alam semesta.

Saat momen Hari Ibu, anak-anak akan memanjakan ibu mereka di mana semua tugas ibu akan diambil alih oleh anak. Toko-toko di India juga akan mengadakan diskon besar-besaran untuk kain sari atau perhiasan untuk pengunjung yang ingin membeli hadiah.

7. Jepang

article image

Image source: livejapan.com

Pada periode Showa, Hari Ibu di Jepang dirayakan setiap tanggal 6 Maret sebagai bentuk penghormatan kepada Putri Mahkota Kojun, ibunda dari Kaisar Akihito. Namun kemudian masyarakat Jepang mengikuti tradisi negara barat yang merayakan Hari Ibu pada Minggu kedua di bulan Mei.

Hari Ibu di Jepang juga identik dengan bunga anyelir yang diyakini sebagai simbol dari ibu. Tidak mengherankan bila harga bunga anyelir akan melambung tinggi saat Hari Ibu. Selain memberi bunga anyelir untuk ibu, keluarga di Jepang juga melakukan doa bersama. Restoran-restoran juga akan penuh pengunjung yang makan bersama keluarga.

Baca juga artikel tentang Jepang lainnya di bawah ini:

Articles

8. Thailand

article image

Image source: eilireland.org

Hari Ibu di Thailand diperingati setiap tanggal 12 Agustus yang merupakan hari lahir Ratu Thailand, yakni Queen Shirikit. Perayaan Hari Ibu di Thailand secara nasional juga meriah dengan digelarnya konser dan parade. Namun semua itu diawali dengan memberi sedekah kepada para biarawan dan upacara penerangan lilin.

Anak-anak juga akan memberi hadiah berupa bunga melati yang dianggap sebagai tanda suci kasih ibu. Tempat-tempat umum di Thailand akan dihiasi dengan lampu, dekorasi dan potret Ratu Shirikit. Tidak ketinggalan pula ada pesta kembang untuk memeriahkan Hari Ibu.

9. Indonesia

article image

Image source: blibli.com

Tanggal 22 Desember resmi menjadi Hari Ibu Nasional di Indonesia setelah ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959. Pada masa perjuangan dahulu, perempuan Indonesia menjadikan momen Hari Ibu sebagai semangat kebangkitan perempuan Indonesia agar bisa bergerak sebagaimana pria.

Di masa kini, perayaan Hari Ibu di Indonesia lebih bersifat personal. Anak-anak akan mengungkapkan rasa cinta pada sang ibu dengan memberi hadiah khusus atau melakukan sesuatu yang spesial untuk ibu mereka. Umumnya Hari Ibu di Indonesia juga diramaikan dengan berbagai ajang seperti lomba memasak yang diikuti oleh para ibu atau tim yang terdiri dari ibu dan anak.


Meskipun dirayakan pada tanggal dan tradisi yang berbeda-beda di setiap negara, esensi dari peringatan Hari Ibu sedunia tetaplah sama. Di momen spesial ini anak-anak berkesempatan untuk mengungkapkan rasa sayang pada ibu mereka. Pada dasarnya Hari Ibu merupakan sebuah bentuk penghargaan untuk para ibu hebat di seluruh dunia yang telah mencurahkan waktu dan energi mereka dalam banyak hal. Selamat Hari Ibu!

Belum punya kado untuk ibu? Cek saja Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: pexels.com