Perkembangan Handphone dari Masa ke Masa

Ponsel atau telepon genggam yang banyak kita kenal saat ini telah ada sejak 20 tahun terakhir. Khususnya ponsel pintar yang sudah menjadi “sahabat” tak terpisahkan manusia

Ponsel pertama kali ditemukan pada awal 1940-an ketika insinyur yang bekerja di AT&T megembangkan stasiun pangkalan ponsel. Ponsel pertama sebenarnya bukanlah telepon genggam, melainkan radio dua arah.

Lambat laun ponsel berevolusi. Dari yang awalnya hanya dua arah dan tidak bisa dibawa kemana-mana kini menjadi ponsel pintar dengan berbagai fitur tambahan. Pertumbuhan ini begitu dramatis menjadi pusat informasi dan komunikasi mendasar bagi kehidupan modern.

Tapi bagaimana perjalanan evolusi ponsel bisa secanggih saat ini? Berikut ini ringkasan perkembangan handphone dari masa ke masa.

1. 1983 - 1990

article image

Image source: detik.com

Pada tahun 80-an ponsel portable pertama mulai muncul dalam bentuk Motorola DynaTAC 8000X. Ponsel ini dijual dengan harga 4.000 dollar atau setara Rp 5 jutaan di masa sekarang. Harga yang cukup tinggi tentu saja.

Ponsel ini begitu menggiurkan bak simbol status sosial sangat tinggi pada masa itu. Dua tahun kemudian panggilan telepon seluler pertama di Inggris dilakukan.

Pada tahun 1989 Motorola mulai mengembangkan bentuk DynaTAC dengan penutup keyboard lipat dan menetapkan standar ponsel flip pertama. Tipe ini muncul dengan nama Motorola DynaTAC 9800X.

Ponsel genggam pertama ini hanya memiliki satu fitur saja, yakni panggilan seluler.

2. 1991 - 1994

article image

Image source: researchgate.net

Satu dekade berlalu, perkembangan ponsel pun semakin terlihat. Model dan teknologi handphone semakin ditingkatkan demi kenyamanan pengguna.

Pada era itu Motorola mengeluarkan seri MicroTAC, dimana ponsel ini tidak hanya bisa digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon bisnis saja. Semakin berkembang, di tahun 1992 ponsel mulai berevolusi dan dapat mengirimkan pesan singkat atau SMS. SMS pertama di dunia adalah ucapan Selamat Natal di Amerika Serikat.

Pada tahun itu juga ponsel mulai diproduksi massal dan membuka jalan bagi semua konsumen yang ingin berkomunikasi jarak jauh. Nokia termasuk ponsel pertama yang memanfaatkan transisi ini dengan lahirnya Nokia 1011.

3. 1995 - 1998

article image

Image source: ngonoo.com

Ponsel generasi berikutnya menawarkan perubahan warna layar tidak hanya hitam-putih. Salah satu yang muncul dengan 4 warna menariknya adalah Siemens S10.

Perangkat ini semakin berkembang hingga pada tahun 1997 banyak ponsel yang mulai meninggalkan antena eksternal. Kustomisasi juga mulai dilakukan besar-besaran, Ericsson menawarkan ponsel keyboard depan berwarna yang dapat ditukar.

Tahun berikutnya Nokia meluncurkan serangkaian penutup baru “Xpress-on” yang dapat diganti-ganti pada seri 5100. Hal ini menjadikan Nokia sebagai ponsel berorientasi mode pertama. Fiturnya pun mulai dikembangkan, panggilan, SMS, layar warna, email, dan mode getar.

4. 1999 - 2002

article image

Image source: gsmarena.com

Pada 1999 Nokia meluncurkan 7110 yang merupakan perangkat pertama dengan manfaat WAP (sarana mengakses informasi melalui jaringan nirkabel bergerak). Setahun kemudian, Sharp menyusul dengan mengeluarkan ponsel kamera pertama di dunia, J-SH04.

Ponsel langka tersebut hanya dijual di Jepang dan tentu saja banyak diburu oleh semua kalangan. Kemunculannya menandai dimulainya obsesi publik dengan fotografi telepon.

Baru di tahun 2002 Sony Ericsson meluncurkan T68i dengan kamera clip-on. Produk ini kemudian begitu dilirik di pasar barat. Orang-orang pun mulai tertarik pada ponsel kamera.

Kali ini fiturnya begitu menggiurkan. Mulai panggilan, SMS, email, internet nirkabel, navigasi, kamera foto dan video, nada dering yang bervariasi, musik, bluetooth, memori, dan MMS.

5. 2003 - 2006

article image

Image source: pricesinn.com

Kecanggihan teknologi memang patut diacungi jempol. Tidak perlu waktu lama, ponsel pun berevolusi dengan mengimplementasikan jaringan 3G yang menawarkan kecepatan download hingga 2 mb s pada Maret 2003. Layanan pertama dilakukan di Inggris.

Pada waktu itu pun Blackberry mulai populer. Pada perangkat Sony kamera depan mulai muncul dan orang menjadi lebih tertarik.

Fiturnya mulai pun berkembang menambah wifi, ponsel tahan air, dan penjelajahan web.

6. 2007 - 2010

article image

Image source: ifixit.com

Smartphone, mungkin kata itulah yang benar-benar menggambarkan perkembangan ponsel pada masa tersebut. Produsen ponsel mulai menggeser keyboard tombol tradisional menjadi layar sentuh.

Perubahan ini terjadi pada LG Prada yang meluncurkan ponsel layar sentuh pertama dan dipasarkan sebelum iPhone pada Mei 2007. Namun Apple terbukti memiliki merek lebih kuat dan teknologi unggul dengan layar sentuh yang lebih kapasitif.

7. 2011 - 2014

article image

Image source: filabella.com

Pada tahun itu, smartphone menjadi sangat penting bagi kehidupan modern. Ponsel pintar tidak hanya menawarkan fitur komunikasi saja.

Layanan 4G pertama di Inggris diluncurkan di 11 kota pada tahun 2012 dengan kecepatan unduh hingga 12 mbps. Era itu pula Google Voice mulai dikenal sebelum Apple meluncurkan Siri.

Samsung tak mau ketinggalan, perangkatnya bahkan mampu memonitor detak jantung. Kecanggihan ini ada pada Samsung Galaxy S5 yang mengangkat campaign pertumbuhan kesehatan dan kebugaran.

8. 2015 - 2018

article image

Image source: digitaltrends.com

Adopsi global 4G begitu pesat di pasaran. Smartphone kini sudah meningkatkan kemampuan untuk streaming video dan panggilan video.

Ukuran layarnya pun terus bertambah dengan memaksimalkan fitur terbaru. iPhone mulai mengembangkan fitur pembayaran digital dengan Apple Pay dan Android pun muncul dengan Android Pay. Kemudahan ini memungkinkan pengguna membeli barang hanya dengan smartphone mereka.

Sistem keamanannya pun semakin canggih. Ponsel bisa dibuka dengan mengidentifikasi sidik jari, sensor wajah, hingga mata.

9. Sekarang

article image

Image source: gsmarena.com

Saat ini dunia serasa dalam genggaman dengan smartphone. Layanan 5G pertama kali muncul di Inggris pada Mei 2019. Jaringan generasi kelima ini menjanjikan kecepatan dan keandalan data yang jauh lebih unggul. Tentu saja streaming video beresolusi tinggi dan game seluler makin lancar.

Bahkan kini teknologi ponsel semakin mencengangkan. Layar ponsel dirancang penuh tanpa titik dengan menggunakan tren pop-up kamera. Revolusi ini memungkinkan pengguna menikmati tampilan layar seutuhnya tanpa ada gangguan.

Pun kini ponsel pintar masih terus dikembangkan. Teranyar, generasi ponsel lipat mulai menjamur dan diburu penikmat gadget.

Itu tadi 9 evolusi perkembangan handphone dari masa ke masa. Ponsel genggam pertama memang muncul di tahun 1983 namun panggilan telepon seluler pertama terjadi pada tahun 1973 yang dilakukan oleh Dr Martin Cooper, karyawan Motorola di New York.

Malls

Articles

*Featured Image Source: 123rf.com