Resep Seblak Mie

Seblak merupakan salah satu makanan khas Bandung. Makanan dengan citra rasa khas pedas dengan rasa kencur yang khas ini sudah jadi primadona.

Sekilas, wujud seblak mirip kerupuk godok dengan rasa pedas manis dengan aroma kencur. Kini varian seblak sudah semakin banyak. Misalnya seblak mie.

Varian yang satu ini banyak digemari dan cukup mudah untuk dibuat. Penasaran? Ini dia resep dan cara membuat seblak mie sendiri di rumah.

1. Bahan

Sebelum mulai memasak mari kita siapkan bahan seblak mie dulu. Menu yang satu ini bisa dimakan 3-4 orang ya.

Bahan isian:

● 3 bungkus mie telor isi 2

● 5 buah sosis ayam potong sesuai selera

● 2 ikat pokcoy potong sesuai selera

● 6 buah bakso potong sesuai selera

● 3 butir telur ayam

● 1 buah tomat

● Secukupnya daun bawang

Bahan bumbu:

● 8 siung bawang merah

● 4 siung bawang putih

● 2 butir kemiri

● 4 ruang jari kencur

● 9 buah cabai rawit (atau sesuaikan sesuai selera dan tingkat kepedasan)

● 3 buah cabai merah

● 3 sdm saos sambal

● 1/2 sdm gula pasir

● 1/2 sdm garam

● 1 sdt penyedap/ kaldu jamur

● Lada secukupnya

● 1 sdm minyak

● 700 ml air

2. Cara Membuat

article image

Image source: idntimes.com

Pertama-tama kamu bisa rebus mie ke dalam panci. Masak hingga setengah matang. Angkat, lalu tiriskan. Jangan terlalu lama karena mie ini nantinya masih akan dimasak lagi bersama dengan bumbu seblak lainnya.

Kemudian haluskan semua bumbu; cabai rawit, cabe merah, bawang merah, bawah putih, kencur, dan kemiri. Setelah halus, tumis semua bumbu dalam wajan panas sampai tercium aroma wangi. Setelah warna bumbu mulai kuning, masukkan 700 ml air.

Tunggu air mendidih kemudian masukkan bumbu lainnya, seperti gula, garam, lada, saos, dan penyedap. Aduk-aduk hingga merata kemudian masukkan 3 butir telur. Aduk telur sampai pecah dan membentuk butiran.

Masukkan sayuran yang sebelumnya sudah dipotong dan dibersihkan. Jangan lupa untuk memasukkan sosis dan bakso. Tunggu beberapa detik sampai pokcoy mulai layu kemudian masukkan mie yang sudah direbus. Jangan lupa cek rasanya ya. Jika kurang gurih atau kurang pedas kamu bisa menambahkan bumbu sesuai selera.

Sambil menunggu matang, masukkan satu buah tomat yang sudah dipotong. Jika sudah matang dan air mulai menyusut, matikan api lalu angkat. Tuangkan dalam mangkok lalu jangan lupa taburi daun bawang yang sudah dibersihkan dan dipotong tipis sebagai garnish.


Itu tadi cara membuat seblak mie homemade. Resep ini juga bisa jadi ide jualan. Yuk coba praktikan resep simpel ini di rumah. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: inews.com