Inilah 8 Kebutuhan Bayi Baru Lahir Paling Mendasar dan Harus Disiapkan

Ketika proses menunggu kelahiran bayi tiba, para orang tua ada yang merasa gelisah, ada yang merasa bingung dan berbagai perasaan bercampur. Begitu juga dalam mempersiapkan perlengkapan untuk si bayi dan ibu. Perlengkapan ini memang menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk menyiapkannya supaya nanti ketika bayi sudah lahir semuanya bisa diambil dengan mudah tanpa harus gabut untuk membelinya kesana-sini. Nah, bagi pasutri yang masih bingung dengan hal ini, berikut ada 8 perlengkapan bayi baru lahir yang sangat penting untuk disiapkan sebelum hari proses persalinan tiba.

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Kain Bedong

article image

Source image : bukalapak

Benda ini merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk disiapkan bahkan sebelum bayi lahir ke dunia karena nantinya kain bedong ini akan selalu digunakan untuk membalut tubuh bayi. Ukuran yang umum digunakan ialah sekitar 110 cm x 90 cm namun jika menginginkan kain bedong yang lebih lebar juga boleh. Untuk jumlahnya sebaiknya disamakan dengan jumlah popok untuk bayi tersebut. Minimal kain bedong ini disiapkan sebanyak 12 pcs tetapi jika disediakan lebih dari jumlah minimal tentunya lebih baik.

Cek juga coupons penawaran terbaik Gotomalls yang bisa kasi kamu discount Rp 100.000 di Buccheri.

Kain Gurita Bayi

article image

Source image : mamibuy

Kain gurita ini biasa dipakai oleh seorang perempuan yang melahirkan di keluarga yang masih kental dengan kegiatan tradisionalnya. Kain gurita tentunya memiliki fungsinya tersendiri namun seorang ibu juga tidak boleh terlalu ketat mengikatkannya ke perut karena bisa berpengaruh pada sistem pencernaan dan pernafasan bayi. Penggunaan kain gurita ini bagi yang belum pernah menggunakannya sama sekali boleh berkonsultasi dulu dengan dokter ahli sehingga tidak terjadi masalah dikemudian hari. Untuk jumlah penyediaannya minimal 12 pcs juga.

Baju Bayi

article image

Source image : tokopedia

Benda ketiga yang perlu disiapkan ialah baju untuk bayi baru lahir dimana terbagi menjadi dua jenis yaitu bayu dengan lengan yang panjang dan baju yang lengannya pendek. Minimal jumlah baju bayi yang disiapkan sama dengan minimal jumlah kain bedong yang berjumlah 12 pcs. Dua baju ini memiliki fungsi masing-masing dimana baju berlengan panjang untuk dipakaikan kala cuaca dingin tiba sedangkan baju lengan pendek dipakaikan ketika siang hari atau ketika cuaca sedang panas-panasnya. Baju ini tentunya harus diganti ketika sudah kotor misalnya terkena muntahan bayi ataupun jika bayi tersebut mengeluarkan keringat berlebih.

Kamu harus cek beberapa rekomendasi promo untuk keperluan Bayi baru kamu sebelum kamu belanja ke mall favorit kamu.

Celana Bayi

article image

Source image : aliexpress

Setelah menyediakan baju untuk bayi maka celana juga perlu disiapkan. Umumnya celana yang digunakan berbentuk celana pop yang didesain agar diapers yang digunakan bisa tertutup. Jumlah minimal yang sebaiknya disiapkan juga sebanyak 12 pcs. Selanjutnya ada celana panjang bayi model buntu yang tidak terdapat lubang kaki. Model ini sengaja dibuat berfungsi untuk menjaga kehangatan tubuh bayi dan dipakaikan ketika bayi membutuhkan rasa hangat. Minimal yang harus disiapkan juga 12 pcs namun jika lebih banyak lebih baik karena biasanya bayi sering mengganti-ganti celana akibat keseringan pipis.

Popok dan Diapers

article image

Source image : tokopedia

Popok bayi juga menjadi hal yang sangat penting dikarenakan bayi baru lahir belum bisa ke kamar mandi sendiri untuk mengeluarkan air kecil dan pup. Bayi juga belum bisa bilang kapan dia mau pup tetapi langsung saja dia pup tidak peduli saat itu sedang melakukan apa atau sedang berada dimana. Untuk menghindari dan melindungi bagian yang lain ketika bayi ini mengeluarkan kotoran, maka digunakanlah popok. Popok ini perlu disiapkan dengan jumlah yang lebih banyak dari jumlah kain bedong, gurita bayi ataupun baju bayi yaitu sekitar 3 lusin.
Diapers fungsinya hampir sama dengan fungsi popok yaitu sebagai penampung sementara kotoran bayi. Bedanya diapers ini bisa dibuka tutup tidak seperti celana. Penggunaan diapers sangat baik di malam hari ketika sedang hujan dan cuaca dingin dimana bayi akan pipis dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Sehingga dengan buka tutup tadi para orangtua bisa menggantinya dengan mudah dan bayi pun bisa tidur dengan nyaman. Namun bagi bayi yang mengalami iritasi ketika memakai diapers maka orang tua bisa memakaikannya secukupnya saja.

Selimut Bayi

article image

Source image : lazada

Bukan saja anak remaja, orang dewasa dan orang tua saja yang membutuhkan selimut namun bayi juga butuh selimut apalagi ketika cuaca sedang dingin-dinginnya. Selain itu, selimut juga berfungsi untuk perlindungan tubuh bayi dari cuaca dan angin luar rumah ketika bayi dibawa bepergian. Selimut yang digunakan sebaiknya yang benar-benar memiliki kualitas yang bagus yang lembut sehingga bayi bisa tertidur dengan lelapnya. Untuk ukuran selimut tentunya lebih kecil bahkan bisa dibilang sangat kecil dibandingkan selimut orang dewasa.

Cek juga beberapa rekomendasi brand yang bisa jadi tempat kamu beli perlengkapan untuk Bayi tercinta dengan kualitas terbaik.

Brands

Sarung Tangan dan Kaos Kaki

article image

Source image : bukalapak

Perlengkapan point ke-6 ini juga sangat penting bagi bayi baru lahir karena fungsinya untuk menjaga kehangatan tubuh dan kenyamanan bayi. Kaos kaki lebih fokusnya untuk kehangatan bagian kaki bayi sedangkan sarung tangan fokusnya kehangatan bagian tangan si bayi. Sarung ini juga bermanfaat melindungi kulit bayi dari cakaran kukunya sendiri dan perlu disiapkan minimal masing-masing 12 pcs dengan kualitas yang bagus tentunya untuk hasil yang lebih baik. Dengan adanya koas kaki dan sarung tangan maka bayi akan merasakan kenyamanan di dalam tidurnya.

Botol Susu Lengkap dengan Alat Steril

article image

Source image : olx

Botol susu bayi atau dikenal juga dengan botol dot yaitu suatu wadah yang digunakan untuk memberikan susu kepada bayi. Memang sebenarnya memberikan ASI langsung dari ibunya adalah lebih baik bagi bayi dibandingkan memberikan susu formula atau sejenisnya. Namun sebagian orang tua tidak bisa menyusui bayinya disebabkan faktor tertentu sehingga diberikan susu agar kebutuhan gizi bayi terpenuhi. Nah, susu ini biasanya diberikan dalam wadah yang disebut botol dot. Botol dot dibersihkan dengan alat steril dot tersebut.

Itulah 8 benda perlengkapan bayi baru lahir yang perlu disiapkan sebelum hari kelahiran bayi tiba. Meskipun ada beberapa benda lain yang juga penting, namun di artikel ini cukup ini saja dulu. Selamat berusaha menyiapkan dan berbahagia untuk kelahiran bayinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Oh ya, jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Disini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!

Malls

Brands