7 Makanan Khas Bekasi Wajib Coba

Bekasi dikenal sebagai salah satu Kota Satelit Ibu Kota yang berfungsi menjadi daerah penunjang sekaligus menjembatani akses menuju Jakarta. Sebagai penunjang kota besar, tentu saja di sini terdapat sejumlah daya tarik yang tidak kalah istimewa untuk ditelusuri. Walaupun sering diejek karena lokasinya yang konon berada di ‘ujung dunia’, Kota Bekasi punya kuliner khas yang pantang untuk dilewatkan! Penggila kuliner, berikut 7 makanan khas Bekasi:

Gabus Pucung

article image

Image source: zonamakan.com

Gabus pucung atau dikenal juga gabung pucung diolah dari bahan baku ikan gabus dengan siraman kuah hitam. Cara memasak Gabus Pucung mirip dengan cara memasak sayur ikan biasa, hanya saja ada tambahan pucung atau keluwek sebagai pewarna kuah.

Kalau kamu ingin mencicipi Gabus Pucung khas Bekasi, salah satu tempat rekomendasinya adalah Rumah Makan Udin Kombo yang berlokasi di kawasan Harapan Indah. Selain itu, ada satu tempat lagi yang tidak kalah populer dengan menu Gabus Pucungnya, yaitu Pondok Gabus Lukman di Jalan Jenderal Sudirman, samping kompleks GOR Bekasi.

Kue Sagon

article image

Image source: zonamakan.com

Kue sagon cocok dijadikan camilan oleh-oleh dari Bekasi. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang disangrai. Adonan kue kemudian dicampur dengan parutan kelapa, inilah yang menjadi ciri khas Kue Sagon. Bentuk kue biasanya dicetak membentuk persegi panjang atau bundar pipih. Kue Sagon paling pas dihidangkan sebagai makanan pendamping kopi atau teh panas.

Bandeng Rorod

article image

Image source: javatravel.net

Bandeng Rorod merupakan olahan ikan bandeng isi tanpa duri. Dahulu, masyarakat Betawi sering menjadikan Bandeng Rorod untuk hidangan pada momen-momen khusus. Tapi kini, Bandeng Rorod sudah menjadi ikon oleh-oleh khas Bekasi. Salah satu produsen Bandeng Rorod terbaik di Bekasi adalah Bandeng Rorod Mpok Omah khas Bekasi di Perumnas 3, Jalan Maluku Raya.

Bandeng Rorod sekilas mirip seperti bandeng presto, hanya saja di dalamnya tidak terdapat duri atau tulang. Itu karena duri dan tulang ikan sudah ditarik paksa yang dalam bahasa Betawi disebut di-rorod.

Kue Duit

article image

Image source: javatravel.net

Makanan khas Bekasi yang satu ini berbentuk bulat pipih menyerupai kepingan logam, maka dari itu dinamakan “Kue Duit”. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan dan kelapa parut dengan proses pembuatan seperti membuat kerupuk. Tepung atau beras ketan akan direndam sebelum digiling, lalu dicampur kelapa parut dan garam, sedikit air, kemudian dikukus.

Lebih lanjut, bahan adonan harus ditumbuk dan dijemur terlebih dahulu sebelum digoreng dan siap disajikan. Kue Duit rasanya gurih dan renyah, sangat cocok untuk camilan atau dijadikan pendamping bakso.

Kue Rangi

article image

Image source: traveloka.com

Salah satu makanan khas Bekasi ini sudah cukup populer, yaitu Kue Rangi. Kue ini terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dibentuk seperti pukis. Kue Rangi ini akan dipanggang terlebih dahulu sebelum dihidangkan dengan tambahan saus gula merah. Kue Rangi tidak hanya bisa dijumpai di Bekasi, tapi sudah terdapat di daerah lain di Indonesia.

Cita rasanya yang manis dan gurih membuat Kue Rangi banyak diminati oleh anak-anak. Penjual Kue Rangi biasanya membuat kue di tempat, sehingga kita bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Wajik Ketan

article image

Image source: detik.com

Hampir di setiap daerah selalu terdapat hidangan wajik ketan, tak terkecuali di Bekasi. Ciri khasnya yaitu terbuat dari campuran beras ketan dan gula merah, membuat cita rasanya manis gurih dengan tekstur empuk. Wajik ketan cocok dijadikan pilihan untuk oleh-oleh khas Bekasi, karena makanan ini sudah menjadi simbol silaturahmi. Tidak sulit untuk menemukan penjual wajik ketan kemasan ini di Bekasi.

Kue Dongkal

article image

Image source: kompas.com

Masyarakat asli Bekasi terdiri dari orang-orang Betawi dan Sunda, jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan beberapa makanan yang mirip seperti kuliner-kuliner khas Betawi atau Sunda, seperti Kue Dongkal ini contohnya. Di Jawa Barat, Kue Dongkal dikenal juga sebagai Awug, yaitu jajanan tradisional yang terbuat dari beras yang ditumbuk halus kemudian diisi dengan saus gula aren sambil dikukus.

Rasanya manis dan gurih, persis seperti ciri khas kuliner Sunda. Kue ini biasanya disajikan di atas daun kelapa atau pisang. Tidak sulit menemukan penjual Kue Dongkal di pinggir-pinggir jalan raya atau taman terbuka.


Itulah 7 makanan khas Bekasi yang bisa kamu cicipi! Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Articles

Malls

featured image source: Liputan6.com