Tips Agar Tidak Cedera Saat Berolahraga

Risiko mengalami cedera saat berolahraga bisa dialami siapa pun, bahkan untuk kalangan profesional sekalipun. Meski demikian, terdapat beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk mencegah cedera, mulai dari trik pemanasan hingga memilih atribut atau perlengkapan olahraga yang tepat.

Menurut Gerald Varlotta, pimpinan divisi Rehabilitasi Olahraga di New York University’s Hospital, ada beberapa hal umum yang bisa membuat seseorang mengalami cedera saat berolahraga.

Yang paling sering adalah frekuensi olahraga yang terlalu keras dan tanpa jeda sehingga melewati batas toleransi tubuh. Bisa juga karena kesalahan melakukan gerakan, posisi tubuh yang keliru, dan pilihan olahraga yang kurang cocok dengan kondisi fisik seseorang.

Untuk meminimalisir risiko cedera, simak tips berikut ini!

1. Jangan Lewatkan Pemanasan dan Pendinginan

article image

Image source: The Conversation

Setiap kali melakukan kegiatan fisik, terutama yang berkaitan dengan aktivitas olahraga, pastikan untuk selalu mengawalinya dengan serangkaian pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Pemanasan akan menstimulasi tubuh agar lebih siap untuk berolahraga. Secara bertahap aktivitas ini akan menaikkan detak jantung, mengendurkan otot dan persendian, serta melancarkan aliran darah.

2. Stretching

article image

Image source: cigna.com.hk

Setelah pemanasan di awal, lanjutkan dengan melakukan stretching atau peregangan otot. Baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Tips ini akan membantu jaringan otot kita berkontraksi sebelum ditempa dengan gerakan-gerakan berat, hal ini akan meminimalisir resiko cedera dengan efektif. Lakukan serangkaian gerakan peregangan mulai dari bagian tungkai hingga otot-otot leher. Tahan masing-masing gerakan sekitar 20 detik sebelum berpindah ke bagian tubuh lainnya.

3. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

article image

Image source: Dreamstime.com

Setiap jenis olahraga memiliki perlengkapan yang telah disesuaikan dengan kebutuhannya. Hal ini bukan sekadar untuk mendukung performa, tapi juga faktor keamanan agar terhindar dari resiko cedera. Mulai dari sepatu, pelindung kepala/helm, kacamata khusus, pelindung siku dan lutut, dan sebagainya. Pilihlah perlengkapan yang memang dikhususkan untuk jenis olahraga tersebut. Pastikan juga peralatan yang kamu pakai masih dalam kondisi layak dan berfungsi dengan baik.

4. Cross-Train

article image

Image source: beachbodyondemand.com

Sesekali kamu bisa melakukan variasi latihan dengan melatih otot-otot secara bergiliran. Terlalu sering melatih satu set otot dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan cedera berulang, seperti cedera tulang kering dan tendinitis.

5. Jangan Memaksakan Diri Melewati Batas

article image

Image source: CNN

Di tengah-tengah berolahraga, tubuh kita akan memberi sinyal untuk beristirahat saat dirasa energi dan performa mulai menurun. Ingat, tubuh kita selalu bekerja setiap harinya, dan jika ditambah dengan olahraga yang berlebihan, resiko cedera akan turut meningkat. Kamu perlu membuat jadwal olahraga, termasuk juga durasi untuk masing-masing sesi, agar tubuh mendapat waktu yang cukup untuk pemulihan.

6. Sesuaikan Jenis Olahraga dengan kondisi Tubuh

article image

Image source: elejungle.com

Salah satu cara tips ampuh untuk menghindari risiko cedera adalah dengan menyadari kondisi tubuh masing-masing. Pertama, kenali titik-titik terlemah pada tubuh kita. Lalu hindari jenis olahraga yang bisa memberikan tekanan kuat pada area tersebut. Bahkan, faktor usia pun sama-sama menjadi poin pertimbangan untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai. Jika kamu belum terbiasa berolahraga, mulailah dengan aktivitas-aktivitas ringan seperti jalan santai, bersepeda, atau senam aerobik.

7. Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan

article image

Image source: Ecobud.com.au

Baik sebelum, selama, atau sesudah berolahraga, kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi. Minumlah sekitar 2 sampai 3 gelas air putih beberapa jam jam sebelum mulai berolahraga. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan ringan atau camilan setiap 2-3 jam untuk mengontrol sumber bahan bakar yang dibutuhkan saat berolahraga.


Demikianlah beberapa tips untuk menghindari cedera saat berolahraga. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: CNN