Tips Mengatur Gaji Bulanan

Sudah jadi rahasia umum di kalangan pekerja bahwa godaan "hedon" sering menghantui dikala momen gajian tiba. Di sisi lain, kita dituntut untuk bijak dalam mengatur pengeluaran agar tetap bisa bertahan sampai akhir bulan.

Bukannya tidak boleh memberikan self reward untuk menghibur diri setelah bekerja keras sebulan penuh. Kalau cuma untuk jalan-jalan ke mall, nonton film, atau hangout ke tempat-tempat wisata terdekat, nampaknya tidak masalah.

Namun, semua itu akan jadi masalah besar jika tidak dikontrol. Oleh karenanya, kali ini Gotomalls akan membagikan beberapa tips mengatur gaji biar tahan sampai akhir bulan. Simak baik-baik, ya!

1. Buat Daftar Kebutuhan Bulanan

article image

Image source: Pilera.com

Prioritas utama dalam bertahan hidup adalah menjamin kebutuhan kita tercukupi. Oleh sebabnya, sebelum memikirkan keinginan, pastikan dulu semua kebutuhan bulanan tercukupi.

Kita hanya perlu membuat daftarnya, lalu kurangi gaji yang kita terima dengan jumlah total pengeluaran tersebut. Pastikan jumlahnya bersifat tetap, supaya tidak mengacaukan catatan keuangan pada bulan-bulan berikutnya, terkecuali jika ada kebutuhan mendadak.

2. Waspada dengan Pengeluaran Sehari-hari

article image

Image source: Facebook/Happy Online Shopping Srilanka

Waspada dengan pengeluaran-pengeluaran kecil yang seringkali kita anggap remeh, semisal jajan minuman/camilan, belanja barang-barang lucu di online shop, dan sebagainya. Kebiasaan seperti ini sering bikin kita enggak sadar sisa gaji sudah hampir terkuras habis.

Padahal, jika kita hitung cermat total pengeluaran tersebut, jumlahnya seringkali lebih besar berkali-kali lipat dari yang dikira. Maka dari itu, jangan mudah terlena oleh barang murah.

3. Pisahkan Penghasilan ke Rekening yang Berbeda

article image

Image source: Pinhome.id

Semua orang mungkin bisa bersepakat bahwa kebutuhan saja tidak cukup. Walau bagaimanapun, manusia tetap punya keinginan yang mesti dicapai. Untuk menyiasatinya, pisahkan penghasilan bulanan kamu, setidaknya ke dua rekening berbeda.

Rekening pertama bisa difungsikan untuk menyimpan anggaran kebutuhan primer, dan rekening lainnya khusus dipergunakan untuk keinginan/kebutuhan sekunder. Dengan begitu, kita bisa menimbang jelas "nyawa" yang tersedia untuk pengeluaran-pengeluaran berbeda.

4. Persiapkan Dana Darurat

article image

Image source: ldb.com.au

Memisahkan anggaran saja belum cukup, karena kita enggak pernah benar-benar tahu apa yang akan terjadi besok. Untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuknya, dana darurat harus selalu tersedia setiap saat.

Dana ini bisa kita kumpulkan dari sisa-sisa kembalian belanja atau sebagian kecil dari gaji bulanan, sekitar 3-5 persen dari totalnya. Simpan anggaran ini rapat-rapat dan jangan sampai diganggu-gugat. Gunakan rekening terpisah.

Dana darurat bisa jadi penolong sewaktu-waktu, seandainya kondisi keuangan tidak memungkinkan lagi untuk bertahan hidup.

5. Menyusun Rencana Pengeluaran

article image

Image source: abc.net.au

Tips berikutnya agar keuanganmu aman sampai akhir bulan adalah dengan menyusun rencana pengeluaran. Kalau kamu sudah tahu apa saja yang mau dibeli, meliputi kebutuhan primer dan sekunder, kamu akan lebih siap untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di bulan mendatang.

Tetap gunakan skala prioritas dalam menyusun rencana pengeluaran tersebut. Pertimbangkan juga kemungkinan-kemungkinan pengeluaran lain yang sekiranya perlu diantisipasi sejak dini.

6. Tabungan Jangka Panjang

article image

Image source: Forbes

Selain rekening terpisah untuk kebutuhan, keinginan, dan dana darurat, rekening khusus menabung juga mesti dibuat terpisah dari anggaran lainnya, terutama tabungan jangka panjang.

Kamu bisa pertimbangkan tabungan berjangka untuk hal ini. Tabungan berjangka adalah simpanan yang disetorkan oleh nasabah dengan periode waktu tertentu di mana jumlah uangnya bersifat tetap.

Pemilik tabungan tidak bisa sembarang menarik dana dari tabungan berjangka. Pihak bank akan mengenakan denda untuk penarikan dana sebelum jangka waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya tercapai.

Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Unsplash.com