Hal Paling Berkesan di Radio

Tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an radio masih menjadi media hiburan paling laris hingga akhirnya tergeser dengan televisi. Sayangnya kini sudah tidak banyak lagi orang yang mendengarkan radio.

Tapi tahukah kamu, jika ada hal-hal unik dan berkesan yang hanya bisa ditemukan di radio. Dan mungkin generasi 90-an mengalaminya.

1. Kirim Salam

article image

Image source: topcareer.id

Di saat keberadaan ponsel belum semarak saat ini, orang banyak memanfaatkan radio sebagai sarana kirim pesan untuk orang tersayang. Ada juga lho yang menyatakan cintanya lewat pesan radio.

Kirim pesan pada jaman itu biasa dilakukan dengan mengirim surat ke radio, telepon via nomor rumah, atau sms. Ya maklum lah ya, dulu belum ada WhatsApp jadi kirim pesan hanya terbatas dengan cara itu. Tapi rasanya spesial banget apalagi kalau pesan kita dibacakan penyiar.

2. Request Lagu

article image

Image source: thebalancecareer.com

Tidak seperti sekarang yang mana kalau kamu pengen denger musik tinggal putar Spotify atau YouTube. Anak generasi 90-an biasa request lagu di radio agar bisa dengar musik kesayangan.

Romantisnya lagi kita juga bisa request lagu untuk doi lho. Fasilitas request ini disediakan hampir di semua channel radio. Tidak hanya anak muda, yang tua pun juga bisa ikut request lagu favorit sesuai genre acara.

3. Curhat

article image

Image source: sindonews.com

Curhat sama ayang mungkin biasa, kalau sama penyiar radio pasti seru. Yup, era 90an sampai 2000an pendengar radio bisa lho curhat bareng penyiar. Beberapa channel radio biasanya punya acara dengan sesi curhat berasam penyiar. Ini sih salah satu momen paling seru, mengingat jaman dulu kan belum ada sosial media ya.

4. Sandiwara Radio

article image

Image source: kompas.id

Jauh sebelum ada sinetron, masyarakat era 80-90an biasa mendengarkan sandiwara via radio. Biasanya sih ceritanya bergenre kolosal seperti Misteri Gunung Merapi, Malin Kundang, dan cerita dongeng lainnya.

Sandiwara radio ini biasa on air setiap malam jadi teman tidur. Kalau sekarang mungkin seperti kita mendengarkan podcast ya.

5. Membayangkan Wajah Penyiar

article image

Image source: liputan6.com

Suara penyiar radio yang merdu dan keahlian cuap-cuapnya membuat pendengar kerap terhanyut hingga membayangkan bagaimana paras mereka. Suara merekalah yang membuat banyak pendengar tergila-gila hingga tidak sedikit yang mengirim makanan ke studio untuk mereka.

Kalau sekarang mungkin lebih gampang ya menemukan wajah penyiar radio karena sudah ada sosial media. Kalau dulu ya cuma bisa lihat ketika ada acara off air atau datang ke stasiun radio.

Sekarang meski radio masih ada namun 5 hal di atas sepertinya sudah jarang ditemukan. Bagaimana tidak kirim pesan sudah bisa langsung WA tanpa perantara, mau request lagu ya tinggal buka aplikasi pemutar musik, wajah penyiar pun sudah bisa ditemukan dengan gampang.

Kalian punya kenangan seru nggak dengan momen dengerin radio?

Malls

Articles

Featured Image Source: scholarshipguidance.com