7 Aplikasi Android Bisa Kamu Gunakan Untuk Melacak Lokasi Seseorang

Melacak keberadaan seseorang menggunakan bantuan teknologi canggih terdengar seru bukan? Di zaman sekarang teknologi pelacak lokasi sudah banyak diterapkan oleh banyak pihak, baik itu instansi pemerintahan, lembaga, perusahaan dan bahkan individu. Layanan semacam ini memang sangat membantu untuk mengatasi berbagai situasi yang tak terduga.

Tak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa menggunakan layanan ini, siapa pun bisa melacak lokasi seseorang hanya melalui perangkat smartphone! Buat kamu pengguna Android, kamu bisa coba 7 aplikasi dengan fitur berbagi lokasi berikut ini!

1. Glympse

article image

Image source: Glympse Support

Rekomendasi pertama adalah Glympse. Beberapa waktu ke
belakang aplikasi ini sempat menjadi salah satu aplikasi paling populer di Google Play Store. Glympse menawarkan fitur berbagi lokasi dengan teman dan keluarga secara cepat dan simpel.

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan langsung digunakan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengatur sendiri berapa lama waktu pembagian lokasi dilakukan, dan akses tersebut akan dihentikan secara otomatis setelah waktunya habis.

2. Sygic Family Locator

article image

Image source: technobezz.com

Aplikasi Sygic Family Locator juga tak jauh berbeda seperti Glympse, dengan fitur berbagi lokasi, aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk saling mengakses informasi lokasi secara real time. Sygic Family Locator juga memiliki fitur messaging untuk memudahkan pengguna berkomunikasi.

Fitur lain yang bisa kamu akses yaitu tombol SOS, fitur ini bisa digunakan jika seseorang hilang kontak atau tidak ada kabar dalam beberapa waktu. Kamu hanya perlu menekan tombol SOS, dan aplikasi akan secara otomatis melacak posisi mereka di peta.

3. Find My Friends

article image

Image source: The Verge

Kalau kamu sedang berusaha melacak keberadaan seseorang dengan nomor telepon atau alamat email, kamu bisa coba layanan Find My Friends! Perusahaan bernama Family Safety Production telah mewujudkan permintaan banyak orang yang sudah lama dinantikan ini melalui aplikasi Find My Friends.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan instan. Pertama-tama, masukkan nomor telepon atau alamat email orang yang sedang kamu cari, kemudian aplikasi ini akan mengirimkan permintaan akses ke orang yang bersangkutan. Jika permintaanmu sudah disetujui, maka kamu akan mendapatkan informasi lokasinya.

Baca juga artikel seputar aplikasi android di bawah ini.

Articles

4. Google Maps

article image

Image source: Daily Express

Kamu mungkin sudah cukup akrab dengan aplikasi yang satu ini. Google Maps sendiri biasanya sudah menjadi aplikasi bawaan pabrik di smartphone berbasis Android, jadi pengguna tak perlu repot-repot mengunduh lagi. Dalam aplikasi Google Maps ada satu fitur yang jarang diketahui orang-orang, yaitu fitur berbagi lokasi dengan menggunakan nomor HP!

Untuk melakukannya, seseorang harus terlebih dahulu memasukkan kontakmu ke dalam daftar berbagi lokasi mereka. Cara penggunaannya pun hampir sama dengan aplikasi lain. Setelah membuka aplikasi Google Maps, buka opsi Menu > Location Sharing > Add People. Kemudian tentukan durasi pembagian lokasi atau pilih “until you turn this off”. Setelah itu kamu tinggal memilih nomor seseorang dari daftar kontak.

5. Life360

article image

Image source: life360.com

Dengan aplikasi Life360, kamu bisa membuat grup pribadi bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Apa keistimewaannya? Life360 menawarkan berbagai fitur menarik untuk memungkinkan para pengguna bisa terus terkoneksi. Setiap anggota yang tergabung dalam grup bisa saling berbagi lokasi.

Kamu tidak harus membagikan lokasimu setiap saat, kamu hanya perlu memilih sendiri kapan waktunya. Misalnya saat jam malam atau akhir pekan. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna ini juga menyediakan peta khusus untuk setiap circle. Di peta itu pengguna bisa melihat lokasi setiap anggota.

6. Google Trusted Contacts

article image

Image source: Endgadget

Selain Google Maps, ada aplikasi lain dari Google yang bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor ponsel, yaitu Google Trusted Contacts. Sesuai dengan namanya, pengguna bisa selalu terkoneksi dengan orang-orang tertentu yang telah kamu masukan ke dalam daftar trusted contact.

Apa bedanya dengan Google Maps? Aplikasi ini memiliki fitur “auto-response”, di mana jika salah satu kontak meminta lokasimu tapi kamu tidak memberikan respons dalam batas waktu tertentu, Trusted Contacts akan mengirimkannya secara otomatis. Hal ini sangat berguna dalam kondisi darurat.

7. GeoZilla

article image

Image source: KnowTechie

Yang terakhir adalah GeoZilla, aplikasi ini patut kamu coba dengan teman-temanmu. Salah satu fitur istimewa dari aplikasi ini adalah kamu bisa membagi tugas tertentu dengan anggota grup berdasarkan lokasinya, seperti berbelanja, membeli peralatan tertentu, dll.

Menurut ulasan dari Make Use Of, aplikasi ini lebih unggul dalam penggunaan daya jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, sehingga baterai smartphone kamu bisa bertahan lebih lama. GeoZilla memiliki fitur Significant Location Change (SLC) untuk memastikan agar aplikasi tidak menyala jika kamu bepergian dalam jarak dekat. Sebagai gantinya, aplikasi ini akan mulai aktif jika kamu bergerak cukup jauh.


Menarik bukan? Hanya dengan mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut, kamu sudah bisa melacak seseorang melalui satu sentuhan! Ikuti juga perkembangan info-info menarik seputar gadget dan teknologi lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Cek juga promo-promo smartphone Android di bawah ini khusus untuk kamu.

Malls

Brands

featured image source: GooglePlay