Cara Membuat Singkong Keju Lezat Dengan 5 Langkah Sederhana

Singkong keju adalah salah satu kuliner yang banyak digemari. Bahkan tak sedikit waralaba bisnis yang menjadikan makanan ini sebagai produk utamanya. Tekstur singkong yang crispy di luar namun lembut di dalam dipadukan dengan parutan keju manis selalu berhasil membuat banyak orang ketagihan.

Olahan singkong keju memang banyak variasinya, tapi cara membuat singkong keju sendiri sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya perlu mengolah singkong dengan cara yang tepat sebelum ditambahkan dengan variasi keju. Mau tahu cara membuat singkong keju lezat dengan 5 langkah sederhana? Simak ulasannya di bawah ini.

Memilih Singkong Mentah Terbaik

article image

Image source: curiouscuisiniere.com

Mungkin kamu penasaran kenapa singkong keju yang dijual di luar rasanya lebih lezat daripada singkong keju yang kita buat sendiri. Alasannya tentu karena bahan dasar yang dipilih. Untuk menghasilkan cita rasa singkong yang sempurna, pilihlah singkong yang masih muda atau baru dicabut dari tanah. Singkong yang sudah lama disimpan kurang bagus untuk dimasak.

Potong Singkong Seukuran Dua Jari

article image

Image source: fimela.com

Setelah singkong muda dicuci bersih, selanjutnya kamu bisa mulai memotong singkong dengan ukuran yang agak besar, kurang lebih seukuran dua jari. Hindari memotong terlalu kecil karena teksturnya akan mudah hancur ketika dimasak. Singkong yang sudah dipotong akan melalui beberapa proses pengolahan sebelum siap dihidangkan.

Kukus Singkong Selama 20 Menit

article image

Image source: foodsogoodmall.com

Sebagian orang ada yang langsung memasak singkong tanpa dikukus terlebih dahulu. Tapi untuk menghasilkan tekstur singkong yang merekah dan empuk, singkong perlu dikukus terlebih dahulu. Masukkan potongan singkong ke dalam panci dan tutup rapat. Api tidak boleh terlalu besar, baiknya nyalakan api kecil saja agar hasilnya merata. Biarkan selama 20 menit sebelum diangkat dan ditiriskan.

Rendam Potongan Singkong Dengan Air yang Telah Dicampur Bumbu

article image

Image source: theyummylife.com

Sesaat setelah singkong ditiriskan dari panci kukusan, rendam semuanya di dalam air es yang sudah dicampuri kombinasi bawang putih, ketumbar, dan garam. Pastikan tiga bahan tersebut sudah dihaluskan sebelum dimasukkan ke dalam air. Proses perendaman berlangsung selama sekitar 1 jam, agar bumbu meresap rata.

Goreng Dengan Minyak Penuh

article image

Image source: thespruceeats.com

Jika sudah selesai dengan langkah-langkah di atas, selanjutnya kita bisa mulai menggoreng singkong. Pertama-tama, pastikan minyak di dalam kuali sudah benar-benar panas, lalu masukkan singkong hingga terendam sempurna. Tunggu beberapa saat hingga warna singkong berubah kuning keemasan kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu, kita tinggal menaburinya dengan parutan keju dan singkong siap dihidangkan.

Selain menggunakan parutan keju, kamu bisa mengombinasikan singkong goreng dengan variasi lain seperti keju cair sebagai saus, keju mozarella, mayonaise, saus, dll. Atau bisa juga menambahkan campuran tepung dan susu sebelum digoreng.

Baca juga resep lainnya di bawah ini:

Artikel


Demikianlah cara membuat singkong keju lezat dengan 5 langkah sederhana. Ikuti terus perkembangan informasi terbaru di Gotomalls.com untuk mendapatkan tips menarik lainnya. Gotomalls.com juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

*featured Image source: thespruceeats.com