Tips Bisa Menabung 20 Juta Dalam Setahun

Bagaimana caranya mengumpulkan 20 juta dalam setahun? Dengan gaji UMR dan sejumlah pengeluaran mungkin terdengar sulit. Namun kalau kamu fokus dan disiplin, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan uang seperti menabung atau investasi. Selain itu, perencanaan keuangan yang baik juga dibutuhkan agar tujuan untuk menabung tercapai. Kalau kamu sedang dalam upaya menabung, coba simak tips yang Gotomalls rekomendasikan untuk kamu berikut ini.

1. Buka Rekening Baru untuk Menabung

article image

Image source: economy.okezone.com

Langkah pertama adalah membuka rekening baru yang khusus akan kamu pakai untuk menabung. Jika dalam sebulan kamu menghabiskan sekitar 50% gaji untuk kebutuhan, maka sisihkan 50% sisanya ke rekening khusus menabung. Memilih rekening khusus tabungan juga memerlukan strategi supaya kamu lebih disiplin dan tidak mudah tergoda untuk melakukan penarikan.

Ketika membuka rekening baru, perhatikan biaya administrasi yang dikenakan. Kalau kamu ingin membuka rekening khusus tabungan, pilihlah jenis tabungan yang membebaskan biaya administrasi sehingga nominal tabungan kamu tidak akan berkurang.

Kamu juga harus melakukan langkah preventif agar tidak terpancing untuk menggunakan uang di tabungan. Pilihlah bank yang memiliki akses ke ATM cukup jauh atau sulit dijangkau dari area tempat tinggal kamu. Dengan begitu kamu akan malas jika harus melakukan penarikan ke ATM. Supaya lebih efektif, tinggal saja kartu ATM khusus tabungan kamu di rumah.

Berikut adalah pilihan bank-bank yang ada di dalam mall untuk kamu menabung di bawah ini:

Brands

2. Menjual Barang Bekas (Preloved)

article image

Image source: wsj.com

Langkah selanjutnya adalah menjual barang bekas atau barang preloved. Coba deh cek lemari kamu, barangkali kamu punya baju, celana atau sepatu yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak digunakan. Barang-barang seperti itu dapat menghasilkan uang, jadi mending kamu jual daripada mubazir dan bikin penuh lemari.

Perhatikan juga barang-barang milik kamu yang lain, misalnya mainan atau buku-buku bekas seperti buku kuliah yang sudah tidak kamu pakai, novel atau komik lama. Kamu bisa menjualnya secara online melalui situs marketplace. Karena ini barang bekas, sebaiknya jual sesuai kondisi dan hindari memasang harga terlalu mahal.

Supaya barang-barang kamu cepat laris, kamu bisa memasang iklan. Namun perhatikan juga biaya untuk pasang iklan ya. Alokasikan dana secukupnya untuk promosi. Targetkan nominal yang ingin kamu capai dengan menjual barang-barang preloved.

3. Cari Uang Tambahan dengan Reseller

article image

Image source: theworkathomewoman.com

Cara berikutnya adalah menambah penghasilan melalui bisnis reseller. Kalau kamu belum pernah melakukan bisnis ini sebelumnya, tidak ada salahnya untuk belajar dan mencoba. Banyak tips menjadi reseller yang bisa kamu temukan di internet.

Hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum terjun ke bisnis ini adalah memilih produk yang tepat, yakni produk yang cepat laris dengan perputaran yang cepat. Salah satu produk yang paling cepat laku adalah pakaian wanita, mulai dari pakaian kasual, pakaian kerja hingga pakaian fitness. Perhatikan pula target pasar yang ingin kamu jangkau.

Umumnya wanita cepat bosan dan selalu mengikuti tren fashion terbaru. Kamu bisa menargetkan wanita yang sudah bekerja atau anak kuliah sebagai calon pelanggan kamu. Saat ini yoga dan pilates juga sedang populer dan diminati oleh remaja hingga ibu-ibu sehingga produk pakaian fitness bisa kamu pertimbangkan.

Setelah menentukan target pasar dan jenis produk yang ingin dijual, jangan lupa pasarkan dagangan kamu. Kamu bisa mencoba dari metode yang paling simpel, yakni memanfaatkan media sosial.

4. Mulai Investasi

article image

Image source: koinworks.com

Sebagai permulaan, pilihlah investasi dengan risiko rendah. Kamu bisa mencoba produk reksadana pasar uang. Investasi tersebut memiliki risiko rendah, tetapi memiliki kemungkinan nilainya melebihi bunga deposito.

Produk reksadana bisa memberi keuntungan hingga di atas 7% per tahun. Jika kamu menyisihkan uang secara teratur dan menginvestasikannya di reksadana, uang tabungan kamu bisa mencapai 20 juta bahkan menyentuh angka 30 juta lebih.

Tidak ada salahnya kamu belajar dan memahami dasar investasi karena langkah ini bisa menguntungkan kamu secara finansial. Jika kamu sudah memahami dan terbiasa dengan jenis investasi ini, kamu bisa mencoba lakukan diversifikasi atau menggunakan lebih dari satu instrumen investasi. Jangan pernah berhenti untuk belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Investasi tidak hanya dapat membantu kamu untuk memuluskan usaha kamu untuk mengumpulkan uang, tetapi juga bisa menjadi investasi jangka panjang. Dengan kata lain, keuntungan dari investasi tidak hanya kamu nikmati untuk jangka pendek, tetapi bisa dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi passive income.

5. Targetkan Keuntungan Setiap Bulan

article image

Image source: economy.okezone.com

Mengapa menentukan target dibutuhkan? Jawabannya karena target akan memotivasi kamu untuk mencapai tujuan, yakni mengumpulkan uang. Dengan adanya target, kamu akan lebih fokus dengan tujuan dan akan membantu kamu untuk membuat perencanaan.
Ketika kamu menjual barang-barang bekas dan menjalankan usaha reseller untuk menambah penghasilan, tetapkan pula target yang ingin kamu capai dari penjualan tersebut. Kamu pun akan berusaha untuk memenuhi target supaya pundi-pundi tabungan kamu semakin mendekati nominal yang ingin kamu capai.
Dengan menargetkan keuntungan setiap bulannya, kamu akan lebih disiplin dan termotivasi, bahkan nominal tabungan yang ingin kamu kumpulkan bisa dicapai lebih cepat.


Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengumpulkan uang 20 juta bahkan lebih dalam setahun. Pada intinya, dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan untuk menabung. Apabila kamu konsisten melakukan cara-cara tadi, bukan hal yang tidak mungkin nominal tabungan kamu mencapai 20 juta atau lebih dalam setahun.

Jangan lupa kunjungi Gotomalls.com untuk mengetahui semua informasi terupate mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: wiadosmoci.onet.pl