Cara Menata Ruang Tamu

Ruang tamu akan memberikan kesan pertama ketika seseorang berkunjung ke rumah kita. Oleh sebabnya, ruang tamu harus ditata agar bisa memberikan kesan yang baik. Cara menata ruang tamu pun tidak sulit. Tidak masalah meskipun ruangannya kecil dan terbatas.

Gotomalls punya beberapa tips buat kamu yang ingin menata ruang tamu kecil agar lebih nyaman dan terlihat estetik. Yuk, simak informasinya!

1. Memilih Ukuran Sofa yang Sesuai

article image

Image source: casabel.co.id

Cara menata ruang tamu kecil ini sangat penting namun seringkali diabaikan. Memilih ukuran sofa atau tempat duduk lainnya sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas ruangan.

Selain menyesuaikan ukuran, tata letak sofa juga perlu diperhatikan. Posisi terbaiknya yaitu dibuat menempel ke dinding, dimana space yang tersisa akan membuat ruang kecil tampak lebih luas.

Hati-hati jika ingin menambahkan bantal sofa. Pilihlah ukuran, warna, dan motif kain yang sesuai dengan konsep minimalis agar suasana ruangan tidak terlalu ‘penuh’.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan sofa tunggal yang panjangnya setara dengan panjang ruang tamu. Namun, furnitur ruangan perlu dibatasi untuk menyesuaikan dengan konsep ini.

2. Perabot dengan Tempat Penyimpanan

article image

Image source: meublpasuruan.wordpress.com

Saat memilih perabot untuk ruang tamu, pastikan memilih jenis perabot yang memiliki tempat penyimpanan agar lebih efisien.

Misalnya saja meja TV yang memiliki slot-slot laci, lemari pembatas multifungsi, atau bisa juga menggunakan sofa yang dilengkapi tempat penyimpanan khusus.

Cara menata ruang tamu ini sangat cocok untuk area terbatas. Kehadiran tempat penyimpanan ini akan mempermudah kita saat menata dan merapikan ruang tamu.

3. Mengatur Pencahayaan

article image

Image source: Homelava.com

Fungsi pencahayaan di ruang tamu tidak cuma untuk penerangan, tapi juga bisa membuat suasana ruangan jadi lebih hidup dan berkarakter.

Pertama, mulailah dengan memaksimalkan pencahayaan alami di ruang tamu. Pastikan terdapat bukaan untuk jalur masuk cahaya, seperti jendela pintu, jendela ruangan, atau bisa juga menambahkan skylight untuk sistem pencahayaan alami pada siang hari.

Kemudian, pilih dua jenis pencahayaan untuk menambah komposisi ruangan, satu untuk lampu utama dan satu lagi lampu dekoratif. Kamu bisa memilih lampu yang serasi dengan warna interior.

4. Memilih Warna dan Aksen Dinding

article image

Image source: home-designing.com

Untuk membuat ruangan kecil jadi terlihat estetik, kita perlu memilih warna dan aksen pada dinding yang paling tepat.

Cara menata ruang tamu yang satu ini sangat penting karena dinding merupakan salah satu elemen dominan yang bisa mempengaruhi atmosfer ruang tamu.

Caranya, pilihlah warna yang sekiranya cocok dengan aktivitas atau kesan yang ingin kamu tonjolkan. Manfaatkan roda warna untuk mencari perpaduan yang pas.

Kemudian, kamu juga bisa menambahkan aksen dinding berupa pola-pola dari kayu atau material lainnya. Cara ini akan lebih efektif untuk menghias sekaligus melengkapi perpaduan warna dinding. Tapi, perhatikan komposisinya jangan sampai saling tumpang tindih.

5. Cara Menata Ruang Tamu dengan Material Lantai yang Tepat

article image

Image source: Rumah123.com

Tips selanjutnya untuk menata ruang tamu kecil adalah memilih material lantai yang tepat. Hal ini penting karena ruangan sempit bisa menjadi lebih nyaman dan estetik jika ditambahkan material lantai.

Kamu bisa menambahkan material lantai yang nyaman dari material-material bersifat hangat namun tidak terlalu keras. Orang-orang biasanya memilih karpet lantai parket atau vinyl.

Namun, bagi yang ingin menghadirkan kesan elegan-minimalis pada ruang tamu bisa memilih material marmer. Namun, perhatikan model-model furnitur dan warna dominan di ruangan agar tidak bertabrakan dengan pola marmer di lantai.


Demikianlah cara menata ruang tamu kecil agar lebih nyaman dan terlihat estetik. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: Crafome.com