Beginilah Cara Mengenali Jam Tangan Fossil Asli

Layaknya merek jam tangan eksklusif pada umumnya, Fossil sering menjadi sasaran oknum-oknum nakal untuk dicatut menjadi barang mewah tapi murah alias KW. Kendati begitu, konsumen masa kini sudah cukup cerdas untuk menilik ciri jam tangan Fossil asli dengan yang palsu. Utamanya soal harga, perbedaannya sangat mencolok antara barang asli dan palsu.

Tapi, harga bukan satu-satunya pembeda. Produsen barang KW pun sudah semakin cerdik dalam memanipulasi harga dan kualitas barang. Jangan sampai terjebak dengan tampilan luarnya saja, sementara nilai aslinya bukan sekadar desain semata. Kualitas jam tangan tersembunyi di balik casingnya, yaitu mesin jam yang digunakan.

Nah, untuk menghindari akal bulus pembuat jam tangan palsu, lebih baik kita kenali dulu ciri jam tangan Fossil asli sebelum beli!

Ciri Jam Tangan Fossil Asli

Kepiawaian para desainer Fossil dalam merancang setiap jam tangannya mampu memberikan kesan sturdy sekaligus elegan. Merek ini sering menjadi incaran kaum laki-laki yang ingin tampil elegan tanpa kelihatan ‘maksa’.

Kesan seperti itu bisa didapat dari beberapa model jam Fossil populer seperti Fossil FS4813IE, Fossil FS4552IE, atau Fossil JR1401 berbahan metal. Tapi ingat, jangan sampai salah membedakan antara produk asli dengan yang palsu. Perhatikan hal-hal berikut:

Jam Tangan Asli Memiliki Nomor Seri Unik Yang Terdaftar

article image

Image source: Wareable

Ciri jam tangan Fossil asli yang paling utama adalah nomor seri. Sebelum beli, pastikan cek bagian belakang arloji. Di situ terdapat logo, keterangan model, dan nomor seri yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Ingat, setiap unit sudah dilengkapi dengan nomor seri yang unik antara satu dengan yang lainnya.

Untuk memastikannya, kita bisa melakukan verifikasi nomor seri melalui layanan customer care Fossil. Tanyakan apakah nomor seri tersebut benar terdaftar atau tidak. Hati-hati, beberapa produk tiruan pun terkadang mencantumkan nomor seri palsu.

Ciri Jam Tangan Fossil Asli Menurut Detail Fisiknya

article image

Image source: Revogue-Watch

Selain nomor seri di bagian belakang jam tangan, perhatikan juga detail fisiknya. Material jam tangan asli itu kokoh dan presisi, terutama seri jam tangan berbahan stainless steel. Lain halnya dengan produk replika. Walaupun bentuknya identik, tapi dari sisi material tampak berbeda dengan yang asli.

Barang asli pastinya sudah melewati prosedur quality control yang ketat, sehingga kecil sekali kemungkinannya terdapat cacat fisik. Entah itu cat, sambungan antar bagian, atau jahitan strap. Jika terdapat detail yang dirasa tidak wajar, misalnya pencetakan logo, tulisan, atau desain fisiknya, kamu patut curiga.

Mesin Jam Tangan Fossil Memiliki Kode Khusus

article image

Image source: youtube.com/Helpful DIY

Mungkin agak sulit untuk mengetahuinya kecuali jika barang sudah dibeli. Tapi, perbedaan yang utama sering kali terletak pada mesinnya. Pada dasarnya, Fossil memiliki dua jenis mesin yang digunakan; otomatis dan quartz. Untuk memastikan keaslian jam tangan melalui mesinnya, perhatikan kode yang tertera. Fossil memiliki kode ME untuk mesin otomatis, FS CH dan JR untuk pengoperasian baterai atau quartz, dan kode ES untuk jam tangan perempuan.

Fitur Yang Sesuai Dan Berfungsi Dengan Baik

article image

Image source: Ars Technica

Ciri jam tangan Fossil asli juga bisa dilihat dari fitur-fiturnya. Jika kamu membeli model tertentu yang punya banyak fitur, mungkin kamu bisa membedakan produk palsu dengan mudah. Fitur-fitur yang disematkan pada jam tangan palsu biasanya tidak berfungsi alias sekadar pajangan.

Periksa Kelengkapan Garansi Produk

article image

Image source: bestofme.in

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah garansi produk. Sebagai merek yang sudah punya reputasi, setiap produk jam tangan Fossil asli sudah dilengkapi dengan buku garansi resmi dari Fossil. Inc. Garansi produk biasanya berlaku selama 24 bulan untuk mesin dan 12 bulan untuk baterai jam, sesuatu yang mustahil ditiru produsen jam tangan palsu.


Nah, itulah beberapa ciri jam tangan Fossil asli. Simak juga tips menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: twitter.com/hashtag/fossilwatches