Tips Membersihkan Jam Tangan

Jam tangan adalah salah satu benda yang melekat pada tubuh hampir setiap hari namun justru tidak sering dibersihkan seperti halnya baju atau sepatu. Padahal jam tangan juga perlu perawatan meski tidak harus dilakukan setiap hari.

Perawatan jam tangan dan aksesoris memang seringkali dilewatkan. Padahal di sana juga tumbuh banyak virus apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Misalnya untuk bekerja, olahraga, dan traveling.

Seorang ahli membagikan tips merawat dan membersihkan jam tangan dengan peralatan yang mudah ditemukan.

1. Bersihkan Jam Tangan Setiap Malam

article image

Image source: everestbans.com

Selain mencuci muka, membersihkan jam juga dapat kamu masukkan ke dalam list harian setiap malam. Namun jika terlalu malas, setidaknya kamu membersihkan setiap akhir pekan.

Kebiasaan ini akan membuat jam tangan lebih awet dan menjaga kelembaban berlebih karena penumpukan kotoran. Dan kebanyakan kotoran jam tangan berasal dari keringat.

Ahli jam mengatakan jika kebanyakan kerusakan jam tangan terjadi karena asam lemak dalam keringat yang menumpuk. Asam lemak tersebut bisa menyebabkan karatan pada gelang jam bahkan yang punya klaim tahan karat sekali pun.

Itu mengapa kamu perlu membersihkannya setiap malam sebelum mengakhiri aktivitas harian.

2. Lap dengan Kain Lembut

article image

Image source: hodinkee.com

Untuk merawat jam tangan kesayangan mulailah dengan menyeka seluruh bagian jam dengan kain lembut. Usap perlahan untuk menghilangkan debu dan kotoran lain yang menempel di permukaan jam.

Kamu bisa menggunakan handuk atau kain khusus seperti kain pembersih kacamata yang lebih lembut. Dalam keadaan darurat kamu juga bisa menggunakan tisu atau kain baju. Namun kemungkinan besar itu tidak banyak menghilangkan kotoran sebanyak kain yang lebih halus.

3. Bersihkan dengan Sabun

article image

Image source:hodinkee.com

Beberapa jenis jam ada yang tidak tahan air, tapi tidak sedikit pula yang bisa dicelupkan di air bahkan sampai kedalaman 200 meter. Nah untuk tipe jam tangan yang tahan air kamu bisa pula membersihkannya dengan sabun.

Caranya cukup mudah, siapkan satu mangkok air hangat bersih dan satu mangkok air sabun (bisa sabun pencuci piring) hangat yang sudah dicampur dengan cairan anti bakteri. ingat ya air hangat bukan air panas.

Kenapa harus air hangat? Sebab fluktuasi suhu yang cukup tinggi dapat menyebabkan gasket yang menahan air mengembang atau menyusut, hal itu memungkinkan air menembus berbagai komponen penting dalam jam tangan dan dapat merusaknya, bahkan jam tangan paling kuat sekalipun.

Jadi untuk membersihkannya cukup dengan air hangat, celupkan sebentar dalam air sabun dan usap lembut seluruh bagian jam tangan. Setelah itu bilas dalam air hangat yang bersih.

Jika jam tanganmu termasuk yang tidak tahan air, kamu bisa menyelupkan tali jamnya saja. Hati-hati agar mesin jam tidak ikut terciprat air. Setelah itu keringkan jam dengan menggosoknya secara lembut dengan kain.

4. Semprotkan Cairan Pembersih atau Cairan Kilau

article image

Image source: softlypart.com

Kamu bisa mengambil sedikit cairan pembersih kaca dan semprotkan perlahan di permukaan jam tangan. Usap lembut keseluruhan bagian arloji sampai kaca berkilau.

Lakukan berulang agar hasilnya maksimal. Setelah itu biarkan sampai cairan kering baru simpan di tempat penyimpanan.

5. Hati-hati dengan Bahan Kulit

article image

Image source:clevercreation.org

Semua proses di atas akan cocok diterapkan untuk jam tangan berbahan gelang stainless steel dan karet. Jika jam tangan yang kamu miliki berbahan kulit atau kain maka perlu perawatan khusus.

Yang harus kamu lakukan adalah memastikan kulit tetap bersih dan tidak lembab. Kamu cukup menggosok perlahan dengan kain atau sesekali sikat lembut dengan sikat gigi.

Oh iya, dan jika kamu baru saja bermain ke pantai, wajib hukumnya untuk segera membersihkan jam tangan agar tidak mudah berkarat.


Demikianlah beberapa tips membersihkan jam tangan. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: hodinkee.com