Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan

Kehidupan manusia di abad ke 21 ini tak pernah semudah dan secanggih sebelumnya. Mulai dari urusan komunikasi, mobilitas, kebutuhan pangan, dan hal-hal fundamental lainnya kini bisa diselesaikan dengan cepat dan instan.

Meskipun begitu, kemudahan akses yang kita nikmati hari ini membutuhkan sumber daya dalam jumlah yang sangat besar, apalagi jika listrik atau bahan bakar fosil menjadi penopang utamanya.

Konsumsi sumber daya energi dalam jumlah masif menimbulkan konsekuensi yang tak pernah kita hadapi sebelumnya. Lingkungan mengalami kerusakan parah dan justru berbalik mengancam kehidupan di muka Bumi.

Solusi Menyelamatkan Lingkungan

Seiring dengan perkembangannya, manusia mulai sadar bahwa untuk menjaga kelangsungan hidup di planet ini mesti harmonis dengan alam, bukan malah sebaliknya.

Tanpa harus menghilangkan penemuan-penemuan mutakhir yang telah susah payah dikembangkan dari masa ke masa, kita tetap bisa menikmatinya dengan mengandalkan energi alternatif ramah lingkungan sebagai sumber daya utama.

Energi alternatif atau energi terbarukan berasal dari sumber-sumber yang bisa diperbarui. Energi ini jauh lebih ramah lingkungan dan bisa meminimalisir pemanasan global. Ada beberapa sumber energi yang masuk dalam kategori ini, berikut 5 diantaranya:

1. Panas Matahari

article image

Image source: worldatlas.com

Energi alternatif yang bersumber dari matahari dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Salah satu contoh penerapannya yaitu panel surya. Meski begitu, penerapan panel surya oleh individu masih sedikit dan terbatas, karena biaya yang dibutuhkan cukup mahal.

Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah mulai memanfaatkan energi alternatif ini sebagai pembangkit listrik, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya Badak 4 MW di Bontang, Kalimantan Timur.

2. Panas Bumi

article image

Image source: hotelmurah.com

Panas bumi merupakan sumber energi kekal yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Panas yang berada di perut bumi akan menghasilkan uap yang nantinya dikelola sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Tenaga panas bumi atau yang juga disebut tenaga hidrotermal keluar melewati celah batuan, seperti kawah. Panas bumi yang keluar secara alami cenderung lebih efisien untuk memutar turbin generator listrik.

Pembakit listrik dari energi panas bumi sudah diterapkan di Indonesia, salah satunya di PLTU Kamojang, Bandung, Jawa Barat.

3. Air

article image

Image source: wira.co.id

Sama halnya seperti panas matahari dan panas bumi, air juga dapat dimanfaatkan sebagai penggerak kincir atau turbin generator yang kemudian dikonversikan menjadi energi listrik.

Energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik, berasal dari sifat air yang bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah. Misalnya saja aliran air sungai yang dibendung dengan volume besar, lalu dilepaskan dengan debit tertentu agar menghasilkan listrik.

4. Energi Biomassa

article image

Image source: iStock

Energi biomassa adalah energi yang dihasilkan dari semua makhluk hidup, meliputi tumbuhan, hewan, hingga manusia. Bahan yang berasal dari tumbuhan akan diolah melalui proses pembakaran sehingga menghasilkan bahan bakar nabati (BBN).

Sedangkan energi biomassa yang berasal dari hewan dan manusia dihasilkan dari kotoran, atau disebut juga sebagai energi biogas. Keduanya sama-sama berpotensi menjadi pengganti energi fosil untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar.

5. Ethanol

article image

Image source: ecowatch.com

Ethanol dihasilkan dari proses fermentasi tanaman seperti jagung dan gandum. Energi yang dihasilkan akan menjadi bahan bakar yang mengandung alkohol.

Ethanol juga telah dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan, seperti halnya di Brasil yang menjadi salah satu negara produsen ethanol terbesar.

Sementara di Indonesia, ethanol yang diproduksi oleh perusahaan dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik.

Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: afigreen.com