Gaya Rambut Pendek Pria Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Rambut tidak hanya menjadi mahkota untuk wanita, tetapi juga untuk pria. Tidak dipungkiri, gaya rambut juga memberi pengaruh yang cukup besar untuk seorang pria. Gaya rambut yang tepat akan membuat seorang pria tampak lebih menarik dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Kamu tidak boleh asal mencoba gaya rambut tertentu. Jika tidak sesuai dengan bentuk wajahmu akan membuatmu terlihat aneh. Bingung dengan gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu? Yuk simak gaya rambut pendek pria yang sesuai dengan bentuk wajah berikut ini.

1. Wajah Oval

article image

Image source: hairstylo.com

Kamu yang memiliki bentuk wajah oval bisa harus bersyukur karena tidak perlu pusing dengan model gaya rambut. Hampir semua jenis gaya rambut pendek pria cocok untuk bentuk wajah seperti ini. Wajah oval memiliki ciri khas ukuran dahi dan pipi yang nyaris sama, serta bentuk dagu yang lancip.

Nah, bentuk wajah oval termasuk dalam kategori wajah yang paling aman. Kamu sebaiknya mengaplikasikan gaya rambut pendek yang menegaskan bentuk wajah oval kamu. Kamu bisa mencoba gaya rambut undercut untuk menguatkan kesan oval pada wajah atau pompadour yang memberi kesan macho dan trendi.

Sebagai referensi, kamu bisa mencoba gaya rambut undercut ala Adam Levine yang sering memakai berbagai variasi gaya rambut undercut. Kalau kamu ingin gaya rambut yang sedikit kalem, kamu juga bisa mencoba gaya rambut pendek klasik ala Mark Feehily. Sebaiknya hindari poni yang membuat wajah kamu kelihatan bulat.

2. Wajah Persegi

article image

Image source: detikepri.com

Seperti halnya bentuk wajah oval, bentuk wajah persegi (rectangle face) juga cukup fleksibel dalam memilih gaya rambut pendek pria. Ciri khas dari bentuk wajah persegi adalah rahang yang lebar dan tulang pipi yang tinggi, sehingga membentuk empat sudut seperti persegi. Kamu bisa memilih gaya rambut pendek yang menonjolkan bentuk wajah kamu yang maskulin.

Gaya rambut pendek yang cocok untuk kamu yang berwajah persegi adalah model undercut dan buzzcut ala Zayn Malik. Gaya rambut ini akan menegaskan bentuk wajah kamu yang maskulin. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memelihara jambang tipis yang melembutkan kesan wajah yang terlalu 'keras' tanpa menghilangkan sisi maskulinnya.

Jika kamu ingin lebih trendi, kamu bisa mencoba potongan rambut front puff seperti David Beckham yang lebih berani. Dengan gaya rambut ini, bagian rambut atas dibiarkan panjang dan disisir ke belakang sehingga membentuk seperti jambul. Hindari model rambut dengan belahan di tengah karena justru akan mengurangi sisi maskulinmu.

3. Wajah Bulat

article image

Image source: menshairstylestoday.com

Bentuk wajah bulat merupakan bentuk wajah yang umum dijumpai, terutama di Indonesia. Bentuk wajah bulat memiliki lebar tulang pipi dan panjang muka yang hampir sama. Garis wajah pada bentuk wajah bulat tidak terlalu terlihat karena tulang rahang yang tidak terlalu tajam.

Nah, jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, kamu perlu hati-hati dalam memilih gaya rambut. Salah memilih gaya rambut akan membuat wajahmu makin terlihat chubby. Kamu bisa mencoba gaya rambut bervolume pada bagian atas dibanding sisi kanan dan kiri. Model tersebut akan memberi kesan tinggi dan memanipulasi agar wajahmu tidak terlihat terlalu bulat.

Kamu bisa mencoba gaya rambut undercut atau spiky yang memberi volume ke atas. Sebagai referensi, kamu bisa contek gaya rambut spiky ala Channing Tatum. Sebaiknya hindari gaya rambut tipis karena akan memperkuat kesan bulat pada wajahmu.

Baca juga artikel lainnya tentang gaya rambut pria, selengkapnya di bawah ini:

Articles

4. Wajah Segitiga

article image

Image source: menhairstylesworld.com

Bentuk wajah segitiga memiliki rahang yang lebar tetapi dahi yang sempit. Kamu harus memilih gaya rambut yang membuat dahi terlihat lebih lebar. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menumbuhkan jambang untuk membuat rahang agar terlihat lebih kecil atau gaya rambut dengan poni yang dinaikkan ke atas untuk lebih mengekspos dahi.

Untuk mengekspos dahi kamu, gaya rambut pendek yang bisa dicoba adalah model slick pompadour dan fauxhawk dengan rambut bagian atas yang disisir naik. Jika kamu menginginkan kesan sedikit berantakan, kamu bisa coba gaya rambut messy fringe ala Brad Pitt atau Ashton Kutcher.

Hal yang harus kamu hindari jika memiliki bentuk wajah segitiga adalah memotong tipis rambut di bagian kanan dan kiri kepala. Model rambut seperti itu akan membuat bentuk wajahmu terlihat semakin sempit. Sebaiknya kamu menghindari gaya rambut undercut yang tipis di bagian kanan dan kiri kepala.

5. Wajah Berlian

article image

Image source: menhairstyletrends.com

Bentuk wajah berlian (diamond) atau reverse triangle merupakan kebalikan dari bentuk wajah segitiga. Pria dengan bentuk wajah berlian memiliki karakteristik dahi yang lebar dan rahang yang lebih sempit atau pipih. Bentuk wajah ini juga memiliki kesan maskulin yang cukup kuat, jadi sebaiknya pilihlah model rambut yang menonjolkan kesan maskulin tersebut.

Gaya rambut yang cocok untuk pemilik wajah berlian adalah model rambut yang memiliki volume besar. Misalnya gaya rambut pompadour yang memiliki volume pada rambut bagian atas. Kamu bisa menyontek gaya rambut pompadour seperti Justin Timberlake.

Jika kamu menginginkan gaya rambut yang lebih kasual atau tidak terlalu formal, kamu bisa mencoba model side atau textured angular fringe untuk memberi kesan dahi dan tulang pipi yang lebih seimbang. Hindari memotong rambut bagian samping terlalu pendek karena akan membuat telinga kamu tampak lebih besar.


Nah, itu dia berbagai gaya rambut pendek untuk pria sesuai dengan bentuk wajah. Sebelum menentukan gaya rambut, sebaiknya kamu kenali dulu bentuk wajahmu. Dengan gaya rambut yang tepat, tentunya akan membuat kamu terlihat semakin keren dan menawan. Ingin mengubah gaya rambut? Langsung saja datang ke barbershop terdekat di kotamu, caranya akses saja Gotomalls.com. Aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

featured image source: hottesthaircuts.com