Langkah Mudah Atasi Wajah Breakout

Breakout merupakan keadaan di mana wajah tiba-tiba menjadi berjerawat hingga parah setelah menggunakan skincare tertentu. Masalah wajah yang satu ini merupakan reaksi penolakan akibat ketidakcocokan antara kulit wajah terhadap kandungan dalam produk. Ciri utama saat breakout, jerawat bisa timbul di mana saja bahkan di bagian yang paling jarang bermasalah sekali pun. Hal ini bisa berlangsung lama, selagi kamu masih terus menggunakan produk yang tidak cocok tersebut. Wajah breakout memang dapat merusak hari-harimu. Oleh karena itu, kamu harus segera menemukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Kamu bisa mencoba melakukan 7 langkah yang GoToMalls rangkum berikut ini.

Perbanyak minum air putih

article image

Image credit: healthline

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang minum air putih yang bisa membuat kulit lebih sehat dan kenyal. Tapi pertanyaannya adalah, apakah kamu sudah pernah membuktikan sendiri khasiatnya? Terkadang kebutuhan air sebanyak 8 gelas dalam sehari lalai dipenuhi. Sebagian orang malah lebih suka mengonsumsi minuman tidak sehat seperti soda. Padahal efek positif air putih dapat berperan besar dalam membuat kecantikan kulit. Anjuran untuk minum air putih yang cukup setiap hari bertujuan agar berbagai sistem di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Pastikan kamu minum air putih setiap hari terutama saat baru bangun tidur, ya! Minum air putih dapat membantu tubuh kamu mengeluarkan semua racun secara lebih efisien dan membiarkan kulit kamu terlihat fresh dan lebih glowing. Selain itu, air putih yang kamu minum juga bisa membantu melembapkan kulitmu secara alami. Hal ini karena air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit kamu. Yang tidak kalah menarik, air putih juga mampu menjaga elastisitas dan kelenturan secara alami pada kulit kamu secara keseluruhan. Dengan begitu, kondisi wajah breakout yang sedang kamu alami akan sedikit teratasi.

Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

article image

Image credit: stylecraze

Siapa yang setuju bahwa kulit merupakan cerminan dari pola makan dan gaya hidup sehat kita? Untuk merawat wajah agar lebih sehat dan mengurangi masalah breakout, sebaiknya mulai sekarang kamu memperbaiki pola makan dan bergaya hidup yang lebih sehat. Pola makan seperti mengonsumsi gula, produk susu, dan lemak tidak sehat yang berlebihan juga bisa memicu bahkan memperparah wajah breakout. Kamu bisa meminimalkan masalah ini dengan meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan salah satu mineral yang paling penting untuk kesehatan kulit dan penderita jerawat. Kamu bisa mengonsumsi biji labu, telur, dan kemiri yang kaya akan zat besi untuk mengatasi masalah kulit ini.

Selanjutnya, konsumsilah buah dan sayur yang lebih banyak. Buah dan sayur bisa memberikan banyak nutrisi dan vitamin, serta antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Nutrisi yang ada dalam buah dan sayur penting untuk kesehatan kulit, termasuk wajah yang breakout. Tidak hanya mampu mencegah dan mengatasi jerawat, buah dan sayur juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal terpenting adalah kamu harus menghindari rokok, kopi dan alkohol untuk sementara waktu. Karena ketiga hal tersebut merupakan penyebab hormon tidak seimbang sehingga membuat wajahmu iritasi dan breakout.

Cek juga beberapa promo seputar skincare dan perawatan wajah di Gotomalls.com

Bersihkan wajah dan gunakan moisturizer

article image

Image credit: liveabout

Langkah selanjutnya, kamu harus memastikan bahwa kamu telah membersihkan wajah secara maksimal setiap harinya. Mulailah untuk mencuci muka dengan air yang bersih, setelah itu dikeringkan menggunakan handuk bersih atau tissue wajah secara perlahan. Hindari menggosok wajah yang sedang breakout dengan keras. Agar pori-pori dapat terbuka, kamu bisa menggunakan air hangat saat membasuh wajah, kemudian bilas dengan air dingin.

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah jangan memencet jerawat atau komedo. Pasalnya, bekasnya akan sulit dihilangkan. Pastikan tangan dalam keadaan bersih saat hendak menyentuh wajah. Saat breakout, kulitmu sedang dalam keadaan rapuh-rapuhnya. Jangan biarkan dia berjuang sendirian menghadapinya. Bantulah menjaga kelembapannya dengan selalu mengaplikasikan moisturizer.

Gunakan sunscreen dan make up sederhana

article image

Image credit: skincare

Selanjutnya, gunakan sunscreen atau sunblock ketika akan bepergian. Meskipun tampak sederhana, ternyata penggunaan sunscreen ini sangat penting dan bisa membantu mengatasi breakout pada wajah. Gunakan sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang akan memperparah kondisi wajahmu. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan bedak saat bepergian, lebih baik gunakan bedak tabur yang aman untuk wajah. Bedak bayi juga dapat membuat wajahmu terasa ringan dibandingkan bedak padat. Jangan menggunakan make up secara berlebihan saat wajah breakout. Make up berpotensi besar menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi wajah. Pakailah make up yang sederhana saja.

Cek juga beberapa artikel seputar perawatan wajah untuk menambah wawasan kamu mengenai hal penting ini.

Articles

Menghindari produk pemicu wajah breakout

article image

Image credit: sheerluxe

Setelah mengetahui terjadi reaksi penolakan dari kulitmu sehingga wajah breakout, kamu jelas harus menghentikan penggunaan dan menghindari produk skincare tersebut. Mungkin saja kamu alergi terhadap salah satu bahan yang terkandung di dalamnya. Lain kali, sebelum membeli skincare, cermati dulu komposisinya dan pastikan semuanya aman untuk kulit sensitifmu. Kamu bahkan dapat beralih ke produk skincare atau make up yang berbahan lebih alami.

Mencoba cara tradisional dan alami

article image

Image credit: pinterest

Untuk mengatasi wajah breakout, kamu bisa menggunakan cara-cara tradisional seperti penggunaan bahan-bahan alami. Kamu bisa menggunakan buah lemon, madu, jeruk nipis atau masker kulit pisang untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Penggunaan buah lemon untuk mengatasi wajah breakout mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah lemon kemudian peras dan ambil airnya. Air perasan inilah yang dioleskan pada wajah menggunakan kapas. Air lemon dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, dan mampu untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati serta dapat mencerahkan kulit. Madu juga dikenal sebagai bahan antiseptik dan pembunuh bakteri. Madu bisa langsung dioles ke kulit, atau kamu juga bisa membuat masker madu yang dicampurkan dengan susu. Pemakaian bahan alami tersebut secara rutin, akan membantu wajah breakout kamu teratasi.

Hampir semua toko yang menjual produk kecantikan dan kesehatan menjual obat jerawat. Produk-produk itu biasanya mengandung benzoil peroksida (benzoyl peroxide), asam salisilat (salicylic acid), dan minyak tea tree. Benzoil peroksida (benzoyl peroxide) berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, tetapi efeknya baru terasa setelah empat minggu pemakaian teratur. Asam salisiat (salicylic acid) bisa membersihkan pori-pori dan mengurangi benjolan atau radang kemerahan pada kulit, tetapi juga butuh waktu dan pemakaian teratur agar berkhasiat. Minyak tea tree adalah bahan yang lebih ringan untuk membunuh bakteri, tetapi sebelum dipakai harus diencerkan terlebih dulu. Kamu bisa memilih salah satu obat yang paling tepat untuk kulit wajahmu. Teruslah untuk mengawasi reaksi kulit dan apabila terjadi radang, iritasi atau kulit menjadi kering, segera hentikan pemakaian.

Cek juga beberapa mall rekomendasi kami yang bisa jadi tempat hang-out saat waktu senggang mu.

Malls

Hindari stres dan Kunjungi Dokter Kulit

article image

Image credit: vemale

Menghindari stres mungkin sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, stres merupakan pemicu yang cukup kuat untuk permasalahan jerawat atau wajah breakout. Sebaiknya, mulai sekarang kamu harus belajar untuk selalu berpikir positif dan menjadi wanita yang bahagia agar wajahmu tampak lebih berseri.

Langkah terakhir yang harus kamu tempuh jika kamu sudah mencoba berbagai cara, tetapi breakout tidak kunjung sembuh adalah mengunjungi dokter kulit. Silakan kunjungi dokter kulit terdekat dan terpercaya untuk berkonsultasi dan meminta saran pengobatan. Dokter kulit akan memberikan solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengobati wajah breakout-mu. Jangan putus asa, ya!

**

Mengatasi wajah breakout memang memerlukan waktu dan usaha. Wajah bisa pulih dari breakout dalam kurun waktu satu minggu atau lebih tergantung seberapa parah peradangan yang terjadi pada kulit. Langkah-langkah di atas dapat kamu coba dan lihatlah hasilnya. Setelah pulih, jangan sembarangan lagi ya! Selanjutnya kamu harus lebih jeli saat memilih skincare. Tetapi jika breakout yang muncul merupakan akibat dari stres, kamu cukup melakukan hal yang membuatmu bahagia seperti pergi hang out bersama sahabat. Cek info terbaru seputar promo diskon dan event di mall-mall seluruh Indonesia hanya di GoToMalls.com. Jangan sampai kelewatan!

Articles

Brands

Malls