10 Makanan Aneh Khas Indonesia, Berani Coba?

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memang kaya dengan keragaman budaya dan juga tak ketinggalan, Indonesia memiliki begitu banyak makanan khas pada setiap daerahnya. Bagi kamu yang hobi traveling keliling Indonesia, pada umumnya wisata kuliner merupakan satu agenda yang tidak boleh ditinggalkan, karena satu makanan khas belum tentu bisa kamu dapatkan lagi pada daerah yang lain. Soal rasa, Indonesia kaya akan makanan yang dibumbui dengan limpahan rempah, dan membuatnya sangat nikmat. Tetapi cukup bernyalikah kamu untuk mencicipi beberapa makanan berikut? Inilah 10 makanan aneh khas Indonesia yang menantangmu untuk menyantapnya.

Kamu harus cek diskon makan dan minuman dari Gotomalls cuman untuk kamu.

Kawok dari Manado

article image

Image source : goodnewsfromindonesia.id

Sebagian orang mungkin terkejut mendengar bahwa bahan dasar dari masakan yang satu ini adalah tikus. Tetapi tentunya bukan tikus got atau tikus rumah yang dikenal kotor ya, melainkan tikus hutan. Perlu kamu tahu bahwa tikus hutan mempunyai ciri fisik yang tidak sama dengan tikus yang biasa sering kita lihat. Bulu mereka berwarna lebih terang sedangkan pada bagian ujung ekor mereka berwarna putih. Tikus jenis satu ini jauh lebih aman jika dikonsumsi mengingat bahan makanan mereka hanya tumbuh-tumbuhan.

Untuk memastikan bahwa tikus yang didapat merupakan jenis tikus hutan, para pengepul tikus biasanya meminta bagian ekor tikus masih dalam kondisi utuh. Dengan mengetahui bagian ekornya yang menjadi ciri khas tikus hutan, maka jenisnya tidak dapat diragukan lagi. Di daerah Manado, Kawok pada umumnya dimasak dengan cara dipanggang, atau dibuat makanan pedas seperti contohnya rica-rica. Tekstur daging tikus hutan ini katanya mirip daging kalkun, loh!

Ulat Sagu dari Papua

article image

Image source : twitter.com

Papua memang memiliki banyak keunikan, begitu juga dengan kulinernya. Terdapat satu makanan khas yang juga merupakan makanan khas suku Kamoro, yaitu ulat sagu, bahan dasar yang bisa jadi membuat beberapa di antara kamu bergidik.

Ulat sagu bisa kamu temukan pada pohon sagu yang sudah mati. Tetapi meskipun ia bernama ulat sagu, tetapi ulat jenis ini juga bisa kamu temukan pada pohon kelapa yang sudah mati. Mereka ini sebenarnya tengah menjalani proses metamorfosis sebelum menjadi hewan jenis kumbang. Pada umumnya warga Papua mengonsumsi ulat ini dalam kondisi mentah dan berfungsi sebagai jamu atau obat kuat karena dipercaya mengandung tinggi vitamin.

Belalang Goreng – Gunung Kidul

article image

Image source : suara.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke wilayah kabupaten Gunung Kidul, coba kamu mencicipi kuliner khas satu ini. Hewan yang biasanya bisa kamu temui di daerah persawahan ini sudah biasa dikonsumsi oleh penduduk sekitar. Pada umumnya cara mengolahnya adalah dengan menggorengnya hingga renyah sebelum kemudian siap dihidangkan. Penganan yang terbilang ekstrem ini bisa kamu temukan dengan mudah pada kios-kios dadakan yang terdapat pada sepanjang jalan daerah Gunung Kidung. Berbeda dengan kuliner ekstrem asal Thailand yang menyajikan rasa orisinalnya, belalang goreng asal Gunung Kidul ini diolah dengan berbagai rasa seperti misalnya pedas, manis dan tentu saja orisinal.

Tokek Goreng – Pulau Jawa

article image

Image source : pegipegi.com

Seperti juga ulat sagu yang mengandung banyak khasiat bagi tubuh, penganan yang satu ini pun demikian. Konon katanya, mengonsumsi makanan dengan bahan dasar tokek secara rutin mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, asma, dan juga meningkatkan stamina kaum pria. Salah seorang profesor dari University of China bernama Wang menyatakan bahwa tokek bahkan mampu menjinakkan tumor ganas. Pada wilayah Indonesia, tokek biasanya diolah dengan cara digoreng, serta dapat kamu temui pada beberapa wilayah di Pulau Jawa. Hewan ini selain kerap kita temui di rumah, juga kerap diternak.

Sate Kuda – Jawa & Sumbawa

article image

Image source : bandung.panduanwisata.id

Katanya sate dari daging kuda bukan hanya nikmat melainkan juga banyak khasiat seperti misalnya menjadi obat penyakit diabetes, asma, serta lagi-lagi meningkatkan vitalitas kaum pria. Konon katanya kehebatan Patih Gajah Mada juga dikarenakan kegemarannya menyantap daging kuda. Bagian daging kuda yang diolah sebagai bahan untuk sate haruslah bagian has dalam yang merupakan bagian paling empuk. Selain dagingnya bagian yang juga kerap dicari konsumen adalah sate zakar kuda, meski mereka harus memesan beberapa hari sebelumnya.

Paniki Santan - Manado

article image

Image source : blogunik.com

Apakah kamu pernah mencicipi daging kalong atau kelelawar? Satu lagi hidangan khas unik yang bisa kamu nikmati di Manado, Sulawesi Utara. Makanan yang diolah dari bahan kelelawar ini bernama Paniki. Paniki santan merupakan hidangan berkuah santan dengan bahan utama daging hewan malam tersebut. Dikarenakan warga Manado gemar masakan pedas, maka makanan satu ini juga tentunya dibumbui dengan banyak cabai. Namun ternyata unsur pedas pada makanan ini juga sebagai bahan untuk menyamarkan aroma kelelawar yang cenderung amis. Selain diolah menjadi sayur santan, kelelawar juga umum disajikan dalam bentuk olahan sate atau digoreng.

Ulat Bulu – Purworejo

article image

Image source : beritac4mpur.blogspot.com

Ulat bulu yang diolah sudah menjadi makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat di Purworejo, dikarenakan dipercaya mampu menyembuhkan sakit gigi. Ulat bulu yang mereka konsumsi tidak bisa sembarang ulat bulu, melainkan harus dari familia Lyman Tridae atau ulat pohon turi. Hewan ini pada umunya diolah dalam bentuk sate maupun goreng. Ulat yang satu ini merupakan sumber protein serta tidak beracun sehingga aman untuk dikonsumsi. Kata orang, makanan olahan dari hewan satu ini rasanya enak dan gurih.

Sate Biawak – Jawa

article image

Image source : redaksindonesia.blogspot.com

Masih dari masakan sate, kali ini daging yang dipilih adalah daging reptil yang satu ini. Sama seperti sate pada umumnya, daging biawak diolah dengan cara memotong daging hingga berukuran kecil, disusun pada tusuk sate lalu dimasak di atas bara api setelah dibumbui. Seperti kebanyakan makanan ekstrem, daging biawak juga dipercaya memiliki banyak khasiat seperti sebagai penyembuh aneka penyakit kulit. Sate biawak sangat populer di wilayah Jawa. Selain diolah menjadi masakan, daging biawak juga biasa diolah menjadi minyak biawak dan berkhasiat sebagai obat.

Gulai Siput atau Gulai Cipuik – Riau

article image

Image source : goodnewsfromindonesia.id

Bisa jadi selama ini keong atau siput dikenal sebagai hama padi atau dikenal hanya sebagai pakan ternak bebek saja. Namun nyatanya di tangan masyarakat Tanjung Pinang, Riau, hewan ini mampu diolah menjadi penganan yang lezat. Gulai siput dalam bahasa Melayu dialek Kuantan Singingi disebut dengan Gulai Cipuik, sedangkan dalam bahasa Melayu Rokan biasa disebut Lengkitang. Siput merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki cangkang bergelung. Berbeda dengan keong, siput memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Bothok Tawon – Jawa Timur

article image

Image source : warungkita.net

Bahan baku dari makanan yang satu ini adalah lebah atau tawon, lebih tepatnya anak tawon yang disebut dengan Tolo, di mana anak tawon ini masih tersimpan dalam sarangnya. Sebelum diolah, Tolo biasanya dipanaskan terlebih dahulu hingga menjadi lumer sebelum kemudian diberi bumbu dan dimasak. Makanan Bothok Tawon bisa kamu temukan di beberapa wilayah di Jawa Timur seperti Madiun dan Banyuwangi. Bothok Tawon bisa kamu nikmati dalam lima rasa pilihan yaitu gurih, manis, pedas, asin serta asam. Selain memiliki kandungan royal jelly dan juga protein dari tawon atau lebah, makanan ini juga dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit seperti alergi, demam, diare pada anak, asma, meningkatkan kesuburan pria dan wanita dan juga sebagai antibiotik.


Selain makanan, juga ada minuman yang terbilang ekstrem seperti misalnya minuman jus cacing tanah dan darah kobra. Tetapi tentunya kedua minuman tersebut dikonsumsi karena memiliki khasiat tertentu seperti penyakit tifus atau penambah nafsu makan, kencing manis, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Bagaimana? Ada yang berani mencoba atau malah sudah menjadi salah satu menu favoritmu?

Jika tidak suka dengan makanan-makanan ekstrem di atas, kamu tetap bisa menikmati kupon dan diskon dari berbagai merchant makanan yang ada di mall. Cek Gotomalls, aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: brilio