9 Makanan Khas Sumatera Utara, Kuliner Unik yang Terkenal Lezat

Sumatera Utara tidak hanya kaya akan adat dan budaya, tetapi juga memiliki beragam makanan khas. Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dengan nama yang unik. Sebagai pencinta kuliner, rasanya makanan khas Sumatera Utara sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya memiliki nama yang unik, makanan khas Sumatera Utara juga memiliki cita rasa yang lezat.

Penasaran dengan makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dengan kelezatannya? Mari simak deretan makanan khas Sumatera Utara berikut ini yang wajib banget untuk dicoba.

Dekke Na Niura

article image

Image source: solup.blogspot.com

Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara, makanan khas dengan nama unik ini wajib banget untuk dicoba. Dekke na niura merupakan makanan khas Sumatera Utara dengan bahan utama ikan mas. Dahulu, kuliner khas ini hanya dikonsumsi oleh raja-raja suku Batak.

Di masa sekarang dekke na niura bisa dicicipi oleh siapa saja. Cara memasak kuliner lezat ini cukup sederhana. Ikan mas yang sudah dibersihkan akan diolesi dengan asam dan bumbu halus terlebih dahulu, kemudian didiamkan selama empat jam sebelum disajikan.

Kue Ombus-Ombus

article image

Image source: cookin.id

Makanan khas Sumatera Utara yang satu ini berasal dari kota kecil bernama Siborong-Borong. Kue ombus-ombus biasanya disajikan saat upacara adat dan paling nikmat bila disantap bersama secangkir kopi.

Kuliner dengan nama unik ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Adonan kue ombus-ombus dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Kue ini paling enak disantap saat masih hangat, cocok pula menemani santai sore kamu.

Mie Gomak

article image

Image source: sportourism.id

Mie gomak sering disebut sebagai spageti Batak. Kalau kamu pencinta mie, makanan khas Sumatera Utara ini wajib banget kamu coba. Kamu akan ketagihan dengan cita rasanya yang lezat.

Perbedaan antara mie gomak dan spageti ada pada bumbu yang digunakan. Mie gomak dimasak dengan merebus mie spageti bersama bumbu khas daerah. Itulah sebabnya mie gomak memiliki rasa yang khas dan berbeda dibanding jenis mie lainnya.

Arsik

article image

Image source: cookpad.com

Sama seperti dekke na niura, arsik juga menggunakan ikan mas sebagai bahan utama. Hanya saja perbedaannya terletak pada cara pembuatan. Jika dekke na niura ikan masnya didiamkan selama beberapa jam agar bumbu resap, lain halnya dengan arsik di mana ikan masnya dimasak.
Makanan khas Sumatera Utara ini memiliki cita rasa yang berbeda karena menggunakan bumbu khas Tapanuli. Bumbu khas ini dioleskan pada ikan mas kemudian dimasak dengan sedikit minyak. Saat memasak, biasanya ikan mas akan dibiarkan sampai airnya mengering agar bumbunya meresap sempurna.

Lapet

article image

Image source: genpi.com

Sepintas lapet terlihat mirip dengan kue ombus-ombus. Baik lapet maupun kue ombus-ombus merupakan makanan tradisional khas Sumatera Utara dengan bahan baku tepung beras dan gula merah. Kedua kuliner lezat ini juga sama-sama dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Perbedaannya, adonan kue lapet menggunakan campuran santan kelapa. Kue ini juga memiliki berbagai varian rasa lho dan cocok banget dijadikan camilan! Apalagi bila disantap dengan secangkir kopi, kue lapet akan terasa lebih nikmat.

Dali Ni Horbo

article image

Image source: tribunnews.com

Makanan khas Sumatera Utara memang terkenal unik. Salah satunya adalah dali ni horbo yang menggunakan bahan baku susu kerbau yang telah dibekukan. Cara pembuatan dali ni horbo tergolong sederhana. Bahan utama susu kerbau hanya dicampur dengan bumbu khas Sumatera Utara ketika dimasak.

Andaliman merupakan bumbu wajib untuk memasak dali ni horbo. Cita rasa yang dihasilkan mirip dengan arsik. Kalau kamu penyuka makanan unik, dali ni horbo wajib banget masuk dalam daftar kamu.

Bika Ambon

article image

Image source: tokomesin.com

Makanan khas Sumatera Utara yang satu ini sering bikin salah paham. Gara-gara menggunakan nama Ambon, penganan ini sering kali dikira berasal dari Ambon. Padahal bika ambon adalah salah satu kue asli dari Sumatera Utara.

Kamu pasti sudah familier dengan makanan khas Sumatera Utara yang populer ini kan? Bika ambon sering menjadi pilihan buah tangan oleh orang-orang yang berkunjung ke Sumatera Utara. Saat ini bika ambon juga sering disajikan dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan selera orang yang membuatnya.

Manuk Napinadar

article image

Image source: borukaro.com

Manuk Napinadar juga dikenal dengan ayam napinadar. Makanan khas Sumatera Utara ini merupakan salah satu menu yang sering disajikan pada acara adat. Sajian unik ini dimasak dengan cara yang rumit dan membutuhkan kesabaran.

Manuk napinadar menggunakan saus yang terbuat dari darah ayam yang merupakan ciri khas dari makanan tradisional ini. Mula-mula, ayam dipanggang sebentar kemudian disiram dengan menggunakan saus darah ayam. Setelah itu ayam dicampur dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang putih dan andaliman.

Nah, setelah bumbu halus tersebut tercampur merata ayam pun dimasak hingga matang dan siap disajikan. Manuk napinadar dimasak dengan proses yang cukup sulit, hasilnya adalah cita rasa makanan yang lezat khas Sumatera Utara.

Itak Gurgur

article image

Image source: travelingyuk.com

Satu lagi nih, makanan khas Sumatera Utara yang biasa disajikan di acara-acara adat. Itak gurgur menggunakan bahan dasar tepung besar, sama seperti kue ombus-ombus dan lappet. Nama itak gurgur sendiri berarti beras yang dihaluskan hingga menjadi tepung dengan cara tradisional yang dalam bahasa Batak disebut itak, sedangkan kata gurgur berarti membara.

Itak gurgur memiliki makna filosofis yang mengandung arti suatu pengharapan agar yang menyantap penganan tersebut memiliki semangat membara. Kue khas ini dimasak dengan cara mencampur tepung beras dengan kelapa parut, air panas dan gula pasir. Adonan kue diaduk dengan menggunakan tangan dan bisa langsung disantap. Namun ada pula yang mengukusnya terlebih dahulu sebelum disajikan.


Itu tadi beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib kamu coba sebagai pencinta kuliner. Kamu akan merasakan kelezatan dan kenikmatan yang khas dari masing-masing kuliner unik tadi. Selamat mencoba! Untuk mendapatkan info rekomendasi lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: tribunnewswiki