Makanan Lezat Aman Bagi Pengidap Diabetes

Diabetes termasuk penyakit yang sangat merepotkan bagi manusia. Selain perlu mendapat dosis insulin tambahan, banyak pantangan yang perlu diwaspadai penderita diabetes, terutama soal memilih sumber pangan.

Kadar gula yang tidak normal dalam tubuh membuat penderita diabetes harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan lemak trans. Jika nekat dilanggar bisa-bisa kondisi tubuh jadi semakin parah dan sulit tertolong.

Meski begitu, penderita diabetes tetap bisa menikmati kuliner lezat, kok! Tidak selamanya makanan dan minuman lezat mengandung tinggi gula dan lemak. Ada sumber pangan lezat dan bergizi yang aman bagi penderita diabetes. Berikut rekomendasinya:

1. Sereal Oatmeal Toping Buah

article image

Image source: wowkeren.com

Berhubung penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi, oatmeal bisa menjadi alternatif terbaik. Makanan ini dibuat dari oat yang direbus bersama dengan air atau susu.

Oat juga dikenal sebagai salah satu biji-bijian tersehat di dunia yang memiliki sumber mineral, vitamin, serat, antioksidan, dan bebas gluten sehingga aman untuk diabetes. Kamu bisa tambahkan aneka potongan buah-buahan sebagai topingnya.

2. Smoothie Bowl Biji Chia

article image

Image source: fitfoodiefinds.com

Biji chia atau chia seeds termasuk dalam kategori makanan superfood yang sangat baik untuk dikonsumsi. Biji chia kaya akan serat yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Agar sajiannya lebih nikmat, biji chia bisa diolah menjadi smoothie bowl bersama potongan buah-buahan dan tumbuhan herbal.

3. Greek Yogurt

article image

Image source: my-best.id

Greek yogurt merupakan sumber probiotik yang baik untuk penyintas diabetes. Kandungan di dalamnya mampu mengendalikan kadar gula darah sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung yang seringkali menyerang orang-orang dengan diabetes.

Ada banyak kreasi resep yang bisa dibuat dengan greek yoghurt. Kamu juga bisa menambahkan biji chia dalam setiap porsinya.

4. Mi Shirataki

article image

Image source: kompas.com

Mi shirataki yang biasa kita temukan dalam hidangan-hidangan khas Jepang ternyata baik untuk penderita diabetes. Mi shirataki juga cocok untuk menjaga berat badan ideal. Sebab, kandungan glukomanan di dalamnya bisa membantu menekan kadar gula darah dan kolesterol. Mi shirataki cocok diolah dengan ikan dan sayuran.

5. Kacang-kacangan

article image

Image source: idntimes.com

Selain makanan berat, penderita diabetes juga tidak boleh asal mengonsumsi camilan. Karena seperti yang kita tahu, camilan-camilan yang biasa dijajakan di pasaran seringkali mengandung tinggi gula.

Solusinya, kamu bisa pilih kacang-kacangan seperti hazelnut, almond, pistachio, atau walnut sebagai camilan sehat. Camilan ini juga bagus untuk ditambahkan pada porsi makan harian.

6. Buah Beri

article image

Image source: suara.com

Selain kacang-kacangan, beberapa jenis buah beri seperti strawberry, raspberry, dan blueberry termasuk camilan yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah-buahan ini mengandung air di atas 85%, sehingga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.

7. Squash

article image

Image source: highmowingseeds.com

Salah satu jenis sayuran yang lezat dan baik untuk penderita diabetes yaitu Squash, sayuran sejenis labu yang tinggi nutrisi. Sayuran ini mengandung antioksidan, dan bisa membantu mengatasi masalah obesitas dan kadar gula darah secara signifikan.

Demikianlah 7 rekomendasi makanan lezat dan aman untuk penderita diabetes. Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: mediaindonesia.com