6 Masker Wajah Terbuat dari Bahan Tak Lazim, Dari Kotoran Hewan Sampai Lendir Siput

Merawat kecantikan kulit wajah adalah sesuatu yang wajar dilakukan setiap wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kecantikan wajah, mulai dari menggunakan berbagai produk skincare, menggunakan bahan-bahan alami, atau bahkan melakukan perawatan khusus bersama dokter ahli. Tak masalah kalaupun harus mengeluarkan budget jutaan hingga puluhan juta rupiah hanya untuk sekali treatment!

Namun, tahukah kamu, jauh sebelum peradaban ini berkembang pesat, para wanita dari berbagai belahan dunia punya cara-cara unik untuk merawat kulit wajah. Cara-cara tersebut mungkin akan terdengar tak lazim di telinga orang-orang zaman sekarang, karena bahan-bahan yang mereka gunakan tergolong ekstrem!

1. Kotoran Burung Bulbul

article image

Image source: ikedaspa.com

Dalam kebudayaan Jepang zaman dulu, kotoran burung bulbul sering dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. Masker yang terbuat dari kotoran burung ini sering disebut sebagai Facial Geisha, karena penggunaannya sendiri lebih sering dilakukan oleh seorang Geisha di Jepang. Bahan dasarnya terdiri dari kotoran burung bulbul, air, dan dedak padi. Tetapi, kotoran burung bulbul yang digunakan tidak bisa sembarangan, biasanya burung bulbul akan diternakkan terlebih dahulu dan hanya diberi makan dengan biji-bijian organik tertentu. Sebelum diolah, kotoran burung tersebut akan disterilkan di bawah sinar UV untuk menghilangkan aromanya. Masker ini berguna untuk merawat kulit wajah yang rusak, menghilangkan jerawat, memperhalus kulit, dan membuat kulit wajah agar tampak lebih muda.

2. Kaviar (Telur Ikan)

article image

Image source: Skin Treatment

Telur ikan berwarna hitam dan kecil atau dikenal juga sebagai kaviar merupakan salah satu jenis kuliner mewah kaya nutrisi, terutama di negara-negara Asia. Selain itu, kaviar juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan berupa masker wajah. Masker kaviar diyakini bisa membuat kulit wajah terlihat lebih cerah bersinar dan awet muda. Dalam 100 gram kaviar terdapat kandungan asam amino, fosfor, potasium, protein, gula, lemak, vitamin A, B2, B12, C, dan D. Kandungan itulah yang menjadikan kaviar sangat berguna untuk perawatan wajah.

3. Tanah Liat

article image

Image source: savantmag.com

Selanjutnya ada tanah liat, bahan ini memang sudah sering dimanfaatkan sebagai masker atau lulur, terutama di salon-salon kecantikan atau spa. Tanah liat yang digunakan harus tanah liat yang benar-benar murni dan belum tercemar dengan zat apa pun. Selain itu, tanah liat akan dicampur dengan air dan cuka apel, yang berfungsi sebagai zat detoksifikasi kotoran dan racun yang mengendap dalam pori-pori wajah. Masker tanah liat diyakini ampuh untuk mengencangkan kulit wajah yang mulai kendor dan membuatnya tampak lebih awet muda.

4. Bambu

article image

Image source: myhappyfootprint.com

Di negara-negara Asia, bambu adalah jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, selain sebagai pakan hewan, bahan pembuatan furniture, peralatan rumah tangga dan bahan makanan, bambu juga ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Walau terdengar tak lazim, zat yang terkandung dalam bambu dipercaya bisa menjaga kelembapan kulit sepanjang hari! Masker bambu sangat cocok digunakan untuk jenis kulit wajah kering.

5. Belerang

article image

Image source: istockphoto

Untuk yang satu ini mungkin sudah cukup akrab di telinga kita, yaitu masker belerang. Belerang adalah salah satu jenis mineral yang memiliki sifat panas dan keratolitik, sehingga mampu mengupas lapisan kulit luar dan cocok digunakan untuk mengangkat sel-sel kuli mati. Karena bahan ini kaya akan manfaat, maka tak heran kalau banyak produk kecantikan yang menggunakan unsur belerang sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah menjaga kebersihan pori-pori kulit dan mencegah pertumbuhan jerawat, mengangkat lapisan sel kulit mati, mencegah efek penuaan, dan juga sebagai obat alami untuk eksim, rosacea, dan ketombe membandel. Kendati demikian, kita tidak bisa sembarangan menggunakan belerang untuk perawatan kecantikan, karena tidak semua jenis kulit cocok dengan jenis mineral ini.

6. Lendir Siput

article image

Image source: grid.id

Siapa sangka kalau lendir siput alias bekicot yang tampak lengket dan menggelikan itu ternyata memiliki beraneka manfaat untuk kesehatan kulit wajah! Menurut Joshua Zaichner, pemimpin penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, mengungkapkan bahwa lendir siput mengandung asam hyaluronat yang tinggi akan antioksidan, sehingga berguna untuk merangsang pembentukan kolagen. Seperti yang kita tahu, kolagen adalah hormon alami yang berfungsi untuk menjaga tekstur dan kekuatan kulit, mengganti sel kulit mati, mencegah pengeroposan tulang, dll. Jika produksi kolagen berjalan normal, kesehatan dan kecantikan kulit pun akan terawat! Tapi ingat, tidak semua siput bisa digunakan untuk hal ini, hanya siput-siput tertentu yang boleh digunakan.


Itulah beberapa bahan-bahan tak lazim yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Berani mencoba? Baca juga artikel lainnya tentang kecantikan dan perawatan kulit wajah.

Articles

Kunjungi Gotomalls.com untuk menemukan produk perawatan kulit kesayanganmu dari toko-toko kecantikan maupun drug store di mall terdekat di kotamu.

Brands

Gotomalls adalah aplikasi berbasis website yang memberikan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: byrdie