Mengatasi Mata Lelah

Menatap layar laptop, hp, atau televisi terlalu lama bisa membuat mata terasa sangat lelah. Meski demikian, saat ini rasanya sulit sekali untuk terlepas dari perangkat-perangkat elektronik tersebut, apalagi kalau pekerjaan menuntut kita untuk selalu berada di depan layar sepanjang hari.

Bukan hanya cepat lelah, mata kita bisa terasa kering dan pedih. Itulah sebabnya semakin banyak orang yang perlu bantuan kacamata meskipun usianya masih tergolong muda. Nah, supaya kamu tidak perlu mengalami masalah-masalah penglihatan akibat terlalu lama menatap layar, berikut tips sederhana untuk mengatasi mata lelah:

1. Kompres Mata dengan Air Dingin

article image

Image source: tribunnews.com

Cara pertama untuk mengatasi mata lelah adalah mengompres dengan air dingin. Sediakan selembar kain, handuk, atau beberapa tisu bersih, lalu masukkan air dingin ke dalam mangkuk. Celupkan media pengompresan ke dalam air lalu tempelkan langsung di mata. Biarkan selama beberapa saat, lalu peras dan ulangi langkah sebelumnya sampai mata kembali terasa segar. Kamu juga bisa menerapkan cara ini jika mata terasa gatal.

2. Menggunakan Irisan Mentimun, Kentang, atau Strawberry

article image

Image source: kitakini.news

Selain mengompres mata dengan air dingin, bisa juga memanfaatkan irisan mentimun, kentang, atau buah strawberry untuk mengatasi mata lelah. Caranya cukup mudah, cukup sediakan beberapa iris mentimun/kentang/strawberry, lalu tempelkan di mata selama 15 sampai 20 menit. Untuk buah strawberry, sebaiknya simpan di lemari es beberapa saat sebelum digunakan.

3. Tidak Melihat Layar dalam Gelap

article image

Image source: ABC.net.au

Main hp, bekerja dengan laptop, atau menonton televisi di dalam ruangan gelap tanpa pencahayaan tidak baik untuk kesehatan mata. Masalahnya, kebiasaan buruk yang satu ini ternyata sering dilakukan banyak orang tanpa menyadari dampaknya. Menatap layar dalam kondisi ruang gelap bisa membuat mata kita bekerja lebih keras, meskipun kita telah mengatur pencahayaan layar hingga batas minimum. Oleh sebab itu, hindari melihat layar dalam gelap.

4. Atur Pencahayaan Ruangan

article image

Image source: Blibli

Cara berikutnya untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengatur pencahayaan ruangan. Tidak cuma saat ruangan gelap, mata juga bisa menjadi cepat lelah jika melihat dalam kondisi ruangan yang terlalu terang. Pada kondisi seperti itu, penglihatan akan semakin menyipit dan sulit melihat objek dengan jelas.

Apalagi jika layar gadget/laptop dinyalakan dengan pencahayaan yang sama-sama terlampau terangnya. Oleh sebab itu, kita pencahayaan ruangan juga perlu diatur untuk menjaga kesehatan mata.

5. Lakukan Olahraga Mata

article image

Image source: healthgrades.com

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan yaitu dengan melakukan olahraga mata sederhana. Caranya, kamu hanya perlu beralih dari layar laptop/gadget untuk beberapa saat dan menatap objek-objek yang terletak cukup jauh, setidaknya 6 meter dari posisi kamu berdiri. Para ahli kesehatan mata kerap menyinggung aktivitas ini sebagai “20-20-20 rule”. Praktik simpel ini ternyata efektif untuk membantu merelaksasi otot mata dan mengatasi mata lelah.


Bagaimana? Mudah kan? Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: sehatq.com