Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Dulu mungkin kacamata diciptakan untuk membantu mata yang mengalami penurunan daya penglihatan, seperti minus, plus, atau silindris. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kacamata juga mengalami perkembangan. Ada beberapa jenis kacamata sesuai dengan fungsinya, yakni kacamata pelindung UV (sunglasses), kacamata kesehatan, kacamata anti radiasi, hingga kacamata gaya.

Begitu banyak kacamata dijual di berbagai tempat yang bisa kamu temukan dengan beragam bentuk bingkai yang menarik. Tapi tunggu dulu! Kamu nggak boleh asal memilih, ya! Ini karena bingkai merupakan faktor penentu apakah kacamata tersebut pas di kamu atau nggak. Salah-salah malah bikin penampilanmu kelihatan aneh.

Untuk itu penting bagi kamu untuk tahu bingkai kacamata seperti apa yang cocok untuk bentuk wajahmu. Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

Untuk Si Wajah Bulat

article image

source: coastal

Bentuk wajah bulat biasanya bisa dilihat dari wajah yang nggak bersudut dan pipi yang chubby. Bingkai yang paling tepat untuk kamu yang berwajah bulat adalah persegi panjang dengan sudut yang tajam. Bingkai seperti ini akan mempertegas bentuk wajahmu.

Cari juga yang ukurannya sedikit lebar dari wajahmu agar pipimu terlihat tirus. Hindarilah bingkai dengan bentuk bulat, karena malah akan makin mempertegas wajah bulat dan pipimu yang chubby.

Untuk Si Wajah Kotak

article image

source: coastal

Rahang yang tegas dan tulang pipi lebar adalah ciri-ciri bentuk wajah kotak. Bentuknya yang kokoh ini sering disebut sebagai bentuk wajah idaman para cowok. Untuk proporsinya, rahang memiliki panjang yang sama dengan dahi.

Untuk menyamarkan kontur tegas pada wajah kotak, bingkai dengan bentuk oval, bulat dengan tepi melengkung, atau persegi panjang jadi pilihan yang tepat. Pilihlah bingkai dengan sudut yang nggak runcing untuk menonjolkan fitur alami dari wajah kotakmu.

Cek juga promo-promo menarik seputaran optik dan kaca mata di Gotomalls.

Untuk Si Wajah Hati

article image

source: coastal

Kalau kamu bercermin dan melihat dahi yang lebar dengan tulang pipi dan dagu yang lancip, itu artinya kamu memiliki bentuk wajah hati. Bingkai kacamata yang kamu perlukan adalah yang berbentuk cat eyes, yaitu bingkai yang lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah, sisinya lancip, dan berdiameter tebal. Model kacamata ini dapat membuat tulang pipimu terlihat lebih kecil dengan bentuk alis yang tegas. Dan yang penting untuk kamu ingat, sebaiknya hindari kacamata yang berbentuk tinggi dan lebar.

Untuk Si Wajah Oval

article image

source: coastal

Bersyukurlah kamu si pemilik wajah oval. Kenapa? Bentuk wajah ini memiliki bentuk dahi dan dagu yang simetris, karena itu semua bentuk bingkai kacamata, meski yang unik sekalipun, akan terlihat cocok pada wajah oval.

Kamu bebas memilih model kacamata sesuai keinginan, tapi kacamata dengan bingkai yang besar akan membantu menegaskan bentuk wajahmu. Sebagai pilihan, kamu juga bisa mencoba kacamata model oval, cat eyes, ataupun bulat. Satu-satunya model kacamata yang harus dihindari adalah kacamata dengan bentuk lengan bingkai yang menggantung terlalu rendah, karena akan membuat wajahmu terlihat semakin panjang.

Cek juga rekomendasi merchant terbaik pilihan kamu tempat kamu bisa cari koleksi kacamata terbaru kamu.

Brands

Untuk Si Wajah Segitiga

article image

source: coastal

Dahi sempit disertai pipi dan dagu yang lebar jadi ciri utama bentuk wajah segitiga. Untuk kamu si pemilik bentuk wajah ini, pilihlah kacamata yang memiliki sudut melengkung atau oval, karena kacamata jenis ini dapat menyamarkan bentuk rahang dan tulang pipi yang lebar. Jika kamu ingin mengurangi volume wajah bagian atas, kamu bisa mencoba bingkai yang semakin lebar ke bawah. Ada catatan khusus untuk bentuk wajah segitiga yakni pilihlah warna yang lembut. Bahkan kamu lebih disarankan untuk memilih kacamata dengan model tanpa bingkai.

Baca Juga :

4 Warna Softlens yang Cocok untuk Mata Besar

**

Jadi, sudah tahu belum kamu pemilik bentuk wajah yang mana? Bercerminlah dulu dengan teliti sebelum membeli kacamata. Kalau perlu cobalah sebanyak mungkin hingga menemukan yang paling tepat untuk wajahmu.

Toko Optik Melawai, Optik Seis, O.W.L atau Optik Internasional siap membantu kamu untuk menemukan kacamata yang tepat dengan harga terjangkau tapi berkualitas. Untuk lokasi dan promo berbagai gerai optik, kamu bisa mencarinya lewat website GoToMalls.com. Berbagai kemudahan dalam mengakses informasi promo dan event yang sedang berlangsung di mall terdekat bisa kamu dapatkan hanya dengan membuka GoToMalls.com dari browser smartphone atau laptop.

Brands

Malls