Mengenal Fitur View Once Whatsapp dan Cara Menggunakannya

Dalam update terbarunya, WhatsApp turut menghadirkan fitur baru bagi para pengguna, yaitu View Once. Fitur ini akan membuat foto dan video yang kita kirimkan akan menghilang setelah sekali dibuka.

Berbagi foto dan video menjadi fungsi penting bagi pengguna WhatsApp. Selain untuk keperluan pekerjaan, saat kita menangkap momen-momen menarik yang mungkin perlu dibagikan dengan kontak terdekat.

Masalahnya, file foto dan video yang dibagikan melalui WhatsApp berisiko menjadi jejak digital yang rawan disalahgunakan, dan seringkali menghabiskan ruang penyimpanan. Maka dari itu, WhatsApp menghadirkan fitur ini agar tidak perlu lagi menjadi jejak digital permanen.

1. Cara Menggunakan Fitur View Once

article image

Image source: about.fb.com

Untuk mengetahui status foto atau video yang kita kirimkan, ketuk opsi info dalam pesan yang dikirimkan, disitu terdapat keterangan jika pesan sudah terkirim dan dibuka. Tapi, jika kontak yang dituju menonaktifkan simbol centang biru sebagai tanpa pesan sudah dibaca, kita hanya bisa melihat jika file foto atau video yang dikirim sudah dibuka atau belum.

Meskipun begitu, penerima masih mungkin menyimpan foto atau video dengan cara mengambil screenshoot atau direkam lewat perangkat lain. Perlu diingat juga bahwa fitur View Once saat ini cuma tersedia pada versi beta di perangkat Android, sementara untuk iOS akan menyusul dalam beberapa waktu mendatang.

Berikut cara menggunakan fitur View Once:

● Tentukan file foto atau video yang ingin dikirim.

● Tap opsi angka 1 di sisi kiri tombol kirim untuk menyalakan fitur View Once. Tap sekali lagi untuk menonaktifkan.

● Jika fitur View Once aktif, foto dan video yang terkirim tidak akan langsung bisa terlihat. Penerima hanya akan mendapat keterangan notifikasi "photo" atau "video".

● Jika pesan sudah dibuka, barulah keterangan di kolom chat pengirim akan berubah menjadi "opened".

Sebelumnya, WhatsApp juga sempat meluncurkan fitur serupa pada November 2020, dimana pesan yang kita kirim bisa menghilang setelah tujuh hari. Nah, fitur View Once ini merupakan perpanjangan dari fitur sebelumnya itu.


Demikianlah info seputar fitur WhatsApp terbaru dan cara menggunakannya. Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured Image source: techadvisor.com