Operator Seluler Terbaik

Penggunaan operator seluler saat ini sama pentingnya seperti memilih smartphone. Yang jadi pertimbangan utama pasti kekuatan jaringannya.

Harga paket data dan pulsa murah tapi jaringan sering hilang pasti bikin kesal. Untuk itu sebuah perusahaan riset jaringan seluler Open Signal mengeluarkan hasil terbaru risetnya dengan judul Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juni 2021.

Riset yang dilakukan di Indonesia ini menjelaskan tentang kecepatan internet dari 5 operator seluler. Mereka menguji semua performa operator seluler untuk streaming video yang dilakukan pada 1 Februari 2021 hingga 1 Mei 2021.

Metode Riset

article image

Image source: arenaLTE.com

Adapun metode riset yang dilakukan mengacu pada International Telecommunication Union (ITU) untuk kualitas streaming video. Variabelnya seperti waktu loading kecepatan stalling, dan kualitas gambar di jaringan 3G dan 4G.

Skor

article image

Image source: detik.com

Peringkat didapat dari skor tertinggi diukur mulai dari skala 0 sampai 100. Skala tertinggi adalah yang terbaik.

Skor pengalaman vido ini juga memiliki 5 tingkatan penilaian yakni:
0-40 = BURUK
40-55 = CUKUP
55-65 = BAIK
65-75 = SANGAT BAIK
75-100 = LUAR BIASA

Peringkat

article image

Image source: kompas.com

Telkomsel dengan perolehan skor 62,7 poin. Telkomsel dinilai paling cepat untuk urusan streaming video.
Tri dengan perolehan skor 61,7 poin.
Indosat dengan skor 59,9 poin.
XL dengan skor 57,3 poin
Smartfren dengan skor 40,1 poin.

Penilaian di atas juga mencatat pertumbuhan Indosat meski berada pada posisi 3. Indosat dinilai berkembang sangat signifikan ketimbang 4 operator seluler lainnya hingga 4,7 poin.

Sebaliknya Telkomsel justru mengalami penurunan poin dari sebelumnya sebesar 0,1 poin.

Sudah tau kan mana operator seluler paling mantap untuk streaming video? Nah jika ingin beli pulsa dan paket data untuk menunjang streaming film dan video kamu bisa cek di Gotomalls. Karena di Gotomalls kamu bisa mendapatkan harga pulsa dan paket data terbaik. Cek sekarang!

Malls

Articles