Pekerjaan dengan Gaji Besar

Memiliki pekerjaan dengan gaji besar sudah menjadi goals yang lazim bagi sebagian besar orang. Masalahnya, tidak semua profesi bisa memberikan timbal balik yang sesuai dengan ekspektasi kita.

Tentunya ada beberapa hal yang menjadi penentunya, mulai dari kebutuhan industri, level keahlian, resiko, hingga seberapa besar pengaruhnya bagi keberlangsungan bisnis.

Dari sekian profesi yang terkenal dengan income fantastisnya, ada beberapa profesi atau peran yang sedang hot di Indonesia.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut sangat dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan saat ini, entah itu swasta atau BUMN, dan semakin banyak pula kaum milenial yang tertarik untuk berkecimpung ke industri terkait.

Seperti yang sudah Gotomalls rangkum dari berbagai sumber, berikut 5 pekerjaan dengan gaji besar dan paling dibutuhkan saat ini:

1. Analis

article image

Image source: Topcareer.id

Beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sempat menyinggung beberapa pekerjaan yang sedang naik daun di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan langsung di depan para audiens dalam acara Indonesia Millennial Summit (IMS) yang diselenggarakan di The Tribrata, Jakarta Selatan, pada awal 2020.

Salah satu yang paling ‘seksi’ di antara pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah analis. Profesi ini bisa dijumpai di hampir berbagai bidang penting, mulai dari politik, kesehatan, teknologi, dan tentunya bisnis.

Apapun bidang yang ditekuni, seorang analis bertugas untuk memilah, membedah, menguraikan, dan merumuskan seluruh bagian informasi. Karena alasan inilah seorang analis dituntut untuk punya kemampuan yang baik dalam memahami dan mengolah data.

2. Peneliti

article image

Image source: blog.hacktiv8.com

Selain analis, profesi sebagai peneliti atau researcher juga tengah menjadi pekerjaan dengan gaji besar dan banyak dibutuhkan saat ini. Jika kamu memiliki kesabaran dan konsistensi dalam mengulik data dan informasi, profesi ini mungkin akan cocok buatmu.

Tapi, hal mendasar yang paling dibutuhkan oleh para peneliti adalah rasa keingintahuan yang tinggi. Dari rasa penasaran inilah seorang peneliti bisa bertahan dan mengembangkan informasi baru, untuk kemudian dijadikan dasar keputusan bagi perusahaan, organisasi, atau instansi.

3. UX Design

article image

Image source: Limapagi.com

Siapapun yang berkecimpung di dunia IT pasti sudah sangat familiar dengan peran yang satu ini. Kemajuan pesat di kalangan perusahaan atau startup berbasis digital membuat profesi UX design semakin banyak diburu untuk membantu mereka mengembangkan layanannya sesuai preferensi pengguna.

Jika kamu membuka suatu aplikasi atau website yang menyediakan layanan tertentu, sebut saja E-commerce, transportasi online, atau layanan reservasi tiket pesawat, mungkin kamu akan menemukan tampilan antar muka yang begitu menarik sampai-sampai membuatmu betah menjelajahi setiap fiturnya.

Di balik semua itu, ada peran para UX designer yang senantiasa meningkatkan kualitas layanan perusahaan demi kenyamanan pengguna. Oleh karenanya, perusahaan-perusahaan berani bayar mahal untuk mempekerjakan mereka.

4. Software Engineer

article image

Image source: Linovhr.com

Dalam mengembangkan kualitas layanan dari suatu perusahaan, UX designer biasanya sering bekerja sama dengan software engineer untuk membuat berbagai update dari layanan tersebut.

Untuk mencapai tujuan itu, perusahaan juga membutuhkan para software engineer untuk membedah bagian ‘dapur’. Dengan demikian, UX designer tidak bisa bekerja dengan baik jika tidak didukung peran software engineer.

Profesi yang berkaitan dengan software engineering sebetulnya bukan hal baru di industri-industri terkait. Mereka biasanya bertugas untuk merancang, merekonstruksi, dan menjalankan rangkaian pengujian berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna.

5. Product Manager

article image

Image source: Residencestyle.com

Selain software engineer, pekerjaan yang berkaitan dengan product management juga sudah cukup lama bermain di berbagai sektor industri. Lantas, mengapa peran ini masih banyak dibutuhkan di masa kini dan mendatang?

Tentu saja berkat perkembangan teknologi yang mempengaruhi model-model bisnis di dunia saat ini. Maka, ketika perusahaan ingin melakukan evaluasi, penyesuaian, pengembangan, atau bahkan perubahan besar-besaran dalam permainan mereka, peran product manager tentunya akan sangat dibutuhkan.

Keahlian di bidang ini termasuk salah satu high income skill dengan skala penghasilan yang menggiurkan. Oleh sebab itu, menjadi seorang product manager memang tidak gampang dan butuh jam terbang yang cukup.

Mereka bertanggung jawab dalam menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas. Selain itu, product manager juga bertugas merancang strategi bisnis yang efektif.


Diantara 5 pekerjaan dengan gaji besar tersebut, adakah yang cocok dengan latar belakang dan keahlianmu? Simak juga update info dan tips yang tak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Mall

Artikel

Featured image source: Thebalancecareers.com